Comscore Tracker

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!

Hubungan seks yang rutin bukan monopoli pasangan baru

Ketika pasangan suami dan istri baru saja menikah, biasanya gairah seks mereka lebih bersemangat. Frekuensi berhubungan mereka bisa sangat rutin dan rajin, terlebih jika sedang merencanakan hadirnya buah hati.

Tapi bagaimana jika kamu dan pasangan sudah bukan terbilang pasangan baru dan telah memiliki buah hati? Barangkali, kalian akan merasa lebih canggung melakukannya dengan aneka latar belakang alasan. 

Tak perlu berkecil hati! Kamu simak saja cara atasi kecanggungan bercinta pasutri lama berikut ini.

1. Sepakatlah jika masalah keintiman yang memudar ini, bukan masalah pasanganmu seorang!

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!pexels.com/gabby k

Jangan terjebak pada situasi menyalahkan pasanganmu atau menyalahkan diri sendiri! Masalah keintiman yang tak lagi membara ini, bisa berubah menjadi perpisahan apabila masing-masing mau menang sendiri.

Ini adalah masalah kalian bersama. Karena itu, pikirkan dan lakukan solusinya secara bersama-sama. Ini mindset awal yang harus tertanam dulu di pikiran kalian.

2. Abaikan masalah fisik yang selalu jadi alasan gairah berhubungan menurun

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!Pexels.com/cottonbro

Ada yang merasa malas berhubungan karena merasa sudah tua? Ada yang beralasan lelah karena sudah kerepotan anak? Tidak percaya diri lantaran tubuh sudah kendor di sana-sini atau lebih berisi?

Untuk sementara, abaikan saja itu. Jika itu dipikirkan terus, kalian tidak akan maju selangkah pun dan berkutat pada titik yang sama. 

3. Buat kode khusus untuk mengindikasikan keinginan berhubungan

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!Pexels.com/Gabby K

Cara ini cukup sederhana dan menyenangkan dilakukan. Namun, pastikan kamu dan pasangan membuat kesepakatan akan kode-kode yang hendak dipakai.

Misalnya, pasangan akan menaruh magnet kulkas di sisi atas jika gairahnya sedang meninggi. Sebaliknya, ia meletakkannya di posisi normal jika situasinya normal. Jika sudah dapat kode yang positif, tunggu apalagi?

4. Aturlah kencan khusus untuk berhubungan seksual!

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!Pexels.com/Jonathan Borba

Buatlah liburan atau staycation khusus untukmu dan pasangan saja! Biarkan kalian menikmati waktu tanpa anak-anak dan orang lain. Di momen ini, kalian bebas menjadi diri sendiri, bermanja-manja, hingga bercinta tanpa tekanan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Kram hingga Trauma, 7 Penyebab Nyeri Setelah Seks pada Perempuan

5. Kencan sekali saja tak cukup, susun jadwal bercinta yang rutin

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!Pexels.com/Gabby K

Setelah acara kencan berdua usai, jangan sampai hubungan kalian seperti tidak menyisakan manfaat apa pun. Salah satu perubahan yang seharusnya muncul setelah itu adalah adanya jadwal bercinta yang rutin atau lebih kerap daripada sebelumnya.

Manfaat dari pembuatan jadwal ini adalah untuk membangkitkan kembali gairah-gairah cinta seperti pada masa kalian berpacaran. Jadilah pasangan yang sama romantisnya, pengertiannya, dan lebih dekatnya seperti kalian belum menikah dahulu.

6. Teruslah berkomunikasi dengan pasangan dan tunjukkan tanda perhatian ala dirimu

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!Pexels.com/Gabby K

Setelah kencan berdua, komunikasi dengan pasangan idealnya juga lebih lancar dan baik dong! Jika tidak, hubungan kalian terasa kaku dan bisa menimbulkan banyak kesalahpahaman.

Jika sedang tidak bersama, cobalah hubungi tiap beberapa waktu. Selain menanyakan kabar pasangan, kalian juga berkoordinasi tentang anak dan rumah tangga di sela-selanya. Yakinlah ini tidak akan terasa awkward!

7. Jadikan seks sebagai prioritas

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!Pexels.com/Alex Green

Kenapa harus dijadikan prioritas? Karena jika tidak demikian, dengan rutinitas harian yang seabreg, kalian pasti tidak akan menyempatkannya. Bahkan, kalian pun tidak akan memikirkannya sekalipun dalam sehari.

Urusan karier dan anak juga penting. Tapi, kapan kamu akan memikirkan kebutuhanmu sendiri jika tidak dimulai dari sekarang?

8. Jadikan momen bercinta kalian lebih menyenangkan. Jika perlu, gunakan bantuan alat khusus

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!Pexels.com/Alex Green

Playful dalam bercinta itu tidak dilarang, kok! Sekarang, sudah banyak alat bantu bercinta yang bisa memberi sensasi khusus dipakai. Selama tidak bersifat menyakiti, kamu dan pasangan bisa sepakat memilih salah satu jenisnya.

9. Jika kedelapan cara di atas tidak manjur, berkonsultasilah dengan terapis!

9 Cara Atasi Kecanggungan Bercinta Pasutri Lama, Bisa Bergairah Lagi!Pexels.com/cottonbro

Kedelapan cara di atas sudah kalian lakukan, tapi hubungan kalian masih terasa garing? Mungkin saja ini adalah indikasi yang gawat. Bersama-sama, temuilah terapis terpercaya dan komunikasikan problem kalian padanya.

Jika tidak segera ada inisiatif, hubunganmu akan semakin hambar sebagai sepasang pasutri. Setiap harinya, kalian akan berakhir pada bekerja dan mengurusi anak saja. Tentu kalian tidak mau, kan?

Baca Juga: 7 Mitos Seks Ini Tak Perlu Dipercaya, Sudah Dibantah Ahli!

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya