5 Pelajaran Hidup Bermakna yang Bisa Kamu Ambil dari Film ‘Gifted’

#MovieOn: Padat akan pesan moral!

‘Gifted’ adalah film drama keluarga yang tayang pada tahun 2017 lalu. Mendapuk Chris Evans sebagai pemeran utamanya, film ini bercerita tentang perebutan hak asuh seorang anak jenius yang bernama Mary Adler (Mckenna Grace). Dikarenakan tragedi yang menimpa keluarganya, Mary harus dirawat oleh pamannya Frank yang diperankan oleh Chris Evans. Frank harus berjuang melawan nenek dari Mary alias ibunya sendiri Evelyn (Lindsay Duncan) di pengadilan karena Evelyn merasa Mary akan hidup lebih sejahtera dengannya. Bagaimanakah nasib Mary selanjutnya?

‘Gifted’ mendapat sambutan hangat dari kritikus yang menganggap filmnya memesona walaupun ceritanya terbilang mudah ditebak. Akting aktris cilik Mckenna Grace juga mencuri perhatian setiap kali dirinya tampil di layar. Bukan cuma itu, film ini sarat akan pesan moral yang bisa menjadi bahan introspeksi diri. Berikut penjabarannya.

1. Jangan abaikan hubungan sosial

5 Pelajaran Hidup Bermakna yang Bisa Kamu Ambil dari Film ‘Gifted’washingtonpost.com

Karakter Frank di film ini digambarkan sebagai seorang penyendiri yang berinteraksi dengan orang lain seadanya saja. Sehari-hari, ia paling banyak berkomunikasi dengan Mary dan kucing peliharaan mereka Fred. Terbiasa di lingkungan seperti itu, Mary pun mengalami kesulitan bersosialisasi dengan teman sebayanya di hari-hari pertamanya bersekolah. Seiring berjalannya film, baik Frank maupun Mary digambarkan menjadi lebih luwes dengan orang lain dan hal tersebut membuat mereka lebih bahagia.

2. Mempersilakan orang lain membantumu bukan berarti kamu lemah

5 Pelajaran Hidup Bermakna yang Bisa Kamu Ambil dari Film ‘Gifted’imdb.com

Bukan cuma penyendiri, Frank juga selalu terlihat enggan menerima bantuan maupun saran dari orang lain untuk memecahkan masalahnya. Ia merasa mampu menyelesaikannya sendiri dan menutup pintu bagi orang lain untuk membantunya. Beruntung Frank memiliki tetangga baik hati Roberta (Octavia Spencer) dan guru sekolah Mary, Bonnie (Jenny Slate) yang tidak pernah menyerah mendukungnya. Pada akhirnya, Roberta dan Bonnie justru berperan cukup besar dalam menemani Frank menuntaskan masalah yang dihadapinya.

3. Meskipun tujuannya mulia, memaksakan kehendak tidak akan berujung baik

5 Pelajaran Hidup Bermakna yang Bisa Kamu Ambil dari Film ‘Gifted’wgme.com

Frank dan Evelyn sama-sama bersikeras bahwa mereka tahu apa yang terbaik untuk Mary. Niat mereka berdua baik, namun mereka lupa bahwa yang terpenting adalah kesejahteraan Mary dan bukan ego mereka. Film ini sering menunjukkan keduanya beradu argumen akan siapa pengasuh yang lebih baik. Alih-alih menyelesaikan masalah, hal tersebut justru semakin memperkeruhnya.

4. Setiap masalah pasti ada solusinya, kita hanya perlu bersabar sambil terus berusaha

5 Pelajaran Hidup Bermakna yang Bisa Kamu Ambil dari Film ‘Gifted’imdb.com

Perebutan hak asuh Mary bukanlah perkara sepele dan sangat menguji Frank sebagai seorang manusia. Pasang-surut harus ia lalui demi mencari titik terang dari masalahnya. Setelah melalui proses yang panjang, solusi terbaik dan adil akhirnya muncul bagi seluruh pihak yang terlibat dalam kasus hak asuh Mary.

5. Selalu ada hikmah dari setiap ujian hidup

5 Pelajaran Hidup Bermakna yang Bisa Kamu Ambil dari Film ‘Gifted’wgme.com

Biarpun berat, setiap masalah yang menghampiri selalu diikuti dengan hikmah bagi yang menghadapinya. Tanpa adanya perebutan hak asuh Mary, Frank mungkin tidak akan pernah belajar cara meredam egonya dan Mary bisa jadi akan selalu kesulitan beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Hal tersebut tentunya menjadi bekal yang bermanfaat bagi mereka untuk terus maju menjalani hidup.

‘Gifted’ membuktikan bahwa film yang ringan bukan berarti pelit akan pesan positif. Karena penceritaannya yang nyaman diikuti, 100 menit durasinya akan berlalu begitu saja tanpa kamu sadari. Film ini sangat cocok ditonton bersama orang-orang terdekatmu!

Ahmad Wildan Photo Verified Writer Ahmad Wildan

Your Sociable Movie Guy. IG: @wildanahmd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya