Comscore Tracker

5 Manga Captain Tsubasa Ini Jauh Lebih Seru Dibandingkan Animenya

Perjalanan Tsubasa menembus level sepakbola dunia!

Kalian pasti tidak asing lagi mendengar nama Captain Tsubasa. Tokoh anime yang terkenal karena keahliannya mengolah kulit bundar ini memang cukup ikonik baik di Jepang maupun di Indonesia. Hampir setiap empat tahun sekali, anime ini ditayangkan secara rutin di stasiun televisi nasional kita dalam rangka memeriahkan perhelatan Piala Dunia. Sayangnya serial Captain Tsubasa yang sering kita tonton selalu mengulang-ulang versi originalnya, sampai-sampai kita hafal betul alur cerita Tsubasa sejak menjadi siswa pindahan di SD Nankatsu sampai menjuarai turnamen sepakbola antar SMA tingkat nasional.

Mayoritas penggemar anime di Indonesia tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya petualangan Tsubasa tidak berhenti sampai di situ. Kisah Tsubasa Ozora yang berteman dengan bola itu masih terus berlanjut bahkan sampai hari ini. Hanya saja, mereka tidak punya kesempatan untuk menontonnya di depan layar televisi, karena memang Yoichi Takahashi lebih memilih untuk meneruskannya di manga. Oleh karena itu, kami telah merangkum 5 manga Captain Tsubasa dengan alur cerita yang jauh lebih seru dibandingkan yang pernah kamu tonton di anime. Selamat menikmati ulasan kami.

1. Captain Tsubasa World Youth

5 Manga Captain Tsubasa Ini Jauh Lebih Seru Dibandingkan Animenyamangadex.org

Captain Tsubasa World Youth adalah sekuel langsung dari Captain Tsubasa versi original. Menceritakan petualangan Tsubasa yang pergi meninggalkan Jepang karena mengikuti saran Roberto Hongo untuk menimba ilmu di Brazil. Bergabung dengan Sao Paulo yang merupakan klub profesional Liga Brazil, Tsubasa harus berhadapan dengan pesepakbola jenius yang dijuluki sebagai Soccer Cyborg yaitu Carlos Santana.

Pertemuan Tsubasa dengan Santana di Brazil seolah sudah ditakdirkan, karena keduanya sama-sama mewakili negaranya dalam ajang World Youth Cup. Namun, perjuangan Japan Youth untuk lolos kualifikasi sama sekali tidak mudah. Banyak konflik yang terjadi di dalam skuad Jepang, terutama setelah Minato Gamo mengusir Hyuga dkk dari daftar pelatnas. Jepang harus terus menang meski tidak diperkuat oleh tujuh pemain andalannya. Kemampuan Tsubasa dalam memimpin Japan Youth kali ini benar-benar sedang diuji.

2. Captain Tsubasa Road to 2002

5 Manga Captain Tsubasa Ini Jauh Lebih Seru Dibandingkan Animenyamangadex.org

Setelah menjuarai World Youth Cup bersama Japan Youth, Tsubasa memutuskan untuk hijrah dari Brazil ke Eropa. Negara yang dituju Tsubasa adalah Spanyol dengan kompetisi sepakbola papan atasnya yaitu La Liga. Di Spanyol, Tsubasa berlabuh ke klub Barcelona, namun keputusan pelatih Barcelona membuat Tsubasa tidak mendapatkan tempat di skuat utama. Sadar bahwa skillnya belum cukup mumpuni, Tsubasa menjawab tantangan pelatih dengan bermain di tim cadangan yaitu Barcelona B.

Selain Tsubasa, beberapa punggawa timnas Jepang juga memulai karir sepak bolanya di Eropa. Sebut saja Hyuga yang berlabuh di klub Italia yaitu Juventus, sebelum kemudian dipinjamkan ke Reggina. Kemudian Aoi Shingo yang membela Inter Milan Junior dan memulai debut profesionalnya bersama Albese. Genzo Wakabayashi yang setelah lulus SMA langsung menjadi kiper utama di klub Jerman Hamburg. Sedangkan Misaki, Misugi dan rekan timnas Tsubasa yang lain memutuskan untuk melanjutkan karir profesionalnya dengan bergabung bersama klub sepakbola di kompetisi J-League.

Baca Juga: Dibuat Remake, Ini 7 Hal yang Bikin Kangen sama Kapten Tsubasa Jadul

3. Captain Tsubasa Golden-23

5 Manga Captain Tsubasa Ini Jauh Lebih Seru Dibandingkan Animenyamangadex.org

Captain Tsubasa Golden-23 menceritakan Tsubasa dan timnas U-22 Jepang yang berjuang untuk mendapatkan slot tersisa di babak kualifikasi Olimpiade Madrid. Menariknya, pelatih yang dipilih untuk menahkodai timnas U-22 Jepang adalah Kozo Kira, mantan pelatih Hyuga sewaktu di Meiwa. Pada awal pembentukan tim, pelatih Kira memanggil kembali punggawa Real Japan untuk mengikuti tahapan seleksi bersaing dengan Misaki dkk.

Selain itu duo pemain futsal Furukawa dan Izami juga diberikan kesempatan untuk mempertunjukkan kebolehannya mengolah kulit bundar. Di bawah kendali pelatih Kira, timnas U-22 Jepang sering melakukan uji coba formasi yang cukup mengejutkan, salah satunya yaitu memainkan Wakashimazu yang merupakan seorang kiper sebagai penyerang utama.

Pelatih Kira menuai kontroversi karena keputusan beraninya tidak memanggil Tsubasa, Hyuga dan Aoi Shingo yang sedang berkompetisi di Eropa ke dalam skuad timnas U-22 Jepang selama babak kualifikasi. Mampukah skuad Jepang menembus panggung utama Olimpiade Madrid? sedangkan di fase eliminasi Asia lawan tangguh seperti Australia dan Arab Saudi sudah menunggu mereka.

4. Captain Tsubasa Kaigai Gekito Hen

5 Manga Captain Tsubasa Ini Jauh Lebih Seru Dibandingkan Animenyamangadex.org

Captain Tsubasa Kaigai Gekito Hen sejatinya adalah cerita sampingan dari Golden-23. Di saat timnas U-22 Jepang tengah berjuang menembus babak kualifikasi Olimpiade Madrid, manga ini lebih berfokus pada kiprah empat pemain Jepang yang sedang berlaga di liga top Eropa. Tsubasa yang berhasil masuk skuad inti Barcelona akan menghadapi laga akbar bertajuk El Clasico melawan Real Madrid yang diperkuat Natureza.

Memenangkan El Clasico adalah harga mati bagi Tsubasa, sekaligus sebagai ajang pembuktian bahwa dirinya pantas menyandang gelar pemain terbaik La Liga. Sedangkan di Italia pun tak kalah seru, Hyuga yang membela Reggina mau tak mau harus berhadapan dengan Albese yang diperkuat oleh Aoi Shingo rekan satu timnya di Japan Youth dalam laga play-off yang sangat menentukan.

5. Captain Tsubasa Rising Sun

5 Manga Captain Tsubasa Ini Jauh Lebih Seru Dibandingkan Animenyamangadex.org

Captain Tsubasa Rising Sun adalah manga Captain Tsubasa yang paling terkini. Rising Sun merupakan kelanjutan cerita dari Golden-23, dimana timnas U-22 Jepang berhasil lolos ke babak utama Olimpiade Madrid. Skuad Jepang kini tampil dengan kekuatan penuh setelah kehadiran pemain yang merumput di luar negeri seperti Tsubasa, Hyuga dan Aoi Shingo.

Sedangkan Akai yang membela Sampdoria tidak bisa bergabung karena mengalami cedera parah ketika berlaga di Serie A. Hasil undian fase grup sudah diumumkan, Jepang berada satu grup dengan tim-tim kuat juara dunia seperti Belanda, Argentina dan Nigeria. Tsubasa juga bertemu dengan pesepakbola jenius baru yang mengalahkan Natureza di Real Madrid, dia adalah Michael dari timnas Spanyol. Mampukah Tsubasa dan timnas U-22 Jepang mewujudkan mimpi mereka yakni meraih medali emas cabang olahraga sepakbola di Olimpiade Madrid? Kalian bisa nantikan bagaimana kelanjutan aksi sang bintang lapangan hanya di manga Captain Tsubasa Rising Sun.

Itulah 5 manga Captain Tsubasa dengan alur cerita yang jauh lebih seru dibandingkan animenya. Bagaimana menurut pendapat kalian? ternyata nggak membosankan seperti yang kalian duga selama ini. Buat kalian yang setelah membaca ulasan ini menjadi tertarik untuk mengikuti kelanjutan kisah Tsubasa dkk, bisa mulai mencicil dari sekarang agar tidak jauh ketinggalan.

Baca Juga: 8 Anime Sepak Bola yang Gak Kalah Keren dari Captain Tsubasa

Ardyansah Azis Photo Writer Ardyansah Azis

Compulsive, Neurotic, Anti-Social, Manic-Depressive, Paranoid, But Basically Happy.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya