Comscore Tracker

Cuci Hidung Ampuh Melindungi Saluran Pernafasan? Cek Faktanya  

Sudah sering ‘cuci mata’? Sekarang cobain deh cuci hidung

Di masa pandemik seperti sekarang, penting banget nih yang namanya menjaga saluran pernapasan atas. Gak hanya untuk melindungi diri sendiri tapi juga melindungi kesehatan orang sekitarmu.

Salah satu cara untuk melindungi saluran pernapasan adalah dengan melakukan irigasi nasal. Apa sih irigasi nasal itu? Nih IDN Times sudah rangkumkan beberapa fakta mengenai irigasi nasal alias cuci hidung. Sakit gak ya? Ayo kita bahas satu per satu ya!

1. Apa sih irigasi nasal itu?

Cuci Hidung Ampuh Melindungi Saluran Pernafasan? Cek Faktanya  (Shutterstock/WPixz)

Apakah kamu salah satu orang yang pertama kali mendengar istilah medis irigasi nasal? Jika iya, sudah tahu belum irigasi nasal itu apa? Jadi, irigasi nasal adalah pembilasan hidung dengan cara mengalirkan cairan masuk melalui salah satu lubang hidung dan membiarkannya keluar melalui lubang hidung yang satunya.

Dikutip dari situs Hellosehat, irigasi nasal dilakukan untuk melegakan rongga hidung dan meredakan gejala seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan kelebihan produksi lendir.

2. Cara melakukan irigasi nasal

Cuci Hidung Ampuh Melindungi Saluran Pernafasan? Cek Faktanya  (Shutterstock/CGN089)

Bagaimana cara melakukan irigasi nasal? Dikutip dari laman Sehat, berikut langkah-langkah dalam melakukan irigasi nasal. Kamu bisa mencatatnya ya!

  • Berdiri di depan wastafel atau di kamar mandi, miringkan kepala ke salah satu sisi.
  • Gunakan botol irigasi hidung, spuit, atau neti pot, alirkan cairan saline secara perlahan-lahan agar masuk ke lubang hidung.
  • Biarkan larutan saline mengalir ke rongga hidung sebelahnya, hingga keluar.
  • Bernapaslah melalui mulut ketika mengalirkan larutan saline.
  • Ulangi prosedur pada rongga hidung satunya.
  • Usahakan tidak ada larutan saline yang masuk ke belakang tenggorokan. Pasien dapat menyesuaikan kemiringan kepala untuk menghindari hal ini.
  • Saat prosedur selesai, buang sisa-sisa cairan dan lendir dari dalam hidung ke tisu bersih. Namun pasien yang baru saja melakukan operasi sinus, tidak boleh melakukannya selama 4-7 hari pasca prosedur.

3. Mencegah sinusitis dan penyakit saluran pernapasan atas

Cuci Hidung Ampuh Melindungi Saluran Pernafasan? Cek Faktanya  

Apa sih manfaat dari irigasi nasal ini? Ternyata membersihkan rongga saluran pernafasan ini punya banyak manfaat lho. Irigasi nasal ini dapat membantu mencegah penyakit sinusitis, membersihkan lendir pada hidung, membersihkan lendir yang mengering pada rongga hidung dan masih banyak lagi manfaatnya.

Selain itu, irigasi nasal ini juga melindungi kamu dari penyakit saluran pernafasan atas. Irigasi nasal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan larutan saline. Larutan ini dapat dibuat sendiri atau dibeli di apotek berupa cairan infus NaCl 0,9 persen. Kamu juga bisa memanfaatkan antiseptik yang mengandung povidone-iodine. 

Hasil penelitian mengenai antiseptik Povidine Iodine yang memiliki kemampuan virucidal yang kuat cukup banyak dipublikasikan. Salah satunya penelitian terbaru di tahun 2020 yang ditulis oleh J Kirk-Bailey, yang juga menggunakan nasal spray berisi larutan Povidone Iodine untuk untuk mencegah terjadinya infeksi silang pada tenaga kesehatan yang menangani kasus Covid-19.

4. Irigasi nasal dilakukan sebagai perlindungan ekstra dari COVID-19 di luar negeri

Cuci Hidung Ampuh Melindungi Saluran Pernafasan? Cek Faktanya  (Shutterstock/S.O)

Nah, di tengah pandemik COVID-19 ini, irigasi nasal menjadi salah satu tes yang perlu dilakukan oleh para wisatawan di beberapa negara. Tes irigasi nasal dilakukan sebagai perlindungan ekstra dari COVID-19. Prosedur ini dilakukan di beberapa negara untuk para pendatang. Wah, kamu harus bersiap nih kalau tiba-tiba diminta cuci hidung. 

Jadi, sudah tahukan soal irigasi nasal? Berminat mencoba di rumah? (WEB)

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya