Comscore Tracker

Masih Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seks? Kenali 5 Penyebabnya!

Kamu harus mengenalinya, girls!

Ada gak sih yang masih merasakan sakit yang sama seperti pertama kali berhubungan seks? Ada sebagian wanita yang memang lebih suka menikmati sensasi nyeri saat berhubungan seks, tapi ada juga rasa nyeri yang sangat berlebihan bahkan berbulan-bulan. Berikut ini adalah lima faktor utama yang sering dialami oleh sebagian wanita, simak baik-baik, ya!

1. Dermatitis atau alergi

Masih Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seks? Kenali 5 Penyebabnya!unsplash.com/Anthony Tran
Sebagian dari kamu mungkin tidak menyadari bahwa salah satu penyebab rasa sakit saat berhubungan seks adalah dermatitis. Yup, dermatitis atau masalah kulit, yang bisa menyebabkan robekan pada kulit vulva. Hal itulah yang membuat seks terasa sangat menyakitkan.
 
Dilansir dari Medical News Today, ternyata dermatitis berhubungan dengan alergi, lho. Bisa jadi kamu alergi dengan pelumas, kondom, atau douche yang mengandung parfum. Sehingga kamu harus menghindarinya saat melakukan seks.

2. Endometriosis

Masih Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seks? Kenali 5 Penyebabnya!pexels.com/Andres
Endometriosis merupakan kondisi di mana jaringan yang seharusnya ada di dalam rahim, ditemukam di luar rahim atau di organ tubuh lainnya. Gejala yang muncul hampir sama seperti gejala usus buntu, iritasi usus besar, atau bahkan kista ovarium.
 
Seperti, sakit perut, sembelit, nyeri tubuh, buang air kecil yang berlebihan, atau bahkan merasa seperti ditusuk. Gejala seperti ini biasanya membuat kaum wanita enggan untuk berhubungan seks, atau bahkan menghindari.

3. Vulvodynia atau nyeri vulva

Masih Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seks? Kenali 5 Penyebabnya!unsplash.com/Annie Spratt
Vulvodynia merupakan nyeri vulva yang terjadi akibat hipersensitivitas yang dialami di ujung saraf kulit. Biasanya, nyeri ini kamu rasakan selama kurang lebih tiga bulan. Hal ini gak berkaitan dengan infeksi atau kondisi medis lain.
 
Dilansir dari Medical News Today, gejala yang bakal kamu rasakan seperti sensasi terbakar. Jika semakin parah, kamu juga bisa terkena iritasi. Sehingga ada baiknya segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: Cerita Pekerja Seks Kehilangan Penghasilan karena Pandemik COVID-19

4. Vaginitis atau peradangan

Masih Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seks? Kenali 5 Penyebabnya!pexels.com/Andrea
Vaginitis adalah peradangan yang terjadi pada vagina. Biasanya, peradangan disebabkan oleh jamur atau infeksi yang dibiarkan terlalu lama hingga mengeluarkan cairan, terasa gatal, terbakar bahkan nyeri.
 
Sementara itu, penyebab lain yang terjadi adalah faktor usia atau masa menopause dan tertular penyakit kulir. Dalam hal ini, kamu haru lebih berhati-hati dan lebih menjaga kebersihan dengan pasanganmu, ya!

5. Vaginismus atau kejang pada vagina

Masih Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seks? Kenali 5 Penyebabnya!unsplash.com/Gregory
Vaginismus merupakan kondisi di mana otot-otot dasar panggul mengalami kejang. Hal ini menimbulkan rasa nyeri, sulit berhubungan seks, atau bahkan tidak mungkin untuk melakukan hubungan seks.
 
Biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal, rasa takut tentang seks, atau bahkan cidera. Kamu dengan kondisi ini sangat wajib untuk menjalani pemeriksaan panggul, biar kamu bisa berhubungan seksual lagi dengan normal.
 
Itulah lima penyebab, kenapa kamu masih merasa sakit meski udah berhubungan seks berkali-kali. Jangan takut, apalagi ragu untuk ke dokter dan berkonsultasi, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Orangtua Jadi Teman Curhat Anak untuk Masalah Seks

Nimah Dia Photo Verified Writer Nimah Dia

Dapetin cookies paling menarik dan uwu di instagram @your.bakeology Koleksi juga barang tulis menulis serba warna kuncing di @heyellow.id Take 'em yours!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya