Comscore Tracker

5 Anime yang Ternyata Mirip Film Hollywood, Sudah Nonton?

Sudah terlihat kemiripannya sejak intro episode pertama

Pernahkah kamu mendadak teringat sesuatu saat menonton anime? Ketika suatu adegan mendadak mengingatkanmu pada sebuah plot film lain atau bahkan karakternya mirip sekali dengan karakter film yang pernah kamu tonton?

Bahkan, mungkin kamu sudah menyadari kalau anime yang kamu tonton sudah terlihat kemiripannya sejak intro episode pertama. Sudah sewajarnya hati ini menyadari, bahwa budaya pop Jepang tak lepas dari pengaruh budaya pop Amerika Serikat. Inilah 5 anime yang ternyata isinya mirip film-film Hollywood.

1. Bubblegum Crisis (1987)

https://www.youtube.com/embed/np_A1r1ms0Y

"Bubblegum Crisis" adalah seri OVA yang mengetengahkan sebuah tim mercenary Knight Saber beranggotakan gadis berjubah cyber yang berusaha membongkar kejahatan mega korporasi Genom yang memproduksi boomer atau android tempur ilegal. Sudah sejak dari intro awal terlihat pengaruh "Blade Runner" (1982) dengan lanskap mega Tokyo 2032.

Musik ambient yang serupa scoring intro "Blade Runner", dan tokoh utama bernama Priss yang diambil dari nama replicant wanita di "Blade Runner". Namun yang menarik, dengan berbagai macam in-story soundtrack yang dinyanyikan oleh Priss di setiap episode bersama bandnya, The Replicants, film ini juga mengambil pengaruh dari film neo-noir-musical "Streets of Fire" (1984). 

2. Lily C.A.T. (1987)

https://www.youtube.com/embed/FrCfMM2k9Go

"Lily C.A.T". karya Studio Pierrot bercerita tentang para kru sebuah pesawat luar angkasa Saldes yang disewa perusahaan pertambangan Sincam dari bumi untuk menjalankan misi survei pertambangan planet baru. Di tengah perjalanan, para kru menemukan sebuah benda aneh yang ternyata adalah sebuah alien misterius yang memangsa hampir seluruh kru Saldes. Karakter alien yang mampu berubah bentuk dan menginfeksi para kru jelas terinspirasi dari film "The Thing" (1982) karya John Carpenter, tema ekspedisi luar angkasa yang tiba-tiba diserang alien jelas mengambil dari "Alien" (1979).

Baca Juga: 8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!

3. Kimera (1996)

https://www.youtube.com/embed/vevMqjTEttE

Konsep vampir dari luar angkasa di Jepang dimulai sejak OVA anime berjudul "Vampire Wars" pada tahun 1990 besutan Toei Animation, namun porsinya baru muncul di seperempat akhir cerita. Adalah ADV Films yang mengangkat vampir dari luar angkasa sebagai premis dan antagonis utama di anime layar lebar yang berjudul "Kimera".

Sementara itu pada tahun 1985  Golan-Globus dan Cannon Group memproduksi film fiksi sains luar angkasa berjudul "Lifeforce", tebak tentang apa? Ya kamu benar! vampir dari luar angkasa! 

"Lifeforce" sendiri juga merupakan adaptasi dari novel karya penulis Inggris, Colin Wilson berjudul "The Space Vampires". 

4. Berserk (1997)

https://www.youtube.com/embed/9uBYK5XApR8

Menjadi salah satu franchise anime dan manga seinen/dewasa yang paling populer di dunia, "Berserk" ternyata mengambil banyak pengaruh dari horor kosmis karya HP. Lovecraft dan Clive Barker. Bisa kita lihat desain para Godhand yang sangat terinspirasi dari para Cenobites, sekelompok makhluk dimensi lain yang menyeberang ke dimensi manusia untuk memanen jiwa manusia, mirip bukan dengan Godhand yang melakukan perjanjian gelap dengan para apostle yang dulunya manusia?

Kentaro Miura, sang mangaka "Berserk "juga seringkali memasukkan unsur lovecraftian di beberapa bab manganya seperti di chapter 309 yang terpengaruh langsung dari cerita "Shadow Over Innsmouth" karya HP. Lovecraft. Tidak hanya itu, Miura juga terpengaruh dengan" Lords Of The Ring", ketika desain kota Falconia pada chapter 307, sangat mirip dengan kota Minas Tirith.

5. Mobile Suit Gundam (1979)

https://www.youtube.com/embed/LFaUaCrbFLM

Hampir seluruh anak laki-laki di dunia mengenal "Mobile Suit Gundam", mungkin tidak dari animenya namun dari mainan plastic model kitnya atau yang lazim disebut Gunpla. Dengan penayangan perdana Gundam di televisi Jepang pada tahun 1979, dua tahun sejak "Star Wars: A New Hope", sudah terlihat sekali pengaruh Star Wars di serial anime "Mobile Suit Gundam". Mulai dari beam saber yang terinspirasi oleh lightsaber, Char Aznable dengan helmnya yang terpengaruh oleh Darth Vader, serta kemampuan psychic para newtype yang tentu saja terpengaruh oleh kemampuan force para Jedi. 

Meskipun dipisahkan oleh negara dan benua, film Hollywood turut memengaruhi karya animasi dari Jepang. Dari lima daftar di atas ada yang sudah kamu tonton? 

Baca Juga: 5 Karakter Anime Pendamping Protagonis yang Punya Kepribadian Serius 

Akhmad Alfan Rahadi Photo Writer Akhmad Alfan Rahadi

An otaku, music fan, foodies and comic book guy. Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya