Comscore Tracker

Hanya 5 Wanita Ini yang Raih Nominasi Oscars untuk Sutradara Terbaik

Sekian banyak film hanya ada 5 wanita?

Oscars atau disebut juga Academy Award merupakan salah satu ajang penghargaan bagi mereka yang bergelut di dunia perfilman dunia. Ada banyak kategori pada penghargaan ini, salah satunya Best Director atau Sutradara Terbaik. 

Sepanjang sejarah Academy Award yang dimulai sejak tahun 1928, hanya ada 5 sutradara wanita yang berhasil masuk nominasi kategori Sutradara Terbaik. 

Siapa saja sutradara wanita yang pernah masuk nominasi Academy Award? Berikut jawabannya.

1. Lina Wertmuller (1977)

Hanya 5 Wanita Ini yang Raih Nominasi Oscars untuk Sutradara Terbaikhollywoodreporter.com

Lina Wertmuller adalah seorang sutradara asal Italia yang masuk nominasi Oscars kategori Sutradara Terbaik untuk film Seven Beauties. Wanita kelahiran 14 Agustus 1928 ini menjadi sutradara wanita pertama yang masuk nominasi Oscars lho. 

Selain Seven Beauties, The Seduction of Mimi dan Swept Away juga merupakan film hasil garapan Lina Wertmuller.

2. Jane Compion (1994)

Hanya 5 Wanita Ini yang Raih Nominasi Oscars untuk Sutradara Terbaiksensesofcinema.com

Melalui film The Piano yang dirilis tahun 1993, Jane Compion berhasil masuk Nominasi Oscars Kategori Sutradara TerbaikSelain film The Pioano, sutradara kelahiran Selandia Baru ini juga mendapatkan banyak penghargaan untuk film-film yg disutradarainya seperti film berjudul Sweetie yang berhasil meraih penghargaan American Independant Spirit Award for Best Foreign Feature, Australian Critics Award for Best Film dan masih banyak lainnya.

3. Sofia Coppola (2004)

Hanya 5 Wanita Ini yang Raih Nominasi Oscars untuk Sutradara Terbaikvogue.com

Wanita cantik kelahiran 14 Mei 1971 ini merupakan sutradara wanita ketiga yang mampu masuk nominasi Oscars kategori Sutradara Terbaik. Sofia Coppola masuk nominasi tersebut pada tahun 2010 lewat film berjudul Lost in Translation. Setelah tahun itu, Sofia Coppola berhasil menyutradarai beberapa film termasuk Somewhere tahun 2010, The Bling Ring tahun 2013 dan yang terbaru adalah On The Rocks yang akan dirilis tahun 2020 ini.

Baca Juga: 7 Sutradara yang Membuat Film Terbaiknya di Tahun 2019, Siapa Saja?

4. Kathryn Bigelow (2010)

Hanya 5 Wanita Ini yang Raih Nominasi Oscars untuk Sutradara Terbaikbusinessinsider.com

Kathryn Bigelow adalah sutradara wanita keempat yang masuk nomiasi Oscars kategori Sutradara Terbaik sekaligus menjadi sutradara wanita pertama yang memenangkan Oscars pada nominasi tersebut.  The Hurt Locker adalah film garapan Kathryn Bigelow yang mampu membawanya keluar sebagai pemenang Sutradara Terbaik pada Oscars tahun 2010.

5. Greta Gerwig (2018)

Hanya 5 Wanita Ini yang Raih Nominasi Oscars untuk Sutradara Terbaikcheatsheet.com

Lady Bird adalah film yang disutradarai oleh Greta Gerwig pada tahun 2017. Melalui film ini Greta berhasil masuk nominasi Oscars kategori Sutradara Terbaik dan nominasi Oscars kategori Naskah Asli Terbaik. Selain itu, Greta Gerwig juga merupakan sutradara film Little Woman yang masuk nominasi Oscars kategori Film Terbaik tahun 2020 ini.

Bagaimana menurut kamu wanita di atas? Sangat menginspirasi, bukan? Ayo, waktunya kamu juga ikut berkarya sesuai minatmu.

Baca Juga: 10 Sutradara Sukses yang Awali Karier Lewat Film Alternatif, Cerdas!

Amanda Pratiwi Photo Verified Writer Amanda Pratiwi

Be the best version of you || Ig: 16098k

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya