Comscore Tracker

Pantat Sakit saat Sedang Haid? Ketahui 7 Penjelasan Medisnya

Tak banyak terjadi, tapi ini normal, kok!

Bila tak pernah mengalaminya, rasa sakit pada pantat saat menstruasi mungkin terdengar aneh dan agak absurd. Namun, kalau kamu mengalaminya dan selama ini diam-diam mempertanyakannya, tenang, kamu tak sendirian dan tidak sedang berhalusinasi.

Kira-kira apa saja penyebab keluhan pantat sakit saat sedang haid? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Otot-otot yang menegang

Pantat Sakit saat Sedang Haid? Ketahui 7 Penjelasan Medisnyailustrasi sakit pada bokong saat menstruasi (medicalnewstoday.com)

Dilansir Self, kram, pembengkakan rahim, dan kembung dapat memberi tekanan pada otot-otot gluteal yang membentuk pantat. Tekanan ini akan menyebabkan ketegangan otot atau yang dikenal dengan istilah spasme.

Selain rasa sakit di bagian panggul, pinggang, dan pantat, keluhan bokong yang sakit saat menstruasi juga bisa membuat perempuan jadi lebih sering merasa perlu buang air kecil.

2. Posisi rahim

Pantat Sakit saat Sedang Haid? Ketahui 7 Penjelasan Medisnyailustrasi kram perut saat haid (rd.com)

Kemungkinan lainnya di balik rasa nyeri pada pantat saat menstruasi akan lebih familier dialami oleh perempuan yang memiliki posisi rahim cenderung miring ke belakang. Saraf pada bagian tubuh yang satu dan lainnya saling berhubungan, sehingga rasa sakit yang berasal di sebuah titik dapat juga dirasakan di titik lainnya.

Sementara itu, kebanyakan perempuan memiliki posisi rahim yang cenderung miring ke arah depan, sehingga mayoritas merasa kram perut saat menstruasi. Namun, tenang saja, bila kamu termasuk dalam kategori yang pertama, sakit di area pantat saat menstruasi adalah hal wajar, kok.

Baca Juga: Sering Nyeri Perut saat Menstruasi? Waspadai Kista Endometriosis

3. Umumnya bukanlah kondisi serius

Pantat Sakit saat Sedang Haid? Ketahui 7 Penjelasan Medisnyailustrasi perempuan duduk menyendiri (wellandgood.com)

Secara umum, rasa sakit pada pantat saat menstruasi bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Untuk membantu membuat otot jadi lebih relaks, kamu disarankan untuk berolahraga, mandi atau berendam, pijat, atau hal-hal yang punya efek menenangkan lainnya. Bila tak mempan juga, kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri dengan bijak.

4. Endometriosis

Pantat Sakit saat Sedang Haid? Ketahui 7 Penjelasan Medisnyailustrasi sakit perut akibat endometriosis (independent.co.uk)

Walaupun umumnya tidak berbahaya, tetapi rasa sakit pada bokong saat haid juga bisa menjadi tanda dari kondisi medis tertentu yang mendasarinya. Salah satunya adalah endometriosis

Endometriosis adalah kondisi yang menyebabkan jaringan yang biasanya luruh saat menstruasi justru tumbuh di luar rahim. Jika jaringan ini tumbuh di dekat saraf yang terhubung ke pantat, seperti saraf skiatik, maka bisa terjadi rasa sakit di area bokong.

5. Fibrosis

Pantat Sakit saat Sedang Haid? Ketahui 7 Penjelasan Medisnyailustrasi perempuan mengalami nyeri di bokong saat haid (glamour.com)

Kemungkinan lain dari rasa sakit pada pantat saat menstruasi adalah fibrosis yang menyebabkan pembesaran rahim sehingga terdorong ke belakang. Sel-sel ini tidak bersifat kanker dan dapat tumbuh dalam masa subur seorang perempuan.

6. Rasa sakit pada rektum atau anus

Pantat Sakit saat Sedang Haid? Ketahui 7 Penjelasan Medisnyailustrasi nyeri pada bokong (prevention.com)

Pada beberapa kasus, rasa sakit bukan di otot, melainkan rektum atau anus. Kondisi ini bisa disebabkan oleh konstipasi dan dapat diatasi dengan menambah asupan makanan yang tinggi akan serat serta minum air lebih banyak.

Namun, ada kalanya rasa sakit di area ini juga disebabkan oleh endometriosis. Pasalnya, lesi endometriosis juga bisa berada di saraf pudendal yang berujung di area sekitar pelvis alias panggul. Endometriosis usus juga bisa ditandai dengan diare, perut kembung, konstipasi, sakit saat buang air besar, dan perdarahan rektum.

7. Sindrom iritasi usus besar

Pantat Sakit saat Sedang Haid? Ketahui 7 Penjelasan Medisnyailustrasi kram perut akibat sindrom iritasi usus besar (marcellepick.com)

Coba perhatikan lagi. Kalau rasa sakit pada area pantat pada dasarnya selalu ada dan memburuk saat periode menstruasi, bisa-bisa kamu sebenarnya mengalami sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). Jadi, sebaiknya kamu lebih jeli dalam mengamati kondisi tubuh berikut asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Melihat sedikitnya perempuan yang mengalami sakit di pantat saat sedang haid, kamu yang mengalami mungkin merasa aneh dan bingung sendiri. Namun, berdasarkan penjelasan di atas, tak perlu khawatir lagi, ya. Bila masih khawatir, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mencari tahu bila ada kondisi medis yang mendasarinya.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alami

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya