Comscore Tracker

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!

Kerap disamakan dengan Batman

Setelah diumumkan Kevin Feige di gelaran D23 Expo 2019, akhirnya pada 17 Januari 2022 kemarin, Marvel Cinematic Universe (MCU) merilis trailer perdana Moon Knight . Moon Knight merupakan salah satu serial yang ditunggu oleh penggemar Marvel, lho.

Terlihat pada trailer-nya, Moon Knight adalah karakter MCU yang paling "gelap." Ia muncul dalam komik yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Dibuat oleh penulis Doug Moench dan artis Don Perlin, karakter tersebut pertama kali muncul di Werewolf by Night #32 pada Agustus 1975.

Sebelum nonton serialnya pada Maret 2022 nanti, ketahui beberapa informasi menarik tentang serial Moon Knight yang dibintangi Oscar Isaac ini dulu, deh.

Baca Juga: 6 Fakta Serial Netflix Inventing Anna, Kisah Tipu Daya Sosialita Palsu

1. Oscar Isaac sebagai Marc Spector alias Moon Knight

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!Moon Knight (dok. Marvel Studio/Moon Knight)

Pada Mei 2021 lalu, MCU mengonfirmasi Oscar Isaac akan memainkan tokoh utama, yaitu Marc Spector alias Moon Knight melalui akun twitternya, @MarvelStudios. 

Karakter Marc Spector memiliki dissociative identity disorder (DID) atau kepribadian ganda. Beberapa kepribadian yang sudah terungkap di trailer perdananya ialah Steven Grant seorang jutawan eksentrik, Marc Spector sebagai jati diri utama seorang mantan Marinir dan CIA, dan Moon Knight, manusia super yang mendapatkan kekuatan dari Dewa Bulan Khonsu.

Dilansir Screen Trant, Isaac mengungkapkan bahwa perannya sebagai Moon Knight adalah hal yang paling menantang. Ada beberapa aspek di serial ini yang belum ia coba di proyek film-film sebelumnya.

2. Disutradarai oleh Mohamed Diab  

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!Mohamed Diab (Hollywoodreporter.com)

Pada 2022 ini, Mohamed Diab dipercaya untuk menyutradarai serial Marvel, Moon Knight. Mohamed Diab adalah sutradara asal Mesir yang sering mengangkat isu di Mesir dalam karyanya. Ia dikenal melalui film debut penyutradaraannya, Cairo 678 (Les Femmes du bus 678), yang dirilis sebulan sebelum revolusi Mesir.

Mohamed Diab juga telah banyak memenangkan ajang penghargaan film, seperti Chicago International Film Festival, Dubai International Film Festival, Asia Pacific Screen Awards, Sydney Film Festival, Taormina Film Festival dan Heartland Film Festival. 

3. Jeremy Slater menjadi penulis utama dan produser eksekutif

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!Jeremy Slater (deccanherald.com)

Jeremy Slater adalah seorang penulis skenario dan produser film asal Amerika. Sebelum ia bergabung di proyek serial Moon Knight, Slater juga menulis untuk beberapa film besar seperi Fantastic Four , The Lazarus Effect dan Death Note, serta serial televisi The Umbrella Academy dan The Exorcist.

4. Ethan Hawke menjadi tokoh antagonis

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!Ethan Hawke (instagram.com/ethanhawke)

Ethan Hawke dalam serial Moon Knight berperan sebagai villain bernama Dr. Arthur Harrow. Dalam komik Moon Knight volume 2 yang diterbitkan Marvel pada 1985, Dr. Arthur Harrow adalah ilmuwan yang terlibat eksperimen Nazi pada Perang Dunia II. 

Di sisi lain, dalam wawancara di Late Night with Seth Meyers tahun lalu, Hawke sempat menggambarkan bahwa karakter yang diperankannya dalam Moon Knight adalah sosok yang terinspirasi tokoh nyata David Koresh. Di Amerika, Koresh dikenal sebagai pemimpin sekte sesat Branch Davidians sekaligus orang yang bertanggung jawab atas tragedi baku tembak di Waco pada 1993.

Namun, pihak Marvel pun belum mengonfirmasi karakter yang sebenarnya dari Harrow sendiri. Kira-kira, Marvel akan mengembangkan karakter Dr. Harrow ini seperti apa, ya?

5. Diperankan juga oleh aktris berdarah Arab, May Calamawy

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!May Calamawy (glamour.com)

May Calamawy adalah aktris berdarah Mesir-Palestina. Ia terkenal karena perannya dalam serial televisi Hulu, Ramy, sebagai Dena Hassan.

Marvel mengonfirmasi bahwa May akan menjadi karakter dalam Moon Knight. Namun, pihak Marvel masih merahasiakan karakter apa yang diperankan olehnya.

Baca Juga: 10 Fakta Moon Knight, Superhero Marvel Berkepribadian Ganda

7. Kekuatan Moon Knight 

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!Moon Knight (dok. Marvel Studios/Moon Knight)

Dalam komik, Marc Spector dikisahkan sempat meninggal dunia, tapi ia dibangkitkan oleh Dewa Bulan Mesir bernama Khonsu. Marc pun mendapatkan kekuatan dari Dewa Bulan tersebut, seperti hidup abadi, tahan terhadap serangan telepati dan psikis, dan terkadang ia mendapatkan penglihatan masa depan.

Memperoleh kekuatan dari bulan, kekuatan, daya tahan, serta refleks Moon Knight akan meningkat saat fase bulan purnama. Ia juga memiliki penglihatan malam yang tajam dan mampu menyembuhkan luka dengan cepat ketika berada di bawah sinar bulan.

Moon Knight juga unggul dalam strategi pertempuran. Spector adalah pengemudi yang hebat bahkan dapat mengemudikan helikopter. Berkat pelatihan dan pengalaman hidupnya sebagai Marinir AS, petinju, dan tentara bayaran, Marc Spector menjadi ahli dalam pertarungan tangan kosong dan senjata.

8. Senjata Moon Knight didesain oleh Hawkeye

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!Moon Knight (dok. Marvel Studios/Moon Knight)

Sebagai Moon Knight, Spector memakai pelindung tubuh kevlar dan jubah glider perak yang dibuat khusus. Moon Knight juga menggunakan berbagai senjata selama karirnya, banyak di antaranya terbuat dari perak. Ia juga memiliki senjata ikonik berupa shuriken berbentuk bulan sabit yang disebut dengan Crescent Darts.

Moon Knight juga menerima senjata emas dan gading bertema Mesir yang dibuat oleh pengikut Khonsu, termasuk bolas, panah emas berbentuk scarab, bumerang gading, besi lempar, lasso-grapple berbentuk kapak, dan senjata tumpul berbentuk ankh emas yang bersinar di hadapan bahaya. Barang-barang ini kemudian diganti dengan senjata duplikat yang dirancang oleh Hawkeye.

9. Sering dibandingkan dengan Batman

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!Moon Knight (dok. Marvel Studio/Moon Knight)

Charlie Huston, seorang penulis yang menulis ulang Moon Knight pada 2006 menjawab kritik bahwa Moon Knight sama dengan Batman. Moon Knight dan Batman (Dark Knight) keduanya kaya, manusia normal yang memerangi kejahatan dengan keterampilan detektif, menutupi identitas, mempunyai orang kepercayaan, dan dilengkapi gadget berteknologi tinggi.

Huston mengatakan bahwa kedua karakter tersebut memiliki kesamaan, tetapi punya motif yang berbeda. Batman dimotivasi oleh balas dendam atas kematian orang tuanya, sedangkan Marc Spector percaya bahwa dirinya adalah manifestasi dari Khonsu itu sendiri. Ia menggunakan kekuatan barunya untuk memberantas pelaku kejahatan.

Huston juga menjelaskan karakter Marc Spencer yang memiliki DID adalah gejala dari hubungan psikisnya dengan dewa Khonsu, bukan gangguan kepribadian pada umumnya. 

9. Soundtrack Moon Knight diisi rapper Kid Cudi

10 Hal Menarik dari Serial Moon Knight, Fans Marvel Harus Tahu!Kid Cudi (musictimes.com)

Dilansir Music Times, lagu yang ditampilkan dalam trailer Moon Knight adalah remix dari salah satu lagu Kid Cudi berjudul "Day 'N' Nite."

"Day 'N' Nite" sebenarnya sample song yang ada pada mixtape Kid Cudi pada 2008, A Kid Named Cudi. "Day 'N' Nite" juga menjadi single utama di album studio debutnya, Man on the Moon: The End of Day pada 2009.

Lagu yang ditulis dan diproduksi bersama Kid Cudi dan produser Dot da Genius ini digunakan secara singkat di trailer. Lagu tersebut terpotong di trailer untuk hanya menampilkan lirik "day and night" dan "now hold the phone" untuk menggambarkan adegan Marc mendapat sebuah panggilan telepon.

10. Tayang di Disney+ pada 30 Maret 2022

https://www.youtube.com/embed/x7Krla_UxRg

Marvel telah mengumumkan bahwa Moon Knight akan tayang di Disney+ yakni pada 30 Maret 2022 mendatang. Dilansir Slash Film, musim pertama Moon Knight akan memiliki enam episode, masing-masing antara 40-50 menit. Presiden Marvel Studios, Kevin Feige, juga mengonfirmasi bahwa Moon Knight akan muncul di film MCU selanjutnya.

Pencinta Marvel garis keras gak boleh sampai melewatkan aksi superhero terbari MCU ini. Moon Knight bakal memberikan warna baru dalam MCU. Catat tanggalnya dan jangan sampai terlewatkan, ya!

Baca Juga: Belum Jodoh, 10 Aktris Ini Gagal Dapatkan Peran Captain Marvel

Aliya Photo Writer Aliya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya