TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Melakukan Oral Seks yang Aman untuk Mencegah Penyakit

Oral seks bisa menjadi media penularan penyakit seksual

ilustrasi kondom (unsplash.com/@deonblack)

Oral seks merupakan cara bercinta yang kerap dilakukan oleh banyak pasangan. Sebetulnya oral seks bisa dinikmati, baik itu bagi laki-laki atau pun perempuan, sehingga tidak hanya terbatas pada satu gender saja. Bisa dikatakan bahwa oral seks merupakan cara untuk memperoleh kenikmatan dari aktivitas seksual yang dilakukan.

Ternyata oral seks tidak selalu aman dilakukan, sebab bisa menjadi media penyebaran penyakit menular seksual. Apalagi jika melakukannya secara sembarangan dan bersama dengan sembarang orang yang kamu tak tahu latar belakangnya. Meski demikian, kamu mungkin bisa melakukan cara berikut agar oral seks berjalan lebih aman.

Baca Juga: Cara Melakukan Oral Seks pada Perempuan, Kuasai Tekniknya!

1. Menggunakan kondom

ilustrasi kondom (unsplash.com/@deonblack)

Oral seks memang dilakukan dengan menggunakan mulut, serta tidak melibatkan proses penetrasi sama sekali. Namun, kamu bisa menggunakan kondom sebagai salah satu bentuk upaya untuk menghindari kemungkinan infeksi menular seksual. Kondom memiliki fungsi yang baik agar aktivitas oral seks yang dilakukan tetap aman dari segala macam risiko.

Saat ini sudah banyak varian kondom yang memiliki rasanya tersendiri. Hal ini membuat banyak pasangan jadi bisa memperoleh sensasi menyenangkan selama melakukan oral seks. Selain lebih menyenangkan, namun oral seks juga jadi lebih aman dan bebas dari segala risiko yang ada.

2. Memastikan tak ada luka pada area mulut dan kemaluan

ilustrasi bibir (unsplash.com/@timothycdykes)

Salah satu gerbang dari terjadinya penularan infeksi seksual adalah melalui luka. Pada kasus oral seks, seseorang bisa tertular penyakit seksual apabila terdapat luka pada area mulut atau pun kemaluan. Inilah yang membuatmu semestinya dapat memastikan apakah ada luka pada area mulut dan kemaluan selama melakukan oral seks.

Walau begitu, ternyata cairan dari aktivitas seksual juga bisa menjadi media penularan penyakitnya. Namun, cairan tersebut akan dengan mudahnya membawa penyakit apabila terdapat luka terbuka pada area mulut. Oleh sebab itu, pastikan kondisi mulut dan kemaluan baik, serta tidak ada luka terbuka.

Baca Juga: Benarkah Oral Seks Bisa Menyebabkan Kanker Tenggorokan?

Verified Writer

Brilian Damani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya