Comscore Tracker

5 Anime Terbaik yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental

Mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan mental!

Sudah menjadi fakta bahwa anime adalah media yang dapat membahas topik apa saja, termasuk masalah yang sangat kompleks seperti masalah kesehatan mental. Meskipun hal ini sudah menjadi masalah yang dihadapi oleh banyak orang, namun tidak semua orang atau media ingin membahas isu kesehatan mental.

Meskipun sangat jarang ada anime yang mengangkat tema tentang mental illness, namun kelima anime di bawah ini bersedia untuk membahas isu kesehatan mental, mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan mental. Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. March Comes in Like a Lion

https://www.youtube.com/embed/ZL5nnx4vd7k

March Comes in Like a Lion berfokus pada Rei Kiriyama, seorang remaja yang sangat mahir dalam bermain shogi. Meskipun kemampuan Rei diakui oleh banyak orang, namun Rei tidak terlalu menikmati permainan yang ia kuasai. Bahkan, Rei hampir tidak pernah merasa bahagia dalam seumur hidupnya.

Sebagian besar masalah Rei berasal dari ayah angkatnya, di mana ayah angkatnya hanya peduli dengan keterampilan Rei dalam bermain shogi. Obsesi ayah angkat Rei juga membuat dirinya mengabaikan anak-anak kandungnya. Hal ini membuat saudara angkat Rei merasa cemburu, sehingga mereka mengatakan bahwa Rei hanya dilahirkan untuk membebani orang lain.

Hal tersebut hanyalah sebagian kecil dari masalah yang dihadapi oleh Rei. Sebagian besar March Comes in Like a Lion berfokus pada masalah kesehatan mental yang dialami oleh Rei.

2. Orange

https://www.youtube.com/embed/kVDqRG0qbBs

Kakeru Naruse dihantui oleh rasa bersalah atas kematian ibunya, sehingga dirinya juga ingin mengakhiri hidupnya. Sebelumnya, ibu Kakeru memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya, sehingga ia harus selalu bergantung kepada Kakeru dalam mengatasi masalah kesehatan mentalnya.

Meskipun Kakeru ingin membantu ibunya, namun di sisi lain, Kakeru ingin hidup normal seperti remaja pada umumnya. Hingga saat Kakeru mulai memprioritaskan kehidupannya sendiri, ibu Kakeru memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Sejak saat itu, Kakeru tidak berhenti merasa bersalah, sehingga dirinya juga ingin mengakhiri hidupnya sendiri.

Beruntungnya, Kakeru berhasil diselamatkan oleh sahabat-sahabatnya yang sangat menyayanginya. Anime ini mengajarkan bahwa persahabatan dan cinta dapat menyelamatkan seseorang dari masalah kesehatan mentalnya.

3. Welcome to the NHK

https://www.youtube.com/embed/QYLsjJ8RThQ

Welcome to the NHK berfokus pada Tatsuhiro Satou, seorang pemuda yang memiliki masalah dalam berinteraksi dengan orang lain. Daripada memiliki kehidupan sosial seperti manusia pada umumnya, Satou lebih memilih untuk mengisolasi dirinya sendiri di kamarnya, dan hanya keluar dari kamarnya untuk membeli makanan di toko serba ada.

Sementara itu, Satou percaya bahwa NHK, saluran televisi nasional, dengan sengaja membuat para remaja seusianya ketergantungan terhadap anime dan video game. Hingga suatu hari, hidupnya mulai berubah setelah Misaki Nakahara hadir untuk membantunya.

Baca Juga: Anime Komedi hingga Aksi, Ini 5 Anime Terbaik di 2020

4. Neon Genesis Evangelion

https://www.youtube.com/embed/13nSISwxrY4

Sekilas, Neon Genesis Evangelion terlihat seperti anime mecha yang berfokus pada pertarungan melawan alien dengan menggunakan robot raksasa. Namun, siapa saja yang sudah menonton anime ini mengetahui bahwa tema utama anime ini adalah masalah kesehatan mental.

Anime ini berfokus pada Shinji Ikari, seorang anak yang memiliki beberapa penyakit mental. Shinji menganggap bahwa hidupnya sama sekali tidak berharga. Di satu sisi, Shinji menolak untuk berbaur dengan orang-orang karena dirinya takut terluka. Namun, di sisi lain, Shinji juga merasa kesepian dan membutuhkan seseorang yang dapat membantunya dalam mengatasi semua masalah kesehatan mentalnya.

5. Violet Evergarden

https://www.youtube.com/embed/LFVKmVTAHpk

Violet Evergarden adalah seorang gadis yang dibesarkan sebagai seorang prajurit. Dibesarkan di medan perang membuat Violet tidak tahu apa-apa tentang emosi manusia. Violet sudah mendedikasikan hidupnya untuk mematuhi semua perintah komandannya.

Setelah perang usai, Violet kebingungan dengan apa yang harus ia lakukan. Untuk membantunya dalam memahami emosi manusia, Claudia Hodgins pun memutuskan untuk merekrutnya sebagai penulis surat untuk orang lain. Hingga akhirnya, Violet pun menemukan tujuan hidup, di mana dirinya ingin lebih memahami emosi manusia.

Itulah lima anime yang mengangkat isu kesehatan mental. Semoga kelima anime di atas dapat memotivasi kamu untuk hidup lebih baik, ya!

Baca Juga: 5 Anime yang Wajib Kamu Tonton Jika Kamu Suka Anime Gurren Lagann

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya