Comscore Tracker

Drama hingga Aksi, Rekomendasi 10 Film Tema Feminisme Tahun 2010-an

Dalam film genre apa pun, wanita itu tetap kuat!

Film merupakan sarana berbagi dalam banyak hal, termasuk cerita tentang ketangguhan seorang wanita. Perjuangan seorang perempuan dalam menghadapi rintangan kehidupan, biasanya mampu menarik minat dan perhatian masyarakat luas. Terutama jika cerita tersebut mengandung inspirasi yang bisa menggugah jiwa.

Lewat film juga, beberapa sineas barat mencoba menyebarkan pentingnya feminisme ke dunia. Bukan untuk menuntut diistimewakan, melainkan untuk mendapat kesetaraan yang di beberapa negara bahkan sangat mustahil.

Nah, untuk kamu yang suka dengan film bertema feminisme, barangkali 9 judul ini cocok untuk kamu tonton di sepanjang akhir pekan.

1. Wonder Woman

https://www.youtube.com/embed/1Q8fG0TtVAY

Wonder Woman memang bukan superhero wanita pertama yang ada di film ataupun buku komik, akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tokoh ini memiliki peranan penting dalam feminisme. Sama halnya dengan Xena The Warrior Princess, Wonder Woman mampu mempresentasikan feminisme secara ekstrim, yaitu sebagai pahlawan nomor satu yang menyelamatkan banyak orang.

Meski film Wonder Women tidak sempurna, tetapi ada momen kuat yang menyempurnakan unsur feminis dalam film, terutama dalam bagian No Man's Land.

2. Hustlers

https://www.youtube.com/embed/LUG2U-IxPx0

Diangkat dari kisah nyata, Hustler bercerita tentang empat penari eksotis yang berkumpul untuk mengambil uang dari klien mereka, para bankir Wall Street yang curang. Sebuah film kriminal di mana wanita tidak menjadi sekadar hiasan layaknya di beberapa film dengan karakter utama laki-laki. Hustler juga menunjukkan bagaimana seorang wanita memiliki pilihan yang beragam atas karier, uang, serta tubuh mereka sendiri.

Spesialnya, bukan hanya menceritakan tentang feminisme, film ini juga ditulis, diarahkan, diproduksi, didandani, dirancang, dan dibintangi wanita

3. Little Woman

https://www.youtube.com/embed/AST2-4db4ic

Feminisme bukan hanya tentang wanita yang bisa melakukan apapun yang dapat dilakukan pria, tetapi lebih ke wanita bisa melakukan apapun yang mereka inginkan. Adaptasi dari karya Louisa May Alcott ini mampu merepresentasikan hal tersebut dengan pilihan karier empat saudari, penulis, musisi, ibu rumah tangga, dan jiwa bebas.

4. Mad Max: Fury Road (2015)

https://www.youtube.com/embed/hEJnMQG9ev8

Unsur feminisme dalam film ini memang tidak sejelas film lain. Akan tetapi, Mad Max: Fury Road memiliki narasi feminisme yang sangat tajam. We are not things, we are not things!

Adalah Charlize Theron sebagai karakter Imperator Furiosa, seorang wanita dengan penampilan luar biasa, mengendarai truk untuk menyelamatkan saudara perempuannya dengan berbagai macam cara. Furiosa menggambarkan seorang imperator wanita dan pemberontakan feminisnya dalam melawan kengerian seksisme.

5. Erin Brockovich (2000)

https://www.youtube.com/embed/K_SlzfgTUA0

Diangkat dari kisah nyata, Erin Brockovich bercerita tentang seorang ibu tunggal yang bekerja sebagai asisten hukum. Ia berjuang sendirian untuk menjatuhkan perusahaan korup yang mencemari air di sebuah komunitas di California. Meski usahanya tidak sepenuhnya berhasil, tetapi film ini mengantarkan pesan bahwa seorang wanita bisa melakukan apa pun dan mengenakan apa pun yang mereka inginkan.

Baca Juga: Film-film Animasi dari Ghibli Akhirnya Ada di Netflix, Catat Jadwalnya

6. Belle (2013)

https://www.youtube.com/embed/9Qx90wdRD2I

Terinspirasi oleh kisah nyata Dido Elizabeth Belle, film ini bercerita tentang putri ras campuran Kapten Angkatan Laut Kerajaan yang dibesarkan oleh pamannya yang aristokrat. Karena garis keturunannya, Belle menikmati beberapa hak istimewa akan tetapi juga dijauhi dari orang lain. Pada akhirnya, ia memainkan peran penting dalam menghapus perbudakan di Inggris.

7. Frozen

https://www.youtube.com/embed/R-cdIvgBCWY

Film animasi Disney yang satu ini berpusat pada hubungan kuat antar saudari dan pada akhirnya mampu mematahkan cetakan narasi tradisional tentang pangeran yang menyelamatkan putri. Berbeda halnya dengan kisah Disney klasik macam Cinderella dan Snow White, pahlawan sebenarnya dari cerita ini adalah saudara perempuan Anna, Elsa serta ikatan persaudaraan mereka.

8. The Handmaiden

https://www.youtube.com/embed/whldChqCsYk

Berlatar Korea tahun 1930-an dan dalam masa pendudukan Jepang, seorang gadis (Sookee) dipekerjakan sebagai pelayan untuk seorang ahli waris Jepang (Hideko). Mereka hidup dalam kehidupan terpencil di tanah pedesaan yang luas. Mengandung berbagai macam intrik serta plot twist, Sookee dan Hideko yang pada awalnya ditipu, berhasil mengecoh tipu daya para karakter laki-laki yang ada di film.

9. Hidden Figures

https://www.youtube.com/embed/5wfrDhgUMGI

Hidden Figure bercerita tentang tiga wanita Afrika-Amerika yang bekerja di NASA. Mereka merupakan ahli matematika di balik peluncuran John Glenn ke luar angkasa di tahun 1960-an. Diperankan oleh Taraji P. Henson, Octavia Spencer, dan Janelle Monáe, film ini menunjukkan bahwa wanita juga bisa menempati posisi penting dalam ilmu pengetahuan.

10. The Hunger Games

https://www.youtube.com/embed/mfmrPu43DF8

Karakter feminis dalam film ini adalah Katniss Everdeen. Ia secara sukarela menggantikan adik perempuannya di Hunger Games, kompetisi yang disiarkan televisi di mana dua remaja dari masing-masing dua belas distrik Panem dipilih secara acak untuk bertarung sampai mati.

Nah, itulah 10 rekomendasi film bertema feminisme untuk kamu tonton di akhir pekan. Semoga terinspirasi ya.

Baca Juga: 5 Film Unik yang Mengisahkan Seluk-beluk Pembuatan Film

Suarcani Photo Verified Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya