Comscore Tracker

7 Penjelasan Kenapa Bercinta Bisa Hilangkan Stres yang Melanda

Makanya harus rutin nih sama pasanganmu!

Aktivitas sehari-hari dapat membuat kamu jenuh dan stres. Pekerjaan yang menumpuk, berbagai masalah yang sedang melanda dan semua emosi negatif lain kerap membuat kamu merasa tertekan.

Namun, sebenarnya ada cara yang mudah untuk menghilangkan stres dan berbagai emosi negatif lain yang membuat kamu merasa tak nyaman. Apakah cara mudah menghilangkan stres tersebut? Ya, cara menghilangkan stres yang paling mudah bagi kamu yang sudah punya pasangan adalah dengan bercinta. Wah kok bisa ya? Simak langsung yuk penjelasannya!

1. Melancarkan peredaran darah

7 Penjelasan Kenapa Bercinta Bisa Hilangkan Stres yang Melandahindustantimes.com/

Bercinta adalah aktivitas yang menyenangkan bagi kamu dan pasanganmu. Pasalnya, pada prosesnya terjadi pelepasan dopamin dan endorfin yang dapat berfungsi untuk membentuk mood baik dalam dirimu. Kesenangan ini sama dengan reaksi yang terjadi ketika kamu menyantap makanan enak. Mood yang baik inilah yang kemudian juga membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, ketika kamu mencapai orgasme, sirkulasi darahmu akan menjadi lebih lancar. Aliran-aliran darah yang sebelumnya tersumbat karena stres atau pikiran yang tegang akan kembali lancar.

2. Menyehatkan jantung

7 Penjelasan Kenapa Bercinta Bisa Hilangkan Stres yang Melandard.com/

Bercinta memang bukan merupakan kegiatan olahraga, namun bercinta dapat menghasilkan manfaat yang sama seperti jika kamu berolahraga. Terutama pada saat orgasme, di mana aktivitas jantung akan sama aktifnya seperti ketika kamu melakukan gerakan olahraga. Denyut jantung meningkat, aliran darah meninggi, adrenalin naik dan napas semakin kencang - merupakan hal yang terjadi pada tubuh ketika orgasme yang biasanya juga akan kamu alami pada sesi berolahraga.

3. Tidur menjadi lebih nyenyak

7 Penjelasan Kenapa Bercinta Bisa Hilangkan Stres yang Melandabustle.com/

Inilah jawaban mengapa setelah bercinta rata-rata orang akan tidur dengan lelap. Yup, hal ini lantaran rasa nyaman dan relaks yang dihasilkan setelah kamu melakukan hubungan seksual. Bahkan sebuah survei menunjukkan bahwa 30% dari total responden yang berjumlah 1.800 orang mengaku memilih menggunakan seks sebagai obat tidur yang alami. Hal ini lantaran mereka sudah sangat sibuk dan lelah melakukan aktivitas selama seharian penuh. 

Baca Juga: Jangan Emosional saat Bercinta, Ini 7 Tip Seks Memuaskan Pria Aquarius

4. Meningkatkan mood

7 Penjelasan Kenapa Bercinta Bisa Hilangkan Stres yang Melandaoveandlifetoolbox.com/

Seperti sudah dibahas sekilas di poin pertama, seks adalah aktivitas yang akan membuat mood kamu membaik. Pasalnya ketika berhubungan seks, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang akan mempengaruhi perasaan dan mood-mu. Perasaan tegang, kesal, bahkan depresi bisa seketika menghilang. Selain itu, ada pula hormon oksitosin yang keluar ketika puting susu mendapat rangsangan saat berhubungan seks. Hormon oksitosin inilah yang juga dapat memunculkan perasaan tenang dan puas setelah selesai bercinta.

5. Memompa oksigen

7 Penjelasan Kenapa Bercinta Bisa Hilangkan Stres yang Melandahuffpost.com/

Sebuah studi dengan scan MRI membuktikan bahwa kadar oksigen dalam otak manusia akan meningkat ketika dia mengalami orgasme. Hal ini terbukti berbeda jika dibandingkan dengan kondisi normal atau tidak sedang orgasme. Itulah mengapa sangat disarankan bagi kamu yang sudah punya pasangan untuk melakukan hubungan seks secara rutin. Termasuk apabila gairah seks kamu dan pasangan mulai menurun, setidaknya lakukan aktivitas yang hampir serupa misalnya dengan berpelukan di tempat tidur atau saling memijat.

6. Mencegah penuaan

7 Penjelasan Kenapa Bercinta Bisa Hilangkan Stres yang Melandagloucestershirelive.co.uk/

Sebuah studi yang dilakukan di Royal Edinburgh Hospital menyebutkan bahwa kualitas hidup seseorang akan bertambah apabila dia memiliki kehidupan seks yang memuaskan. Selanjutnya, studi tersebut juga menyebutkan bahwa kepuasan hidup inilah yang kemudian membantu mencegah terjadinya penuaan dini, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Dijelaskan oleh dr. David Weeks bahwa pasangan yang rutin melakukan hubungan seks akan terlihat beberapa tahun lebih muda dari umur mereka sebenarnya. Hal ini disinyalir karena adanya pelepasan hormon HGH dan endorfin yang dihasilkan tubuh sesaat setelah selesai bercinta. Kedua hormon inilah yang juga ikut berperan dalam memperbaiki kesehatan kulit, khususnya mencegah keriput dan kendur.

7. Menjaga daya tahan tubuh

7 Penjelasan Kenapa Bercinta Bisa Hilangkan Stres yang Melandathehealthy.com/

Berhubungan seks secara rutin disebut-sebut bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh tim peneliti dari Wilkes University di Pennsylvania. Dijelaskan bahwa responden yang melakukan hubungan seks setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu terbukti memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi daripada responden lain yang jarang berhubungan seks. Akibatnya, responden yang rutin berhubungan seks menjadi jarang sakit dan terlindung dari berbagai macam bakteri bahkan virus.

Nah gimana? Sudah semakin yakin bahwa bercinta memang mampu meredakan stres dan memberikan banyak manfaat bagi tubuhmu? Bagi kamu yang sudah punya pasangan, tidak ada salahnya ya mulai rutin menjadwalkan aktivitas seksmu dan pasangan.

Baca Juga: Seks Oral Itu Menyenangkan, tapi kenapa Masih Ada Aja yang Takut?

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya