Comscore Tracker

5 Film Berdurasi 3 Jam yang Bakal Mengaduk Emosi

Seperti Endgame, film-film ini pun bikin emosi naik-turun

Film terakhir dari Marvel Cinematic Universe (MCU), Avengers: Endgame (2019) baru saja dirilis secara serentak di Indonesia pada 24 April 2019. Seluruh bioskop di Tanah Air beramai-ramai menayangkannya. Bahkan ada satu franchise bioskop yang menawarkan jam tayang 24 jam dari pukul 05.00 pagi di tanggal 24 sampai pukul 2.00 pagi keesokan harinya.

Tidak seperti kebanyakan film-film lain dari MCU yang berdurasi sekitar 2 jam, Endgame yang menjadi film ke-22 di MCU ini disajikan dalam waktu 181 menit alias 3 jam 1 menit. Durasi tersebut terbilang cukup lama, tetapi menurut beberapa orang yang telah menonton di hari pertama, waktu 3 jam terasa tidak lama karena filmnya mampu mengaduk-aduk emosi penonton dengan sangat baik. Penonton dibawa menangi, tertawa, sampai berteriak ketika ada adegan-adegan "WOW" yang muncul.

Buat kamu yang tidak mempermasalahkan durasi film dan suka dengan film yang mengaduk-aduk emosi, 5 film berdurasi sekitar 3 jam ini mungkin bakal cocok untuk kamu tonton juga. Berikut daftarnya.

1. Schindler's List (1993)

https://www.youtube.com/embed/gG22XNhtnoY

Sutradara: Steven Spielberg

Pemeran: Liam Neeson, Ben Kingsley, Ralph Fiennes, dll

Durasi: 195 menit

IMDB: 8.9

Rotten Tomatoes: 97%

Film hasil adaptasi dari novel berjudul Schindler's Ark karya novelis Australia, Thomas Keneally ini merupakan salah satu film terbaik di tahun 1993. Film ini menceritakan tentang kisah hidup seorang pebisnis Jerman, Oskar Schindler (Neeson), yang menyelamatkan nyawa ribuan pengungsi Yahudi-Polandia dari Holocaust dengan mempekerjakannya di perusahaan miliknya.

Film yang hampir semuanya disajikan dalam balutan warna hitam-putih ini mengaduk emosi para penonton dengan musik yang menyayat hati serta adegan-adegan yang menyesakkan dada. Penonton akan dibuat menangis, kesal, dan mungkin marah karena melihat adegan-adegan di film ini.

2. Titanic (1997)

https://www.youtube.com/embed/tXbGHqiAmME

Sutradara: James Cameron

Pemeran: Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, Billy Zane, dll

Durasi: 195 menit

IMDB: 7.8

Rotten Tomatoes: 89%

Titanic menjadi salah satu film paling terkenal di seluruh dunia. Film ini menceritakan kisah cinta dua orang kekasih, Jack (DiCaprio) dan Rose (Winslet), yang berasal dari kelas sosial yang berbeda yang dipertemukan di kapal Titanic, kapal uap besar yang digadang-gadang tidak dapat tenggelam tetapi akhirnya mengalami nasib naas karena menabrak gunung es pada pelayaran perdananya.

Kisah cinta keduanya yang penuh dengan perjuangan, intrik, dan drama membuat emosi penonton terombang-ambing seperti sebuah sekoci di lautan lepas.

Baca Juga: 7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjang

3. The Green Mile (1999)

https://www.youtube.com/embed/Ki4haFrqSrw

Sutradara: Frank Darabont

Pemeran: Tom Hanks, David Morse, Michael Clarke Duncan, dll

Durasi: 189 menit

IMDB: 8.6

Rotten Tomatoes: 79%

Film fantasi kriminal ini diadaptasi dari novel tahun 1996 berjudul sama karya Stephen King. Film ini menceritakan kisah seorang kepala kepolisian, Paul Edgecomb (Hanks) serta drama yang terjadi di dalam penjara yang ia kepalai. Edgecomb dipertemukan dengan John Coffey (Duncan), seorang pria kulit hitam yang didakwa membunuh dan memperkosa dua orang gadis kecil berkulit putih.

Drama yang terjadi antara Coffey dengan petugas kepolisian, rekan-rekannya di penjara, serta dengan Edgecomb membuat film berdurasi 3 jam ini tetap nyaman untuk dinikmati. Dari film ini kita belajar bahwa kita memang sebaiknya tidak menilai seseorang hanya dari tampilan luarnya saja.

4. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

https://www.youtube.com/embed/r5X-hFf6Bwo

Sutradara: Peter Jackson

Pemeran: Elijah Wood, Ian McKellen, Viggo Mortensen, dll

Durasi: 201 menit

IMDB: 8.9

Rotten Tomatoes: 93%

Film ini merupakan film ketiga dari trilogi The Lord of the Rings. Film ini menceritakan tentang petualangan Frodo Baggins (Wood) dan Samwise Gamgee (Sean Astin) untuk menghancurkan One Ring, cincin yang punya kekuatan jahat.

Karena merupakan bagian dari trilogi, penonton disarankan untuk menonton dua film sebelumnya, yakni The Lord of the Ring: The Fellowship of the Ring (2001) serta The Lord of the Rings: The Two Towers (2002) yang masing-masing berdurasi 178 serta 180 menit.

5. Avatar (2009)

https://www.youtube.com/embed/6ziBFh3V1aM

Sutradara: James Cameron

Pemeran: Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, dll

Durasi: 161 menit

IMDB: 7.8

Rotten Tomatoes: 82%

Film ini menjadi film kedua James Cameron dalam daftar ini. Film fiksi ilmiah ini sudah mulai dikerjakan oleh Cameron dari tahun 1994 dan rencananya akan mulai diproduksi setelah ia menyelesaikan Titanic (1997). Namun, karena teknologi pada masa itu belum cukup memadai untuk memvisualisasikan idenya tersebut, maka Cameron memutuskan untuk menunda pembuatannya.

Film yang ber-setting di abad ke-22 ini menceritakan tentang manusia yang mengkoloni Pandora, sebuah bulan yang dapat dihuni dari salah satu planet gas di sistem bintang Alpha Centauri. Di sana, manusia berusaha menambang suatu mineral yang disebut unobtainium. Penambangan tersebut mengancam nasib suku Na'vi, penduduk asli di Pandora. Perseteruan pun terjadi di antara orang-orang yang ingin melindungi suku Na'vi dengan orang-orang yang tetap ingin meneruskan kegiatan penambangan tersebut.

Itulah lima film berdurasi sekitar 3 jam yang bakal mengaduk emosimu. Kamu sudah nonton yang mana saja?

Baca Juga: Buka Cuma Avenger, Ini 6 Film Hollywood  Wajib Kamu Tonton Bulan Ini

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You