Comscore Tracker

Asam Lambung Sering Naik? Atasi dengan 5 Tips Berikut

tips mudah atasi asam lambung naik

Refluks asam lambung merupakan kondisi di mana orang-orang sering mengenalnya dengan tanda nyeri ulu hati. Refluks asam lambung merupakan kejadian di mana asam lambung naik ke esophagus atau kerongkongan yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada ulu hati. Ada beberapa tips mudah dan murah yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi dan mencegah refluks asam lambung. Berikut 5 tips mudah atasi asam lambung naik!

1. Menghentikan kebiasaan merokok

Asam Lambung Sering Naik? Atasi dengan 5 Tips Berikutilustrasi pria merokok (pexels.com/Инсаф Мирзаянов)

Merokok memiliki dampak negatif pada kesehatan. Asap rokok ternyata dapat memicu asam lambung naik bahkan ini dapat terjadi pada perokok pasif. Hal ini dikarenakan asap rokok dapat mengurangi tekanan pada LES (Lower Esophageal Spinchter) yang merupakan katup antara lambung dan kerongkongan. Tekanan pada LES yang kurang, memungkinkan terjadinya refluks asam lambung. Maka dari itu, dengan berhenti merokok diharapkan LES dapat bekerja dengan normal sebagai katup dan mencegah terjadinya asam lambung naik.

2. Menjaga berat badan

Asam Lambung Sering Naik? Atasi dengan 5 Tips Berikutilustrasi berat badan (pexels.com/SHVETS production)

Menurut penelitian, terdapat hubungan antara obesitas dan resiko terjadinya refluks asam lambung. Orang dengan kondisi obesitas mempunyai tumpukan lemak yang terdapat di sekitar area perut dan menyebabkan terjadinya tekanan pada lambung. Hal ini menyebabkan tubuh harus bekerja lebih keras untuk menahan asam lambung agar tidak naik. Menjaga berat badan menjadi salah satu cara untuk cegah terjadinya refluks asam lambung. Namun perlu diingat, tetap gunakan metode yang aman saat melakukan diet karena penurunan berat badan yang drastis dan tidak tepat dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lain. 

3. Mengonsumsi olahan jahe

Asam Lambung Sering Naik? Atasi dengan 5 Tips Berikutilustrasi jahe (pexels.com/pixabay)

Beberapa penelitian menyatakan bahwa jahe dapat mengurangi gejala mual, muntah, dan gangguaan pencernaan lainnya. Disarankan untuk maksimal mengonsumsi jahe 1.500 mg jahe per harinya karena apabila berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Jahe dapat dibuat ataupun dikombinasikan dengan berbagai macam bentuk makanan dan minuman, seperti pada teh, ditambahkan pada sup, dan dicampurkan pada salad. Apabila tidak menyukai rasa yang kuat pada jahe, dapat dicampurkan dengan makanan lain sehingga mengurangi rasa jahe yang khas. 

Baca Juga: Asam Lambung Tinggi? Hindari 7 Jenis Minuman Enak Ini Deh!

4. Meminum teh herbal alami

Asam Lambung Sering Naik? Atasi dengan 5 Tips Berikutilustrasi secangkir teh (pexels.com/maria tyutina)

Beberapa minuman seperti alkohol dan kopi dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Mengganti minuman tersebut dengan teh herbal alami tanpa kafein dapat cegah refluks asam lambung. Bukan hanya cegah refluks asam lambung, teh herbal alami juga dapat mengurangi gejala pusing dan mual. Beberapa teh herbal alami yang bisa dikonsumsi yaitu teh chamomile, teh licorice, teh hijau, dan teh adas. Namun, hindari teh mint karena dapat memicu asam lambung naik. 

5. Menghindari hal-hal pemicu asam lambung naik

Asam Lambung Sering Naik? Atasi dengan 5 Tips Berikutilustrasi makanan berlemak (pexels.com/artem beliaikin)

Terdapat beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari untuk cegah asam lambung naik. Hal ini bisa terjadi karena dapat meningkatkan produksi asam lambung atau mengurangi kinerja LES sebagai katup yang mencegah refluks asam lambung. Menghindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung naik sangat disarankan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan refluks asam lambung. Makanan dan minuman yang perlu dihindari yaitu makanan pedas dan berlemak, kopi, alkohol, dan mint.

Itu tadi 5 tips mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk cegah asam lambung naik. Asam lambung yang naik dan masih dalam gejala yang ringan dapat diatasi dengan tips-tips di atas. Namun, apabila gejala asam lambung naik sering berulang dan bahkan membuat aktivitas terganggu disarankan untuk ke dokter agar bisa ditindaklanjuti dengan terapi yang tepat. 

Baca Juga: 5 Cara Meredakan Mual Akibat Asam Lambung, Hindari Makan Berlebihan

Windy Septiyanti Photo Writer Windy Septiyanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya