TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Manfaat Ciuman Bibir untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Bukan sekadar menambah gairah

ilustrasi ciuman (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kecuman di dahi memang romantis, tapi mencium bibir bisa menghadirkan sensasi intim yang lebih panas. Ciuman bibir bisa jadi selingan di tengah kesibukan hingga pengantar menuju seks yang menyenangkan. 

Selain kepuasan, ada beragam manfaat ciuman bibir bagi kesehatan, secara fisik maupun mental. Terbukti secara ilmiah pula!

Manfaat ciuman bibir

Kalau dipikir-pikir, ciuman bibir itu agak aneh, ya? Menekan bibir ke orang lain dan dalam beberapa kasus bahkan bertukar air liur. Meski terkesan aneh, tindakan ini memiliki banyak benefit

Ciuman bukan hanya menghubungkan fisik, tetapi juga menciptakan koneksi yang kuat antara dua individu. Rasa terhubung ini menciptakan sensasi, sekaligus efek bagi masing-masing orang. Apa saja?

1. Memicu rasa bahagia

ilustrasi rasa bahagia (freepik.com/Yanalya)

Manfaat ciuman bibir yang pertama yakni peningkatan rasa bahagia. Berciuman memicu otak melepaskan campuran bahan kimia yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Di antaranya ada oksitosin, dopamin, dan serotonin. 

Hormon tersebut membuatmu merasa lebih baik, karena bisa memicu pusat kesenangan di otak. Bukan hanya itu, berciuman juga memicu euforia dan mendorong perasaan kasih sayang. Uniknya lagi, produksi hormon ini dapat menekan kadar kortisol yang bertanggung jawab pada perasaan stres

2. Menyeleksi calon pasangan

Dilansir Mind Body Green Relationship, ciuman dapat dimanfaatkan sebagai radar saat memilih pasangan. Hal ini terjadi karena sistem penciuman dapat mengambil feromon ketika kita dekat dengan orang lain. Dari sana, sebuah penelitian dalam jurnal Facts, Views & Vision in Obgyn menemukan beberapa feromon berperan dalam menemukan pasangan potensial.

Penelitian dalam Review of General Psychology menunjukkan, ciuman yang melibatkan pertukaran air liur, mikroba, dan DNA, dapat memberi tahu tentang sifat-sifat genetik pasangan. Selanjutnya, fakta ini memengaruhi apakah seseorang ingin melangkah lebih jauh dalam sebuah hubungan atau tidak.

3. Mengurangi tekanan darah

ilustrasi cowok memuji orang yang disukai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat berciuman, detak jantung akan meningkat. Respons tubuh ini juga akan memicu pelebaran pembuluh darah secara otomatis, menurut pendapat Andrea Demirjian, penulis buku Kissing: Everything You Ever Wanted to Know About One of Life’s Sweetest Pleasures. 

Ketika pembuluh darah melebar, aliran darah pun ikut meningkat. Secara langsung menyebabkan penurunan pada tekanan darah. Artinya, manfaat ciuman bibir baik untuk jantung. 

Baca Juga: 6 Jenis Ciuman yang Dibenci Wanita, Wajib Dihindari Bro!

4. Menyehatkan kulit

Terdengar agak kurang nyambung, kan? Namun, manfaat ciuman bibir ini ada kaitannya dengan peningkatan aliran darah. Bukan hanya mengurangi tekanan darah, tetapi juga baik untuk kulit. 

Sebab, berciuman yang melibatkan banyak otot memicu peningkatan aliran darah ke wajah. Aliran darah yang lancar dapat merangsang produksi kolagen dan elastin, melansir jurnal Vascular Health and Risk Management. Kedua jenis protein tersebut membuat kulit tampak lebih muda. 

5. Mengurangi gejala alergi

ilustrasi alergi (freepik.com/Freepik)

Sebuah penelitian dalam Physiology & Behavior menunjukkan bahwa ciuman mengurangi tanda-tanda dari reaksi alergi. Terutama yang disebabkan oleh serbuk sari dan tungau debu rumah tangga. Hal ini terjadi karena berciuman menekan stres, sedangkan stres sendiri dapat memperburuk alergi. 

Meski demikian, bukan berarti ciuman direkomendasikan sebagai perbaikan untuk respons alergi yang mengancam jiwa. Bukti penelitian lain dalam jurnal Journal of Psychosomatic Research menunjukkan, adanya potensi pengurangan reaksi alergi ringan, seperti eksim atopik ringan dari berciuman. 

6. Meningkatkan mikrobioma

Mikrobioma merupakan komunitas mikroorganisme yang terdiri dari  triliunan bakteri, jamur, dan mikroba. Di dalam tubuh, mikrobioma memegang peran penting, termasuk di antaranya menjaga kekebalan tubuh dan menjalankan fungsi organ. Nah, manfaat ciuman bibir dapat meningkatkan jumlah mikrobioma, selama kamu dan pasangan sama-sama sehat, ya!

Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa ciuman Prancis selama 10 detik dapat menjadi sumber 80 juta bakteri berpindah di antara dua mulut. Namun, Ketika berciuman dan mengalami pertukaran air liur (yang pastinya membawa bakteri), ada potensi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurut Jolene Brighton, MD. pada MBG Relationship.

7. Membakar kalori

ilustrasi berat badan naik (unplash.com/Bill Oxford

Manfaat ciuman bibir selanjutnya yakni membantu mengurangi berat badan, meskipun mungkin sangat kecil, bahkan nyaris tidak disadari. Ini terjadi, karena aktivitas bibir dan 'silat lidah' ini dapat membakar kalori. 

Ahli jantung Amerika, Joseph S. Alpert, MD., dalam American Journal of Medicine mengatakan bahwa ciuman penuh gairah dapat membakar antara 2 dan 26 kalori per menit. Angka ini lebih banyak daripada satu menit anpa melakukan apa-apa.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya