Comscore Tracker

7 Tanda Tak Terduga Seseorang Mengidap Bipolar yang Sering Diabaikan

Perhatikan tanda ini, deh…

Bipolar merupakan gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang. Hal ini mempengaruhi tingkat energi, suasana hati, kegiatan sosial, bahkan kapasitas seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Makanya, kita perlu mengetahui semua tanda-tandanya yang kadang gak terduga agar bisa memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Harus selalu sadar akan kesehatan mental, berikut ini lima tanda tak terduga seseorang mengidap bipolar yang sering diabaikan. Dilansir laman Brightside, meski kadang gak kelihatan, butuh perhatian khusus untuk bisa mendeteksinya lebih awal.

1. Tidak bisa tidur

7 Tanda Tak Terduga Seseorang Mengidap Bipolar yang Sering Diabaikanunsplash/Matthew T

Pola tidur banyak berubah ketika seseorang memiliki bipolar. Dia akan mengalami insomnia yang berlangsung selama berminggu-minggu. Hal itu akan mengganggu pola hidupnya.

Kebutuhan tidur yang kurang akan ditandai dengan mudah lelah sepanjang hari. Dia juga dapat mengalami sleep apnea atau berhentinya napas dan kembali bernapas berulang kali selama tidur sehingga menurunkan kualitas tidur nyenyak.

2. Tidak bisa fokus

7 Tanda Tak Terduga Seseorang Mengidap Bipolar yang Sering Diabaikanunsplash/Headway

Orang yang mengidap bipolar mudah terganggu di mana pun dia berada. Dia juga mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem. Ketika dia mencoba untuk fokus dalam satu tugas, pikirannya akan mudah terdistraksi dan mulai melakukan hal-hal lainnya lagi. Gangguan ini dapat menghambat seseorang menyelesaikan suatu tugas.

3. Terlalu percaya diri

7 Tanda Tak Terduga Seseorang Mengidap Bipolar yang Sering Diabaikanunsplash.com/Alex

Ketika seseorang memiliki gangguan bipolar, dia mengalami delusi yang muluk saat mereka memiliki dorongan kepercayaan diri yang tinggi. Mereka juga percaya bahwa mereka lebih penting, lebih pintar, dan lebih yang lainnya juga. Sering gak kelihatan, biasanya mereka akan "mengeyel" dengan kelebihan mereka itu.

Baca Juga: 5 Fakta Gangguan Bipolar yang Dialami Model Tori Hunter di Bali

4. Berpikir terlalu cepat dan terlalu banyak

7 Tanda Tak Terduga Seseorang Mengidap Bipolar yang Sering Diabaikanunsplash.com/Laurenz K

Dia berpikir terlalu cepat dan banyak sehingga dalam satu waktu bisa memengaruhi kesadarannya dan menghambatnya melakukan sebuah aktivitas. Karena dia kesulitan mengendalikan emosi, pikiran yang banyak itu tadi bisa menyerangnya dengan cara yang ekstrem sehingga kadang reaksinya tidak bisa terkontrol.

5. Terlalu banyak bicara

7 Tanda Tak Terduga Seseorang Mengidap Bipolar yang Sering Diabaikanunsplash.com/Beakwoof

Orang bipolar juga memiliki pikiran untuk berlomba ketika dia bicara dengan orang lain. Dia dapat dengan mudah melompat dari satu subjek ke subjek lainnya dan akhirnya terlalu banyak bicara. Dia memiliki keinginan besar untuk bicara dalam waktu lama dan mengatakan banyak hal.

6. Berada dalam suasana hati yang hebat

7 Tanda Tak Terduga Seseorang Mengidap Bipolar yang Sering Diabaikanunsplash.com/bruce Mars

Seseorang dengan bipolar dapat mengalami episode mood yang sangat meningkat, seperti dia terlalu senang dan bereuforia untuk hal yang mungkin sepele. Dia merasa sangat bersemangat dan bahagia tentang segalanya sehingga dia merasa mengalami hari terbaik dalam hidupnya. Namun, episode ini biasanya diikuti dengan episode depresi.

7. Merasa sangat mudah tersinggung

7 Tanda Tak Terduga Seseorang Mengidap Bipolar yang Sering Diabaikanunsplash.com/Icon8

Orang bipolar bisa sangat mudah marah, bahkan untuk hal-hal kecil dan sepele. Ketika ada hal yang mengganggunya, dia bisa dengan cepat meledak dan marah besar tanpa ada alasan yang jelas. Dia kesulitan mengendalikan hal itu sehingga reaksi kemarahannya akan sangat parah.

Itu tadi tanda-tanda tak terduga seseorang mengidap bipolar yang perlu diperhatikan. Semakin cepat terdeteksi, semakin cepat juga kita bisa memberikan bantuan pada diri kita sendiri maupun orang sekitar yang mungkin mengidapnya.

Bipolar sendiri bisa menyebabkan gangguan otak lain, seperti depresi, hiperaktif, dan gangguan kepribadian lain. Selalu waspada, ya!

Baca Juga: Hal-hal yang Saya Alami Sebagai Survivor BPD dan Bipolar Disorder

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya