Comscore Tracker

BTS dan 4 Grup Musik Paling Digemari di Indonesia Versi Spotify 2019

Percaya deh, satu dari lima daftar ini pasti idolamu juga

Spotify merupakan salah satu platform musik online terbesar dengan suguhan musik dari beragam genre. Sepanjang tahun, penggemar musik Indonesia telah memutar beragam lagu, artis, playlist, serta podcast yang tak terhitung jumlahnya. 

Time flies, kita sudah hampir sampai di penghujung tahun 2019, berdasarkan data yang dirilis oleh tim Spotify beberapa waktu lalu. Melalui rangkaian peluncuran Spotify Wrapped, berikut ini daftar lima grup musik yang paling digemari pencinta musik Indonesia. Mulai dari genre KPop, musik pop dan indie dalam negeri, hingga grup pop rock asal Negeri Paman Sam. 

Penasaran siapa saja? berikut ini IDN Times sajikan ulasan lengkapnya. 

1. BTS

BTS dan 4 Grup Musik Paling Digemari di Indonesia Versi Spotify 2019twitter.com/TIME

BTS menjadi grup di urutan pertama yang paling banyak diputar pencinta musik Indonesia selama dua tahun belakangan ini. Karya-karya RM cs diputar sebanyak kurang lebih tiga miliar kali di seluruh dunia sepanjang 2019. Khususnya untuk lagu Boy With Luv juga menjadi Lagu KPop yang paling banyak diputar secara global di sepanjang 2019. Well, good job, ARMY!

2. BLACKPINK

BTS dan 4 Grup Musik Paling Digemari di Indonesia Versi Spotify 2019instagram.com/blackpinkofficial

Jika boy group dirajai BTS, maka girl group ada BLACKPINK. Pesona grup yang terdiri dari Rose, Jennie, Lisa, dan Jisoo ini menjadi perbincangan sepanjang tahun. Setelah berhasil merajai streaming di YouTube, mereka kembali konsisten menjadi primadona selama 2018 hingga 2019 ini. Kekuatan BLINK gak kalah tangguhnya nih dari ARMY. 

3. Sheila On 7

BTS dan 4 Grup Musik Paling Digemari di Indonesia Versi Spotify 2019instagram.com/sheilaon7

Walau tak mengeluarkan karya terbaru, namun Sheila on 7 memang tak pernah hilang dari daftar grup musik yang paling banyak didengarkan di Spotify. Meski banyak muncul musisi-musisi baru, namun Duta, Eros, Brian, dan Adam nampaknya tak tergantikan deh.

Menariknya lagi, lagu-lagu mereka yang meraih jutaan pendengar di Spotify justru berasal dari single-single lama seperti Dan, Seberapa Pantas, dan Hari Bersamanya. Terbukti bahwa selera musik dalam negeri tak banyak berubah walau lebih dari satu dekade. 

4. Maroon 5

BTS dan 4 Grup Musik Paling Digemari di Indonesia Versi Spotify 2019twitter.com/maroon5

Nama besar Maroon 5 tentu tak diragukan lagi. Lagu-lagu romantis dengan lirik yang ngena ke hati jadi kekuatan besar grup asal Amerika Serikat tersebut. Tahun ini penggemar kembali mendapatkan kabar bahagia dengan hadirnya album baru mereka. Single Memories yang baru rilis satu bulan yang lalu justru telah didengarkan 275 juta kali di Spotify. 

5. Fourtwnty

BTS dan 4 Grup Musik Paling Digemari di Indonesia Versi Spotify 2019Dok. Spotify

Setahun yang lalu Fourtwnty menjadi grup musik dalam negeri yang banyak didengarkan lewat lagunya berjudul Zona Nyaman. Yups, single yang mengisi film Filosofi Kopi 2 tersebut menjadi karya yang paling dicintai dari Ari, Roots, dan Nuwi. Tahun ini tak banyak berubah, grup musik indie ini masih sangat dicintai dan meraih angka streaming yang membanggakan. 

Nah, itu tadi deretan musisi yang mengisi daftar populer Spotify sepanjang 2019. Dijamin satu di antaranya pasti musisi favoritmu deh, atau bahkan semuanya?

Baca Juga: ILY 3000 Stephanie Poetri dan 8 Lagu Paling Digemari di Spotify 2019

Topic:

  • Rosita A.
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya