10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!

Hindari makanan ini jika tidak mau libido turun!

Testosteron merupakan hormon yang penting untuk pria. Selain berperan dalam pembentukan massa otot, testosteron juga memiliki pengaruh dalam menentukan tinggi rendahnya libido pria.

Kadar penurunan testosteron pada pria bisa disebabkan oleh faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang bisa menurunkan kadar testosteron pria, yang bisa membuat libido menjadi rendah.

1. Alkohol

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!minnpost.com

Alkohol dapat menurunkan kadar testosteron pada pria. Hal ini karena, alkohol dapat merusak sel-sel yang berada di testis yang berfungsi untuk memproduksi dan mengeluarkan testosteron.

Selain itu, meminum alkohol menghasilkan pelepasan endorfin tertentu yang menghasilkan perasaan yang menyenangkan dan rileks, serta dapat meningkatkan hormon stres, yang disebut kortisol, yang dikenal dapat menurunkan testosteron. Jadi, berhentilah mengonsumsi alkohol agar libido tidak turun dan demi kebaikan kesehatan seksual juga.

2. Kedelai

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!curetick.com

Kedelai memiliki kandungan phytoestrogen dan isoflavon tinggi yang terbukti sebagai senyawa estrogeni. Aktivitas fitoestrogenik dalam isoflavon kedelai sangat kuat sehingga mengonsumsi produk kedelai hampir setara dengan meminum pil KB. Jadi, mengonsumsi kedelai dalam jumlah banyak bisa menurunkan kadar testosteron di dalam tubuh.

3. Mint

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!medicalnewstoday.com

Mint memang terkenal dengan khasiatnya yang menenangkan. Namun, karena efek menenangkan yang dihasilkan oleh mint dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron pada pria. Spearmint dan peppermint merupakan dua jenis mint yang terbukti memiliki dampak langsung pada testosteron.

4. Minyak sayur

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!healthline.com

Minyak sayur, seperti minyak kedelai, minyak jagung dan lainnya, memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kadar testosteron. Meskipun asam lemak yang terdapat pada minyak sayur merupakan sumber lemak yang sehat, ada baiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena bisa menurunkan testosteron pria.

5. Es krim

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!biggerbolderbaking.com

Es krim juga dapat menurunkan kadar testosteron pria. Hal ini karena es krim banyak mengandung pemanis dan gula sehingga tidak baik untuk pria. Gula memainkan peran besar dalam mengacaukan kadar testosteron. Konsumsi gula yang berlebih juga bisa mematikan produksi testosteron dan menghasilkan lemak perut yang bisa jadi penghambat testosteron.

Baca Juga: Testosteron Pria Menurun Tiap Tahun, Inilah Penjelasan Medis Kasus Itu

6. Makanan olahan

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!marketingtochina.com

Makanan olahan, seperti makanan beku dan makanan ringan sering mengandung banyak sodium, kalori dan tambahan gula yang juga merupakan sumber lemak trans yang umum. Lemak trans adalah jenis lemak yang tidak sehat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, mengonsumsi lemak trans secara teratur dari sumber-sumber seperti makanan olahan dapat menurunkan kadar testosteron pria dan mengganggu kinerja reproduksi sperma.

7. Pasta

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!chefsteps.com

Pasta mengandung banyak karbohidrat, dan makanan ini sangat mudah membuat tubuh gemuk. Tubuh dapat mengubah karbohidrat berlebih yang didapatkan dari pasta menjadi glukosa yang kemudian disimpan seperti lemak, karena lemak yang berlebih ini dapat mengganggu produksi testosteron dan bisa menurunkan kadar testosteron.

8. Biji rami

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!inlifehealthcare.com

Biji rami dianggap sebagai makanan sehat karena merupakan sumber omega-3 yang baik, namun itu tidak cukup untuk mengatasi efeknya yang bisa menurunkan testosteron. Biji rami juga mengandung banyak lingan yang menyerupai estrogen di tubuh yang dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron.

9. Gandum

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!snacksafely.com

Gandum sangat kaya akan protein didalamnya, salah satunya gluten. Kandungan gluten yang ada dalam gandum dapat meningkatkan prolaktin yang kemudian akan mengurangi testosteron. Jadi, kurangilah konsumsi gandum, seperti roti gandum dan olahan gandum lainnya untuk menjaga kadar testosteron.

10. Minuman bersoda

10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Testosteron Pria, Waspada!herald-dispatch.com

Konsumsi minuman bersoda juga bisa mempengaruhi kadar testosteron. Hal ini karena pemanis yang terdapat dalam minuman bersoda dapat meningkatkan lemak yang dapat menghambat produksi testosteron. Selain itu, minuman bersoda juga dianggap sebagai salah satu penyebab utama epidemi obesitas. Faktor kegemukan bisa menyebabkan kadar testosteron yang sangat rendah.

Beberapa daftar di atas merupakan makanan yang bisa menurunkan kadar testosteron. Ada baiknya menghindari beberapa makanan di atas untuk menjaga kadar testosteron dalam tubuh. Semoga artikel ini bisa membantu untuk semuanya.

Baca Juga: Ini 7 Indikasi Bahwa Kadar Testosteronmu Rendah, Wahai Para Pria!

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You