Comscore Tracker

9 Lagu BTS yang Berisi Kritik Sosial, Nyentil Banget!

Nampol banget kritiknya nih!

Musik adalah bahasa universal yang mampu menyatukan setiap orang. Musik bahkan menjadi ajang mengekpresikan diri hingga menyuarakan pendapat. Banyak musisi yang mengangkat isu-isu sosial dan tak melulu hura-hura dan percintaan.

Salah satu musisi yang mengangkat isu sosial dalam karya mereka adalah BTS. Dari awal debut hingga kini, BTS selalu menyematkan isu sosial dalam lagu-lagunya. Di bawah ini adalah lagu-lagu BTS yang berisi kritikan sosial yang wajib banget kamu denger nih, chingu! Yuk langsung scroll ke bawah!

1. Silver Spoon / Baepsae / Try Hard

https://www.youtube.com/embed/V1i_x2_TGE0

Lagu yang juga memiliki nama lain Baepsae ini mengkritik kehidupan sosial. Silver spoon mengangkat isu remaja yang saat ini memilih menyerah atas kehidupan mereka bahkan mimpi mereka. BTS juga mengajak remaja saat ini untuk survive menghadapi tantangan di era mereka dengan menjadi diri sendiri dan melakukan hal yang anti mainstream.

Dalam lagu ini BTS juga menyentil tentang silver spoon, yang mana merupakan perumpamaan bagi orang-orang yang terlahir pas-pasan. Lewat lagu ini BTS mengajak kaum silver spoon mengejar kaum gold spoon dengan usaha dan kerja keras.

BTS juga mengangkat isu sosial lain seperti penindasan senioritas, upah kerja paruh waktu yang tidak adil, perundungan dan kekerasan. Nampar banget deh lagu ini!

"At my part time job, it’s “all for experience”. At school, there’s the teachers. My superiors use violence. In the media they go on about “the generation that’s given up.”

2. N.O

https://www.youtube.com/embed/mmgxPLLLyVo

Lagu yang sangat sesuai dengan para pelajar ini mengkritisi sistem pendidikan saat ini. BTS mengangkat isu pendidikan dimana para orang tua memaksa anaknya untuk belajar, belajar, belajar.

Orang tua mendoktrin anaknya bahwa pendidikan bisa memberikan harta benda. Orang tua menjadikan anak mesin belajar tanpa henti. Lewat lagu ini BTS mengajak para pelajar untuk menggebrak doktrin ini dan mengubah paradigma pendidikan yang tidak benar selama ini.

"Who is the one who made us into study machines? It's either number one or a failure. They trap us in borders, the adults. There’s no choice but to consent, even if we think simply, it’s the survival of the fittest."

3. Pied Piper

https://www.youtube.com/embed/9m2Ozq_1-jY

Fenomena sosial yang kini sedang marak terjadi, pemujaan pada para idola sehingga melupakan segalanya. Hal ini tergambar jelas pada lagu Pied Piper dimana BTS menekankan pada fansnya agar tetap hidup di dunia nyata dan tetap berkarya.

Lewat lagu ini BTS mengajak fansnya untuk tetap fokus belajar, bekerja, dan berkarya. BTS mengingatkan para fansnya untuk membagi waktu antara dunia fan girling dan kehidupan sosialnya yang nyata. Lagu ini menjadi sentilan keras bagi para fans, terutama fans BTS tentunya.

"Now stop watching and study for your test. Your parents and boss hate me. Video clips, pictures, tweets, V app, Bon Voyage. I know, you can’t help what you like, but stop, interpret the music video later. You have so many pictures of me in your room anyway. It’s not just one hour, it’s a whole year that’ll disappear."

Baca Juga: Jadi Boyband Favorit Dunia, Ini 5 Lagu BTS Paling Legendaris

4. Am I Wrong

https://www.youtube.com/embed/M2YBm6cKAQ8

RM BTS mengatakan bahwa lagu ini mengangkat kisah cinta dimana, sepasang kekasih mencari tahu siapa yang membuat kesalahan dalam hubungan.

Namun ada pula yang berpendapat bahwa lagu ini menyentil isu politik Korea Selatan yang sedang memanas karena pernyataan salah satu tokoh politiknya. Lagu ini seperti mengajak anak muda untuk tidak apatis dan lebih melek terhadap sekeliling termasuk isu politik.

"Fish live in all our hearts. Its name is selfish, selfish. We’re all dogs, pigs, become dogs because we’re angry. Stork VS crow-tit warring errday. Crazy world (yeah), makes us crazy (yeah). That’s right we’re all crazy. All right now give a shout. MAYDAY MAYDAY."

5. No more Dream

https://www.youtube.com/embed/rBG5L7UsUxA

Lagu debut BTS ini juga menyentil permasalahan yang hampir dirasakan semua orang terlebih anak muda. Kita selalu ketakutan mewujudkan mimpi kita, pertanyaan seperti apakah ini akan berhasil? Apakah langkah ini sudah benar? Selalu muncul di benak kita.

Orang disekeliling kita juga terkadang tidak mempercayai mimpi kita dan menyuruh kita untuk mengikuti kebiasaan yang ada di lingkungan kita. Memilih pekerjaan mentereng idaman orang tua seperti PNS misalnya, bisa didapatkan asalkan kita bersekolah dan berpendidikan tinggi.

Lewat lagu No More Dream ini kita diajak kembali memikirkan mimpi dan keinginan kita tanpa intervensi dari lingkungan kita. Kita diajak untuk bangun dan mewujudkannya.

"Boring same day, every day repeats. Adults and parents tell us the same dream. Future job number one, public officials? It's not a forced dream, a relief pitcher."

6. Spine Breaker

https://www.youtube.com/embed/klDj_wqaNO8

Lagu catchy ini menyentil anak muda abad 21 dimana mereka merasa semakin percaya diri ketika mengenakan barang mahal dan mewah. Mengikuti tren dan kekinian adalah sebuah harga mati untuk menunjang popularitas.

Dengan alasan tekanan lingkungan dan teman sebaya, anak muda masa kini memeras orang uang orang tua mereka untuk memenuhi gaya hidup hedonisme mereka.

Spine Breaker mengajak anak muda untuk melepaskan tekanan itu dan untuk bersikap dewasa dengan berempati terhadap kerja keras orang tua memenuhi kebutuhan kita selama ini. Lagu yang benar-benar menggambarkan realitas anak muda saat ini deh, chingu!

"(Ayo baby) stop being so immature. You won’t freeze just because you don’t have that jacket. Fill your head with good sense before it’s too late, I'm out."

8. The Last

https://www.youtube.com/embed/DB_AP7DLQ0w

Meski masuk dalam mixtape Suga, lagu yang satu ini juga menyatakan dengan gamblang isu kesehatan mental yang mungkin masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Gangguan mental seperti depresi, fobia sosial, hingga OCD, disebutkan dalam lagu ini.

Seperti yang kita tahu Suga BTS sempat mengalami gangguan mental sebelum debut. Lewat lagu ini kita bisa mencontoh Suga untuk lebih terbuka mengenai isu ini. Siapapun bisa mengalami gangguan mental termasuk idol sekalipun.

Kita lebih aware dan peduli dengan masalah sosial yang hingga kini masih dianggap aib dan harus disembunyikan. Padahal menyembunyikan gangguan mental dan tidak mencari solusi dan pengobatan sangat berbahaya lho!

"On the other side of the famous idol rapper. Stands my weak self, it’s quite dangerous. Depression, OCD, they keep coming back again from time to time."

9. Epiphany

https://www.youtube.com/embed/fIkZOLsnoqY

Lagu solo Jin BTS dalam album Love Yourself Answer ini mengangkat isu kesehatan mental, dimana di era ini banyak individu yang belum mencintai diri sendiri dan memperlakukannya dengan baik. Hal ini semakin terasa di era digital dimana kita semakin tinggi memasang ekspetasi karena melihat orang lain dan lupa menerima dan mencintai diri.

Padahal mencintai diri sendiri dengan benar merupakan pencegahan gangguan mental lho. BTS mengangkat isu yang belum pernah diangkat oleh boyband lain.

"I’m the one I should love in this world. Shining me, precious soul of mine. I finally realized so I love me. Not so perfect but so beautiful. I’m the one I should love."

Favoritmu mana nih, chingu? Share pendapatmu di kolom komentar yuk!

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, 5 Lagu BTS Ini Paling Cocok untuk Intropeksi Diri

Annisa Marifah Photo Verified Writer Annisa Marifah

Reach me out on Twitter @marifah_annisa let's be mutuals!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You