Comscore Tracker

5 Kebiasaan Baik Ini Menjaga Kehidupan Seks Rumah Tangga

Lakukan setiap hari bersama pasangan, ya

Membangun kebiasaan sehat tak hanya membuat tubuh lebih fit, melainkan juga membawa dampak positif bagi kehidupan seksual dalam rumah tangga. Mulai dari meningkatkan kesuburan, meningkatkan libido atau gairah seksual, hingga mencegah masalahan seksual seperti disfungsi ereksi atau yang juga dikenal sebagai lemah syahwat.

Menjaga kehidupan seksual tentunya dapat membuat hubungan menjadi lebih harmonis dan menguatkan ikatan emosional. Karenanya, yuk, terapkan kebiasaan sehat berikut ini dalam kehidupan sehari-hari dengan konsisten!

1. Rajin berolahraga

5 Kebiasaan Baik Ini Menjaga Kehidupan Seks Rumah Tanggailustrasi berolahraga (pexels.com/Kate Trifo)

Manfaat kesehatan yang ditawarkan olahraga memang tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk kehidupan seksual. Ada banyak cara olahraga dapat meningkatkan seksualitas, baik secara fisik maupun psikis.

Dirangkum Verywell Fit, ini meliputi peningkatan stamina dan gairah, penurunan risiko disfungsi seksual, perlambatan gejala menopause pada perempuan, hingga perubahan citra tubuh yang membuat seseorang merasa lebih percaya diri. 

Menurut keterangan Harvard Health Publishing, kamu juga bisa melakukan senam Kegel untuk melatih dan memperkuat otot panggul bawah. Menariknya, senam ini dapat dilakukan di mana pun kamu berada.

Caranya juga mudah, yakni kencangkan otot panggul bawah layaknya sedang menahan pipis dan tahan selama 2 atau 3 menit. Lakukan proses yang sama sebanyak 10 kali. Upayakan untuk melakukan senam ini sebanyak lima set setiap harinya.

2. Memiliki manajemen stres yang baik

5 Kebiasaan Baik Ini Menjaga Kehidupan Seks Rumah Tanggailustrasi bermeditasi (pexels.com/cottonbro)

Stres diketahui sebagai salah satu penyebab penurunan gairah seks, khususnya pada perempuan. Pemicu stres bisa berasal dari berbagai kejadian di kehidupan sehari-hari. Ini tentunya tak dapat dihindari. Alih-alih menghilangkan pemicunya, kamu bisa mengelola pikiran agar tak bereaksi berlebihan terhadap hal eksternal yang berada di luar kendali.

Olahraga seperti yoga merupakan salah satu cara untuk mengendalikan stres. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan meditasi sebelum atau sesudah menjalani aktivitas. Ini tentunya bisa membantu meringankan dan membebaskan diri dari hal-hal yang terlalu membelenggu pikiran.

Baca Juga: Berhubungan Seks agar Kurus, Mitos atau Fakta?

3. Menjadikan seks sebagai rutinitas

5 Kebiasaan Baik Ini Menjaga Kehidupan Seks Rumah Tanggailustrasi pasangan (unsplash.com/@womanizer)

Menjadwalkan hubungan intim dengan pasangan memang tidak terkesan romantis. Namun, meluangkan waktu spesifik untuk melakukan aktivitas ini diharapkan membuat setiap pasangan lebih konsisten dan dapat menjadikannya sebagai rutinitas dalam rumah tangga.

Bukan tanpa alasan, menjadikan aktivitas seks sebagai rutinitas dapat meningkatkan gairah seksual setiap pasangan. Dengan demikian, performa seksual bisa kian membaik dan hubungan suami istri makin harmonis.

4. Menerapkan pola makan sehat

5 Kebiasaan Baik Ini Menjaga Kehidupan Seks Rumah Tanggailustrasi pasangan makan bersama (pexels.com/Jack Sparrow)

Tanpa disadari, pola makan juga memegang peran penting dalam menjaga kehidupan seksual dalam rumah tangga. Bahkan beberapa makanan diketahui dapat meningkatkan gairah seks dan stamina berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari omega-3, protein, hingga antioksidan.

Mengutip Healthline, makanan ini meliputi kerang, salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian, hingga apel. Namun, yang terpenting kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung nutrisi lengkap dan porsi yang cukup agar kebutuhanmu terpenuhi dengan baik.

5. Istirahat yang cukup

5 Kebiasaan Baik Ini Menjaga Kehidupan Seks Rumah Tanggailustrasi pasangan (unsplash.com/Toa Heftiba)

Kekurangan tidur diduga berisiko memicu disfungsi ereksi dan permasalahan seksual pada perempuan, seperti dijelaskan dalam laman Everyday Health. Bukan tanpa alasan, ini mengganggu keseimbangan hormon karena produksinya terhambat. Oleh karena itu, tidur yang cukup pada malam hari sangat dianjurkan untuk mengembalikan kehidupan seks yang menggairahkan.

Membangun kebiasaan sehat tentu tak semudah kelihatannya. Namun, ini bukan hal mustahil. Mulailah secara perlahan, bertahap, dan konsisten. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika mengalami masalah seksual agar bisa mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Mengenal Ruined Orgasm, Seks Tanpa Orgasme

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya