Comscore Tracker

Seperti 'Do You Like Brahms?', Ini 5 Orkes Simfoni asal Indonesia

Siap membawa kita ke zaman kerajaan Eropa #LokalIDN

Ingat episode 1 drama Korea Do You Like Brahms?. Di episode ini, ada bagian saat Chae Song Ah akan tampil sebagai pemain biola pada konser orkes simfoni di Pusat Seni Seoul. Tapi Chae Song Ah dan temannya diusir dengan alasan suara biola yang terlalu keras dan banyak hingga perlu dikurangi. Di sini Chae Song Ah amat kecewa, karena bermain pada sebuah kelompok orkes simfoni adalah salah satu impiannya.

Nah, kelompok orkes simfoni serupa ternyata bisa ditemukan di Indonesia. Berikut lima kelompok orkes simfoni tersebut.

1. Bandung Philharmonic 

https://www.youtube.com/embed/wlKhQ4omIE8

Bandung Philharmonic merupakan kelompok orkes simfoni pertama di tanah Pasundan. Kelompok orkes ini didirikan oleh Airin Efferin, Fauzie Wiriadisastra, Ronny Gunawan dan Putu Sandra Kusuma dengan bantuan direktur musik asal Amerika, Robert Nordling dan Michael Hall, seorang komposer dan pemain biola kelas dunia.

Hingga tahun 2020, Bandung Philharmonic telah menjadi sebuah yayasan non-profit yang cukup aktif di Bandung dengan rutin mengadakan konser orkes simfoni tiap tahunnya. Sst, Bandung Philharmonic juga membawakan lagu-lagu daerah di beberapa konsernya lho.

Penasaran dengan lagu Es Lilin, Cingcangkeling atau Negara Krtagama dibawakan dengan alat musik klasik? Kunjungi channel YouTube-nya di Bandung Philharmonic.

2. Jakarta Concert Orchestra 

https://www.youtube.com/embed/wmjhbSQ8UGA

Ingat video viral mengenai performa Isyana yang membawakan lagu "Fruehlingsstimmen" di sebuah orkes simfoni? Ya, Isyana membawakan lagu tersebut didampingi kelompok Jakarta Concert Orchestra, yang memiliki markas di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Kelompok ini termasuk kelompok orkes simfoni paling lama di Indonesia. Pada awal mula berdirinya di tahun 1999, kelompok orkes simfoni ini bernama Parahyangan Chamber Orchestra dengan anggota yang berasal dari Jogja dan Jakarta. Baru pada tahun 2002 bertransformasi menjadi Jakarta Chamber Orchestra atas inisiasi Avip Priatna Mag.Art dan Prof.Dr.Toeti Heraty Roosseno dengan anggota dari seluruh Indonesia.

Sejak tahun 2002, Jakarta Chamber Orchestra rutin mengadakan pertunjukan orkes simfoni, sehingga pada tahun 2011 Jakarta Chamber Orchestra merubah nama menjadi Jakarta Concert Orchestra. Pertunjukannya bisa dilihat pada channel YouTube Jakarta Concert Orchestra - Avip Priatna.

Baca Juga: 6 Musisi Legendaris Indonesia yang Berasal dari Sumatra Utara

3. Jakarta City Philharmonic 

https://www.youtube.com/embed/utyBP36Pdl4

Jakarta City Philharmonic didirikan pada tahun 2016 dan tergolong kelompok orkes simfoni baru yang didirikan di Jakarta. Kelompok orkes simfoni ini merupakan proyek bersama antara Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Dewan Kesenian Jakarta.

Jakarta City Philharmonic memiliki tujuan untuk melengkapi Jakarta sebagai kota metropolitan dengan menjadikan karya simfonik anak bangsa sebagai prioritas pertunjukan mereka.

Saat ini, Jakarta City Philharmonic memiliki musisi seperti Aksan Sjuman, Anto Hoed, Budi Utomo Prabowo, Fafan Isfandiar dan Totot Indarto sebagai dewan komisarisnya.

4. Jakarta Simfonia Orchestra 

https://www.youtube.com/embed/Ipr4f-pFBpg

Jika di selatan Jakarta ada Jakarta Concert Orchestra, maka di utara Jakarta ada Jakarta Simfonia Orchestra yang didirikan oleh Stephen Tong. Kelompok orkes yang rutin mengadakan pertunjukan tiap bulan ini biasa membawakan musik klasik hingga musik pop.

Jakarta Simfonia Orchestra juga telah banyak bekerja sama dengan musisi kelas dunia, seperti Jahja Ling, konduktor di San Diego Symphony Orchestra, The Great Wall String Quartet, Jessie Chang, dan musisi lainnya. Jakarta Simfonia Orchestra memiliki markas di Aula Simfonia Jakarta, Jakarta Utara.

5. Erwin Gutawa Orchestra 

https://www.youtube.com/embed/hbF5xTP3ROU

Pasti tau dong sama Erwin Gutawa? Beliau adalah salah satu komponis, konduktor dan penata musik kebanggan Indonesia karena pernah menjadi konduktor untuk London Symphony Orchestra, satu dari sekian banyak kelompok orkes simfoni terbaik di dunia.

Baru-baru ini Erwin Gutawa naik daun karena kelompok orkestra bentukannya, Erwin Gutawa Orchestra, berhasil mengadakan konser orkestra secara virtual. Erwin Gutawa bekerja sama dengan Tulus menggandeng beberapa penyanyi tanah air untuk meramaikan konser orkestra virtual yang dimaksudkan untuk menggalang dana tersebut.

Itulah lima kelompok orkes simfoni besar di Indonesia. Siap-siap jatuh cinta sama musik klasik ya!

Baca Juga: 9 Nama Asli Vokalis Band Indonesia yang Tak Banyak Diketahui Orang

Hasna Fitriani Photo Writer Hasna Fitriani

Amateur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya