Comscore Tracker

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahim

Hindari yang ada di daftar ini, ya!

Bagi calon ibu dan ayah, hati-hati dengan 10 makanan dan minuman yang dapat membunuh sperma dalam rahim. Untuk memiliki seorang anak, tentunya calon ibu harus bisa menjaga asupan gizi yang masuk untuk membantu proses pembuahan.

Demi kesehatan ibu dan kelancaran dalam menjalankan program kehamilan, tidak salahnya untuk menjaga pola makan dari awal dan menghindari makanan yang dapat membunuh sperma. Untuk lebih jelasnya, berikut 10 makanan dan minuman  yang dapat membunuh sperma dalam rahim dan patut kamu hindari.

1. Makanan yang mengandung MSG berlebih

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimilustrasi MSG, micin, atau vetsin (headaches.org)

Monosodium Glutamat atau MSG adalah senyawa kimia yang dapat membuat masakan menjadi lebih gurih. Biasanya, MSG digunakan sebagai bumbu penyedap di berbagai jenis masakan.

Akan tetapi, bila dikonsumsi berlebih, MSG dapat membunuh sperma secara tidak langsung.  Secara kesehatan, dengan mengkonsumsi MSG dapat menurunkan hormon estrogen. Hal ini akan berdampak pada kegagalan pada proses reproduksi.

2. Makanan cepat saji atau junk food

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimilustrasi junk food (IDN Times/Mardya Shakti)

Makanan dan minuman yang dapat membunuh sperma dalam rahim selanjutnya adalah makanan siap saji atau junk food. Meski memiliki nilai praktis dan menggugah selera, tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi apabila kamu ingin segera hamil.

Beberapa jenis junk food, seperti piza, burger, dan olahan daging siap santap lainnya ternyata berdampak buruk terhadap sperma bila dikonsumsi secara berlenihan. Junk food dapat memengaruhi hormon testosteron pada pria dan berdampak pada kualitas sperma.

Baca Juga: Benarkah Bersepeda bisa Memengaruhi Kualitas Sperma?

3. Makanan dan minuman yang belum dimasak

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimsushi (instagram.com/initempeid)

Bagi kamu yang sedang merencanakan untuk menimang momongan, harap untuk tidak menyantap makanan dan minuman yang belum dimasak, seperti daging mentah dan sushi.

Selain itu, bagi calon ibu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman mentah seperti susu yang tidak melalui proses pasteurisasi. Hal ini disebabkan minuman tersebut mengandung bakteri listeria yang bisa menurunkan kesuburan.

4. Produk olahan kedelai

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimsusu kedelai, kedelai, dan tahu (pexels.com/polina-tankilevitch)

Produk olahan kedelai rupanya dapat mengurangi performa sperma dalam rahim. Karena risiko tersebut, akan lebih baik buat kamu untuk menjauhi atau membatasi konsumsi produk yang berbahan kedelai, contohnya susu kedelai, tempe, dan tahu.

Melansir WebMD, terlalu banyak mengonsumsi olehan kacang kedelai akan menurunkan jumlah produksi sperma. Namun, apabila kamu memang memerlukan protein nabati dari kedelai, maka batasi asupannya.

5. Ikan dengan kandungan merkuri

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimilustrasi makerel (pexels.com/energepic.com)

Beberapa ikan laut yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi seperti ikan todak, martin, makerel dan makanan laut dengan kandungan merkuri tinggi lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi oleh calon ibu. Hal ini disebabkan jenis zat kimia ini dapat mengendap dalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama bila dikonsumsi secara terus menerus.

Selain berbahaya bagi sperma, ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi dapat merusak saraf dan kinerja otak pada calon bayi. Waduh, sangat berbahaya sekali, kan?

Baca Juga: Asam Folat Penting untuk Pembentukan Sel Saraf Otak Janin

6. Makanan kaleng

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimilustrasi makanan kaleng (unsplash.com/Calle Macarone)

Makanan dan minuman kaleng seperti kornet, kacang-kacangan, spam, dan berbagai jenis minuman ringan adalah jenis makanan dan minuman yang dapat membunuh sperma dalam rahim. Hal ini disebabkan kandungan senyawa sintesis organik bisphenol A (BPA) dapat merusak kualitas sperma. Belum lagi minuman kalengan memiliki banyak kandungan gula. Dilansir Healthline, daging merah dan daging olahan kaleng juga mengandung kadar lemak trans dan lemak jenuh cukup tinggi.

Lemak trans dan lemak jenuh memengaruhi kesuburan pria dan membuat tingkat kesuburannya menjadi lebih rendah. Untuk itu, bagi pasangan yang sedang merencanakan untuk mempunyai anak, sebaiknya untuk menghindari mengonsumsi makanan dan minuman kalengan.

7. Makanan dan minuman dengan kadar gula berlebih

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimilustrasi memakan makanan manis (pexels.com/Kaboom Pics)

Makanan dan minuman dengan kadar gula berlebih tak hanya hanya mendatangkan penyakit diabetes saja, tetapi juga berbahaya untuk proses reproduksi. Hal ini disebabkan karena kadar gula tersebut dapat membuat kualitas sperma menurun.

Selain itu, kandungan gula berlebih dapat meningkatkan risiko terserang penyakit, seperti diabetes, obesitas, bahkan komplikasi. Jadi, sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang cukup tinggi, ya.

8. Minuman dengan kandungan kafein tinggi

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimilustrasi minuman berkafein (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Minuman yang dapat membunuh sperma dalam rahim lainnya adalah minuman dengan kadar kafein yang tinggi. Selain kopi, sebaiknya juga menghindari minuman bersoda, teh, coklat, serta minuman penambah energi.

Dilansir Nutrition Journal, literatur "Coffee and Caffeine Intake and Male Infertility: a Systematic Review" menunjukkan bahwa asupan kafein, mungkin bisa menimbulkan kerusakan DNA sperma dan dapat berdampak negatif pada fungsi reproduksi pria. Jadi, akan lebih baik kalau kamu mengonsumsi air putih secara rutin.

9. Minuman beralkohol

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimilustrasi minuman beralkohol (unsplash.com/Vinicius "amnx" Amano)

Sudah pasti tahu bahwa minum minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan janin. Selain menimbulkan risiko pada calon ibu, minuman beralkohol juga tidak baik dikonsumsi oleh calon ayah karena dapat menurunkan kualitas sperma.

10. Beberapa produk olahan susu

10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membunuh Sperma dalam Rahimilustrasi susu dan keju (freepik.com/Racool_studio)

Melansir Healthline, sementara produk susu rendah lemak dan skim dapat mendukung kesuburan di kalangan pria, produk susu penuh lemak dikaitkan dengan efek sebaliknya. Konsumsi produk susu yang tinggi, seperti keju dan susu, telah dikaitkan dengan kualitas sperma yang lebih rendah dalam beberapa penelitian.

Itulah tadi beberapa makanan dan minuman yang dapat membunuh sperma. Jangan lupa untuk dibarengi dengan gaya hidup yang sehat agar cepat mendapatkan buah hati.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Kesehatan Reproduksi Perempuan

Topic:

  • Surti Risanti
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya