Comscore Tracker

Buah Zakar Juga Bisa Kendur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Testis atau buah zakar kendur seiring penuaan? Normalkah?

Mari ulang pelajaran anatomi dasar dalam pelajaran biologi. Testis atau buah zakar adalah anggota organ reproduksi yang menggantung di bawah penis. Organ kelenjar berbentuk oval ini tersimpan di kantung kulit tipis berkerut yang bernama skrotum.

Seiring bertambahnya usia dan efek gravitasi pada kulit, skrotum mulai kehilangan elastisitasnya. Hasilnya, skrotum mengendur dan buah zakar jadi terlihat seperti berjuntai. Namun, ternyata ada faktor lain yang bisa membuat buah zakar kendur. Apa saja? Mari simak informasi seputar penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

1. Buah zakar kendur, apakah ini normal?

Buah Zakar Juga Bisa Kendur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyailustrasi pria yang mengalami buah zakar atau testis kendur (medicalnewstoday.com)

Sejatinya, testis memang menggelantung di dalam skrotum. Skrotum sendiri cukup longgar untuk melindungi testis. Fakta menarik, sebenarnya skrotum dapat bergerak sesuai dengan suhu! Pergerakan ini diatur oleh otot kremaster.

Kalau suhu sedang panas, skrotum pun mengendur agar testis menjadi sejuk. Sebaliknya, pada suhu dingin, maka otot kremaster menarik testis sehingga mengencang agar testis tetap hangat.

Tak hanya pada orang dewasa usia tua, buah zakar laki-laki usia muda pun bisa saja mengendur. Ini bisa terjadi saat produksi sperma dimulai selama masa pubertas. Memang, seiring usia bertambah testis akan mengendur. Perbedaannya memang tidak signifikan. Namun, menginjak usia 50-an, maka perbedaan pada tampilan testis akan terlihat.

2. Kenapa buah zakar bisa mengendur?

Buah Zakar Juga Bisa Kendur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyailustrasi skrotum (healthline.com)

Menurut sebuah studi di Jerman berjudul "Mechanical properties of human skin in vivo: a comparative evaluation in 300 men and women" dalam jurnal Skin Research and Technology tahun 2014, elastisitas kulit memang menurun seiring usia.

Selain efek gravitasi bumi, ini karena kolagen perlahan hilang, sehingga kulit meregang. Terlihat di bagian tubuh mana pun, fenomena ini terlihat jelas pada kulit wajah dan buah zakar yang kendur.

Kendurnya testis juga disebabkan oleh faktor risiko varikokel, kondisi saat pembuluh darah di dekat testis membengkak. Penelitian di Amerika Serikat (AS) yang diterbitkan dalam Asian Journal of Andrology tahun 2015, varikokel muncul pada 15 persen populasi laki-laki dan dapat menyebabkan kemandulan.

Aliran darah ke testis pun meningkat sampai testis memanas. Otot kremaster merespons dengan mengendurkan testis supaya sejuk. Varikokel dapat membuat sensasi pergerakan hingga rasa sakit pada testis. Bahkan, beberapa kasus varikokel tidak bergejala.

Oleh karena itu, segera periksa ke dokter bila mengalami gejala-gejala variokokel. Sering tidak menunjukkan tanda atau gejala, varikokel bisa menyebabkan rasa sakit, yang rasa sakitnya mungkin:

  • Bervariasi, dari ketidaknyamanan yang tajam hingga tumpul
  • Meningkat, khususnya saat berdiri atau beraktivitas fisik, terutama dalam waktu lama
  • Memburuk sepanjang hari
  • Mereda saat berbaring telentang
  • Bisa mengganggu kesuburan

Seiring waktu, varikokel mungkin membesar dan menjadi lebih terlihat. Varikokel digambarkan sebagai "sekantong cacing". Kondisi ini dapat menyebabkan testis bengkak, hampir selalu di sisi kiri, dilansir Mayo Clinic.

Buah Zakar Juga Bisa Kendur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyailustrasi testis (menshealthfoundation.ca)

Pada kebanyakan kasus, testis kendur karena penuaan adalah hal yang normal. Namun, beberapa orang bisa merasa tidak percaya diri karenanya, dan bahkan kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebetulnya kondisi buah zakar kendur ini tidak ada obatnya. Berbagai bentuk pengobatan dan metode yang tersebar di internet belum tentu berhasil dan belum dibuktikan oleh penelitian. Akan tetapi, kamu tetap dapat menerapkan beberapa metode berikut ini untuk merawat buah zakar kendur, dari latihan hingga operasi.

Baca Juga: 7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!

3. Olahraga untuk menjaga testis tetap kencang

Buah Zakar Juga Bisa Kendur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyagerakan Kegel dasar untuk laki-laki (pelvicexercises.com.au)

Ada beberapa latihan untuk mengobati buah zakar kendur. Meskipun tak ada bukti ilmiahnya, tetapi latihan ini tetap baik untuk melatih otot di daerah selangkangan. Bahkan beberapa orang mengklaim bahwa selangkangan terasa lebih enak setelah latihan.

Ada dua latihan yang bisa dilakukan: latihan Kegel dan menggenggam testis.

Latihan Kegel dapat mengaktifkan otot panggul atau pubococcygeal (PC), dan dapat membuat penis dan testis lebih sehat. Fakta menarik, otot PC adalah otot yang menahan aliran urine. Kegel melibatkan kontraksi otot seperti sedang menahan kencing. Selain panggul, Kegel dapat mencegah masalah testis, prostat, dan penis.

Menggenggam testis adalah ibarat "latihan beban" untuk testis. Pegang testis dengan satu tangan dan tarik ke bawah untuk mengaktifkan otot PC. Lakukan selama 5 menit setiap hari, dan latihan menggenggam testis ini lebih efektif dibandingkan latihan Kegel.

4. Menjaga kesehatan kulit

Buah Zakar Juga Bisa Kendur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyailustrasi organ intim pria (menshealth.com)

Testis mengendur biasanya disebabkan oleh penuaan kulit. Oleh karena itu, menjaga kulit tetap awet muda dapat menjadi salah satu solusi! American Academy of Dermatology merekomendasikan beberapa cara untuk melindungi dan merawat kulit, antara lain:

  • Menghindari paparan sinar matahari
  • Berhenti merokok
  • Kurangi asupan minuman alkohol
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Makan makanan bergizi seimbang

5. Opsi terakhir: operasi

Buah Zakar Juga Bisa Kendur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyailustrasi operasi atau pembedahan (bbc.com)

Cara-cara di atas tidak berhasil? Mungkin operasi bisa dipertimbangkan. Selain dapat memperbaiki penampilan buah zakar, operasi dapat membantu kasus komplikasi akibat testis kendur, seperti tidak sengaja menduduki testis!

Prosedur operasi skrotoplasti dapat mencegah skrotum mengendur. Dokter bedah akan mengangkat kulit ekstra dari skrotum, sehingga lokasi testis bisa lebih tinggi. Akan tetapi, hasilnya tidak permanen dan seiring waktu kulit akan tetap meregang.

Untuk kasus varikokel, ada prosedur yang disebut varikokelektomi. Prosedur ini dilakukan dengan mengikat pembuluh darah di dekat testis yang bengkak. Gejala varikokel akan segera hilang dan kualitas sperma pun akan lebih baik.

6. Kapan harus ke dokter?

Buah Zakar Juga Bisa Kendur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyailustrasi gangguan pada penis atau kelamin laki-lakin (ajp.com.au)

Itulah informasi seputar pengertian, penyebab, dan cara mengatasi buah zakar atau testis kendur. Kondisi ini sebetulnya alami karena merupakan proses penuaan. Bahkan, mengendur adalah sifat alami testis dalam suhu panas. Jadi, jangan terlalu khawatir bila mengalami buah zakar kendur saat cuaca panas.

Akan tetapi, bila kamu merasakan gejala nyeri di selangkangan atau prostat, baiknya periksa ke dokter. Bila memang ada masalah, maka dokter bisa segera melakukan penanganan. Selain itu, jika ingin menempuh opsi operasi skrotoplasti atau varikokelektomi, konsultasikan dengan dokter dan mendapat rujukan ke ahlinya.

Baca Juga: 8 Penyebab Sakit Paling Umum pada Testis, Hati-hati kalau Mulai Terasa

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya