Comscore Tracker

Bak Teman Pengertian, BTS dan 9 Musisi ini Suarakan Kesehatan Mental

Coba denger deh, kamu tidak akan merasa sendirian lagi

Mengapa anak muda zaman sekarang rentan terkena gangguan kesehatan mental? Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kurangnya kesadaran akan kesehatan mental, lingkungan dan teman yang kurang suportif, dan juga paradigma masyarakat yang membuat seseorang ketakutan untuk membicarakan masalah yang dialami.

Saat ini kampanye kesadaran kesehatan mental sudah banyak dilakukan oleh berbagai elemen dengan berbagai media. Salah satunya adalah para penyanyi dan musisi yang menggunakan karya musik mereka sebagai media untuk menyuarakan pentingnya kesehatan mental.

Musik tentunya merupakan media yang sangat akrab dengan anak muda dan dapat dengan mudah dipahami oleh berbagai kalangan

Bak Teman Pengertian, BTS dan 9 Musisi ini Suarakan Kesehatan MentalTwitter.com/BigHitEnt

Lewat musiknya, penyanyi dan musisi mencoba untuk memberi tahu hal-hal terkait dengan kesehatan mental, seperti pentingnya mencintai dan menghargai diri sendiri, berfikir posistif meskipun sedang dalam kondisi yang terpuruk, sampai tentang gangguan mental yang pernah mereka alami dan bagaimana mereka melewati itu semua. Lewat musik dan lirik lagunya, 10 penyanyi dan musisi ini berusaha memberi energi positif dan dukungan bagi siapapun yang sedang berjuang dalam hidupnya dan untuk menyebarkan pentingnya kesadaran akan kesehatan mental bagi diri sendiri dan juga orang lain. Yuk, baca ada siapa aja!

1. Lewis Capaldi

https://www.youtube.com/embed/QpljgJPFWl8

"So before you go, was there something I could've said to make your heart beat better. If only i'd have known you had a storm to weather"

Lewis capaldi yang lahir di Britania Raya pada 7 Oktober 1996, sukses merilis album debutnya yang berjudul Divinely Uninspired to a Hellish Extent dengan single hits Someone You Loved dan Before You Go. Jika sekilas mendengarkan dan melihat video musiknya, lagu ini terlihat seperti menceritakan tentang pasangan yang diambang perpisahan.

Namun ternyata lagu Before You Go mempunyai makna penting yang mendalam bagi Lewis. Before You Go sebenarnya menceritakan tentang Lewis dan keluarga saat kehilangan salah satu anggota keluarganya yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia Lewis menulis "sebelum kamu pergi, apakah ada perkataanku yang pernah membuat hatimu merasa lebih baik?"

Dalam lagu ini, Lewis mencoba untuk mengekspresikan perasaan atau pikiran seseorang setelah orang terdekatnya melakukan tindakan bunuh diri. Orang-orang mulai merasa bersalah karena tidak tahu lebih awal bahwa orang yterdekatnya sedang mengalami kesulitan dan mulai berpikir seperti apakah ada sesuatu yang pernah aku lakukan untuk menolongnya?

2. BTS

https://www.youtube.com/embed/cJv3YLxZ2wk

"I know that youre hesitating because even if you speak your true heart,
it all comes back as scars
I wont say obvious things like cheer up,
but Ill just listen to your story, listen"

BTS merupakan boy grup Korea Selatan yang tidak melulu mencipatkan lagu bertema percintaan tetapi berani mengangkat isu-isu yang tidak biasa dalam lagu-lagunya, seperti masalah anak sekolah, masalah sosial, dan juga masalah psikologis. Pada tahun 2017 BTS digandeng oleh UNICEF dalam kampanye LOVE MYSELF #ENDVIOLENCE untuk mempromosikan gerakan untuk memberantas bullying dan tindak kekerasan lain terhadap anak. Lagu magic shop merupakan lagu BTS yang resmi dipersembahkan untuk fansnya, ARMY. Lirik lagu dengan kalimat-kalimat positif dan juga mudah dipahami.

Magic Shop sendiri terinsipirasi dari buku Into The Magic Shop yang dibaca member BTS, Jungkook. Magic shop  disini sama sekali tidak berhubungan dengan magis atau toko sulap, tetapi sebuah teknik psychodramatic yang dapat membantu seorang individu mengenali konsep diri dan mengubah pikiran atau kenangan buruk menjadi sesuatu yang indah dan bermanfaat.

Dalam lagu ini, BTS mengerti bahwa saat seseorang berusaha mengungkapkan masalahnya, ia juga ketakutan. Orang tersebut tidak membutuhkan pepatah-pepatahmu, tapi butuh untuk didengarkan dengan baik dan juga dimengerti. Grup yang sudah mendunia ini juga meyakinkan ARMY bahwa merekalah yang membantu para member mencintai dan memahami diri sendiri. BTS berhasil mendapatkan hal yang terbaik berkat ARMY, maka yakinlah ARMY juga pasti bisa memberikan yang terbaik bagi diri mereka sendiri. 

Banyak lagu BTS yang mengangkat isu psikologis, diantaranya adalah Answer, 2!3!, Sea, Make It Right, Jamais Vu, dan Ephiphany.

3. Lauv

https://www.youtube.com/embed/Klsi8CbSm8Y

"I don't wanna be sad forever
I don't wanna go one more day
I just wanna wake up and realize
Everything's gonna be okay"

Lauv akan merilis album debutnya pada 6 Maret 2020 dengan judul ~how am i feeling~ . Album ini sangat unik dan membuat banyak fans penasaran. Ada beberapa lagu bertemakan kesehatan mental yang sudah dirilis sebelumnya.

Sad Forever perdana dinyanyikan oleh Lauv pada konsernya di Filipina. Lagu ini ia buat saat sedang dalam kondisi terburuknya akibat OCD dan depresi yang ia alami. Lauv berbagi bagaimana ia menghadapi semuanya dan mengatakan bahwa mencari bantuan adalah sesuatu yang amat dibutuhkan.
Lauv menyadari bahwa penyakit mental adalah sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata. Lagu ini menceritakan tentang bagaimana seseorang ingin lepas dari segala kesedihan dan kesulitan akibat depresi.

Seluruh hasil dari lagu Sad Forever didonasikan kepada organisasi kesehatan mental yang bergerak dalam menghapus stigma tentang mental illness

Selain Sad Forever, Lauv juga membuka laman mybluethoughts.world sebagai tempat untuk orang-orang dari berbagai penjuru dunia menceritakan segala pikirannya. Dari laman tersebut, Lauv membuat lagu Superhero yang terinspirasi dari salah satu cerita pengirim.

Lauv juga membuat serial pendek "One Man Boyband" yang menceritakan tentang dirinya yang mencoba berdamai dengan berbagai warna dari dirinya sendiri.

4. NIve

https://www.youtube.com/embed/wR8fqPA4RsY

"Yeah I wanna look you in the eyes
Oh I am sitting right in front of you
And all I wanna do is listen
This love is all I really want to share"

Nive, sebelumnya dikenal dengan nama Jisoo Park merupakan solois kelahiran Korea Selatan yang sekarang tinggal di Los Angeles. Ia merupakan solois, penulis lagu, produser dan bisa memainkan banyak alat musik. Ia pernah berkolaborasi dengan penyanyi asal Indonesia yaitu Hanin Dhiya.

Nive menciptakan lagu-lagu dengan lirik yang positif tentang kehidupan. Lewat lagu Liberated, Nive ingin memberikan harapan dan motivasi bagi para pendengarnya. Ia mengungkapkan bahwa tidak apa-apa saat kamu tidak baik-baik saja, mencari bantuan dari orang lain bukanlah bentuk dari kelemahan.

Selain Liberated, Nive memiliki single Who I Am tentang menemukan jati diri dan Tired tentang

5. Jeremy Zucker

https://www.youtube.com/embed/uKxWP56VStM

" cause all the kids are depressed. Nothing ever make sense.I'm not feeling alright. Staying up till sunrise"

Lagu ini dipersembahkan oleh Jeremy untuk mewakili suara orang-orang yang sedang berjuang menghadapi masalah mentalnya. Dalam video musik all the kids are depressed ia mengajak beberapa orang yang masing-masing mempunyai pengalaman berbeda dengan depresi dan juga bagaimana mereka dapat melewatinya. Jeremy bekerja sama dengan Crisis Line Text. Jeremy mengerti bahwa masalah kesehatan mental, terutama depresi masih mendapat stigma sosial yang buruk dari masyarakat sehingga orang tersebut kesulitan untuk mendapat pertolongan.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental, Sudah Tahu? 

6. YOUNHA ft RM BTS

https://www.youtube.com/embed/lZumx70VjU4

"They say life is full of paradox
All you gotta do is gettin used to this marathon
Do you think the world is harsh on you only?
Everyone has it hard
To the grown up you
Those words cant be your consolation"

Younha adalah solois dari Korea Selatan. Pada awal 2020, ia merilis album baru UNSTABLE MINDSET. Dalam single Winter Flower, ia berkolaborasi dengan Kim Nam Joon alias RM BTS. Winter Flower merupakan sebuah lagu tentang kesehatan mental, perjuangan, dan bagaimana mencari kenyamanan. 

Bercerita tentang seseorang yang akan terus berada disisinya sampai ia bisa melewati masalahnya, tentang saat keadaan sulit kebanyakan orang berkata "kamu pikir dunia hanya kejam padamua? semua orang juga kesulitan"  sama sekali tidak menghiburmu.
Mungkin kita juga tidak sadar saat seseorang sedang menceritakan masalahnya, kita malah membandingkannya dengan masalah sendiri. Tindakan itu mungkin saja dapat membuat seseorang merasa telah membebani orang lain, padahal ia hanya ingin menungkapkan masalahnya.

Winter flower juga memotivasi pendengarnya bahwa setelah musim salju yang amat dingin akan ada musim yang lebih hangat, artinya setelah semua rintangan ada sesuatu yang baik menunggumu disana, kamu akan mekar dengan indah seperti bunga.

7. Anson Seabra

https://www.youtube.com/embed/6jJD_bXymR0

"I'm just a boy with his heart pouring out of his head
I wish that you could see the pain that ive seen and
All of the time i spent being not me and
I hope you know its not always happy in my head"

Anson Seabra lahir pada 25 Agustus 1994. Ia merilis lagu Robin Hood pada tahun 2018. Kemudian pada tahun 2019, Anson merilis lagu tentang kesehatan mental yang berjudul Trying My Best. Melalui lagu ini, Anson Seabra berusaha menyampaikan bahwa semua orang mencoba yang terbaik untuk menghadapi masalah hidupnya. Dalam video musik ini, menampilkan sejumlah orang dengan masalahnya masing-masing, mulai dari sakit kronis, korban bullying, dan gangguan mental lain. Mereka semua mencoba melakukan yang terbaik agar bisa berdamai dengan masalah mereka.

8. Paul Kim

https://www.youtube.com/embed/8WM1s1iJNwI

"Hidden all these things inside me
The young boy speaks to me
Tell me that it has been so long
Honestly
Honestly i was in a lot of pain"

Paul kim yang bernama asli Kim Tae-Hyeong adalah solois Korea Selatan. Ia sering mengisi sonudtrack-soundtrack darama korea, salah satunya adalah lagu So Long yang menjadi soundtrack drama korea Hote Del Luna.

Sementara lagu Dear Me berisi tentang seseorang yang menyimpan semuanya sendirian dan dalam waktu yang sangat lama. Saat seorang teman menanyakan kabarmu, kamu akan senang dan ingin bercerita. Namun akhirnya kamu hanya bisa memendamnya sendiri. Lagu ini menyampaikan bahwa rasa sakit yang terus menerus dipendam akan semakin membesar dan akan sangat menyakitimu.

Cobalah untuk menyembuhkannya dan lebih menyanyangi diri sendiri.

9. Jack Garrat

https://www.youtube.com/embed/QqhvAM7vRlw

"Lover, if you only knew
The times that train has fooled me too
And tears me from a place I know
It helps me to surprise myself
You know you can surprise yourself
So let go and surprise yourself"

Sudah nonton film Me Before You? Kalau sudah pasti tahu lagu ini dong! Surprise Yourself adalah lagu OST Me Before You. Jack Garrat merilis lagu Surprise Yourself pada 2016, lagu ini berisi tentang penghargaan diri atau apresiasi pada dir sendiri yang sudah berusaha untuk berjuang.

Dalam video musik ini, Garrat dan tim mengajak beberapa orang untuk menghadapi ketakutan terbesarnya. Lagu ini berusaha memotivasi para pendengarnya untuk lebih memerhatikan dan mengapresiasi diri sendiri.

10. The Script

https://www.youtube.com/embed/oVSHtf2Tb-E

“ How can you love
If you dont love yourself
If you dont love yourself
You can love no one else"

If You Don't Love Yourself rilis pada November 2019, pada lagu kali ini The Scipt memotivasi pendengar untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Dalam lagu ini, The Script menulis bahwa saat kamu tidak mencintai diri sendiri, kamu tidak bisa mencintai yang lain. So, meskipun sulit cobalah untuk mencintai dirimu sendiri.

Saat seseorang sedang berjuang menghadapi masalahnya, ia perlu sosok teman yang bisa mengerti keadaanya. Jika kamu atau orang yang kamu kenal terindikasi mengalami gangguan mental, jangan takut untuk mencari bantuan pada ahlinya, ya! Kamu harus tahu bahwa setiap orang punya peran yang berharga untuk dunia ini, termasuk kamu!

Itulah 10 penyanyi dan musisi yang bisa mengerti tentang kondisi kamu terkait kesehatan mental. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi teman yang menghibur!

Baca Juga: 7 Musisi Korea Ini Tunjukkan Kepedulian Kesehatan Mental Lewat Musik

Alya Nur Azizah Photo Writer Alya Nur Azizah

Stars aren't the only thing that shines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya