Comscore Tracker

7 Animator Jepang Ini Hasilkan Banyak Anime Legendaris

Bakat dan kerja keras mereka patut dicontoh #IDNTimesHype

Dunia animasi Jepang atau disebut juga anime, saat ini bukan lagi hal baru di dunia hiburan, bahkan sejak tahun 2000-an anime sudah menjadi tontonan mengasyikkan untuk kalangan anak-anak maupun remaja. Lalu, seiring berjalannya waktu, anime pun bertransformasi dan menghasilkan banyak variasi yang tidak hanya menghibur tapi sarat akan pesan moral.

Dibalik anime-anime populer dan fenomenal yang pernah ada tentu dibutuhkan animator yang andal dalam proses pembuatannya. Nah, berikut ini ada tujuh nama besar animator jepang yang berhasil menciptakan anime legendaris.

1. Makoto Shinkai

7 Animator Jepang Ini Hasilkan Banyak Anime LegendarisMakoto Shinkai (younghollywood.com)

Lahir sebagai nama Makoto Niitsu, Makoto Shinkai merupakan animator yang telah lama terjun ke dalam dunia animasi Jepang. Namanya pun semakin banyak dikenal masyarakat internasional berkat karya-karyanya yang terbilang fenomenal.

Banyak mengangkat kisah fiksi-romantis nan menyentuh menjadikan anime karya Makoto Shinkai diminati oleh banyak kalangan termasuk remaja. Adapun anime yang dihasilkan oleh Makoto Shinkai adalah Your Name, Five Centimeters per Second, She and Her Cat, The Garden of Words dan yang terbaru adalah Weathering with You pada tahun 2019 kemarin.

2. Hayao Miyazaki

7 Animator Jepang Ini Hasilkan Banyak Anime LegendarisHayao Miyazaki (indiewire.com)

Menjadi seorang animator, mangaka, dan juga penulis menjadikan seorang Hayao Miyazaki sebagai salah satu animator senior yang diakui dan dijadikan panutan oleh banyak kalangan di bidang tersebut. Hayao Miyazaki ini juga merupakan salah satu pendiri sebuah studio animasi terkenal yakni Studio Ghibli. 

Lewat studio yang dirintisnya ini, Hayao Miyazaki mampu melahirkan banyak anime legendaris, sebut saja My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Kiki's Delivery Service, Howl's Moving Castle serta Sprited Away yang bahkan memenangkan penghargaan Academy Award sebagai animasi terbaik pada tahun 2003 silam.

3. Isao Takahata

7 Animator Jepang Ini Hasilkan Banyak Anime LegendarisIsao Takahata (theculturetrip.com)

Bersama Hayao Miyazaki, Isao Takahata juga merupakan pendiri dari studio Ghibli. Menjadi partner sejak lama Isao Takahata pun tak kalah hebatnya dari Hayao Miyazaki, ia juga bahkan pernah memenangkan Academy Award kategori Film Animasi Terbaik lewat anime The Tale of The Princess Kaguya pada tahun 2015 kemarin.

Anime terkenal dan menyentuh Grave of the Fireflies pun merupakan salah satu hasil karya Isao Takahata, begitu pun dengan anime Pom Poko, Only Yesterday, The Great Adventure of Horus dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: [Eksklusif] Paulie Alam, Animator Soul: Indonesia Selalu Ada di Diriku

4. Satoshi Kon

7 Animator Jepang Ini Hasilkan Banyak Anime LegendarisSatoshi Kon (imdb.com)

Buat kamu pencinta anime bergenre dark seperti Mysteri, Thriller dan Mental Illness, karya Satoshi Kon tak boleh kamu lewatkan. Tidak hanya bertema dark, di setiap cerita kamu akan disuguhkan banyak kejutan-kejutan. Nah, hal seperti itulah yang biasanya bakal buat kamu lebih tertantang untuk menikmati setiap adegan yang bahkan tak jarang buat kamu terkagum-kagum di akhir cerita.

Tokyo Godfathers adalah salah satu anime Satohi Kon yang banyak meraih penghargaan salah satunya Catalonian International Film Festival sebagai Best Animated Featured Film pada tahun 2003. Selain itu ada Paprika, Perfect Blue dan Paranoia Agent yang juga menjadi hasil karya Satoshi Kon yang legendaris.

5. Katsuhiro Otomo

7 Animator Jepang Ini Hasilkan Banyak Anime LegendarisKatsuhiro Otomo (imdb.com)

Pria kelahiran 14 April 1953 ini adalah seorang mangaka dan animator  yang dikenal berkat karyanya yang berjudul Akira. Akira sendiri ialah serial manga yang dibuat oleh Katsuhiro Otomo pada tahun 1982 dan diadaptasi dalam bentuk anime pada tahun 1988. Anime yang juga disutradarai oleh Kuatsuhiro Otomo sendiri ini adalah anime dengan biaya termahal di masanya yakni dengan anggaran sebesar 1,1 Milyar Yen.

Menampilkan latar belakang kota-kota metropolitan Jepang, selain Akira, ada pula Neo Tokyo, Memories, Steamboy dan Short Peace yang merupakan hasil karya Katsuhiro Otomo.

6. Yamauchi Shigeyasu

7 Animator Jepang Ini Hasilkan Banyak Anime LegendarisShigeyasu Yamauchi (themoviedb.org)

Siapa nih yang nggak kenal sama anime legendaris Dragon Ball? Pasti deh anime ini adalah tontonan wajib kamu semasa kecil. Nah, animator dari Dragon Ball ini ialah Yamauchi Shigeyasu. Selain itu, Yamauchi Shigeyasu pun adalah orang dibalik anime fenomenal Hana Yori Dango atau dikenal pula dengan judul Boys Over Flower yang mana telah diadaptasi menjadi drama serta di-remake di beberapa negara

7. Momura Hosoda

7 Animator Jepang Ini Hasilkan Banyak Anime LegendarisMomura Hosoda (otakumode.com)

Momura Hosoda adalah animator yang pernah bekerja di bawah naungan Studio Ghibli, Toei Animation dan Madhouse. Namun, pada tahun 2011 akhirnya Mmomura Hosoda memutuskan untuk membuat studio animasinya sendiri yang diberi nama Studio Chizu.

Pada tahun 2012 Momura Hosoda kemudian merilis anime berjudul Wolf Children, The Boy and The Beast dan Mirai. Lalu pada tahun 2019 anime karya Momura Hosoda masuk nominasi Academy Award untuk Best Animated Feature.

Animator Jepang legendaris bahkan tak sedikit dari mereka berhasil menembus penghargaan internasional seperti Academy Award. Selain itu, melalui karya-karyanya mereka mampu mengispirasi banyak orang. Ayo berkarya, kamu pun dapat menginspirasi dan menjadi agen perubahan lewat karyamu.

Baca Juga: Kiprah 5 Srikandi Animator Indonesia di Film Mancanegara

Allamandawi Photo Verified Writer Allamandawi

Artikel lainnya dari kami dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya