Comscore Tracker

Mengedukasi, 5 Anime Mirip Dr. Stone yang Wajib Kamu Tonton

Nonton anime sambil belajar! #IDNTimesHype

Pertama kali dirilis pada 2019 lalu, Dr. Stone menceritakan tentang dunia yang mengalami pembatuan, di mana seluruh makhluk hidup di Bumi berubah menjadi batu. Anime ini berfokus pada Senku Ishigami, seorang ilmuwan muda yang kembali hidup setelah 3000 tahun menjadi batu.

Bersama teman-temannya dan pengetahuannya terhadap ilmu sains, Senku berusaha untuk mengembalikan peradaban manusia sebelum Bumi mengalami pembatuan. Selain menghibur, Dr. Stone juga merupakan tayangan yang mengedukasi, di mana anime ini memberikan banyak pengetahuan mengenai ilmu sains kepada penontonnya.

Nah, jika kamu sedang mencari anime yang penuh dengan edukasi seperti Dr. Stone, berikut ini adalah lima anime mirip Dr. Stone yang wajib kamu tonton. Simak ulasan berikut.

1. 7 Seeds

https://www.youtube.com/embed/XRZvxqPO9sE

Sama seperti Dr. Stone, 7 Seeds berlatarkan di Bumi setelah mengalami bencana besar. Anime ini berfokus pada sekelompok pria dan wanita yang dikirim ke masa depan untuk menyelamatkan dunia. Diprediksi bahwa dunia akan mengalami kehancuran setelah sebuah meteorit raksasa menabrak Bumi.

Untuk mengantisipasi musnahnya umat manusia, pemerintah mengirim para pria dan wanita ini ke masa depan untuk meneruskan peradaban manusia setelah dunia mengalami kehancuran. Di sana, mereka dihadapkan dengan dunia yang benar-benar baru, di mana bahaya selalu mengintai mereka kapan saja dan di mana saja.

2. Cells at Work!

https://www.youtube.com/embed/jPUMb4Yj_wQ

Disebut sebagai anime paling mengedukasi, Cells at Work! menceritakan tentang keseharian para sel yang bekerja dalam tubuh manusia. Anime ini berfokus pada Sekkekkyuu AE3803, sel darah merah yang setiap hari bekerja untuk mengantarkan oksigen, dan juga Hakkekkyuu U-1146, sel darah putih yang setiap hari bekerja untuk membasmi bakteri jahat.

Setiap hari, mereka bekerja keras untuk membuat tubuh manusia tetap sehat. Sama seperti Dr. Stone, Cells at Work! juga merupakan tayangan yang sangat mengedukasi, di mana anime ini memberikan banyak pengetahuan tentang anatomi tubuh manusia.

3. Ascendance of a Bookworm

https://www.youtube.com/embed/Wo28IopG2WE

Sama seperti Dr. Stone, Ascendance of a Bookworm juga berfokus pada protagonis utama yang dilemparkan ke dunia yang sangat berbeda dengan dunia sebelumnya. Selain itu, Ascendance of a Bookworm juga merupakan tayangan yang memberikan penontonnya banyak ilmu pengetahuan.

Anime ini menceritakan tentang Urano Motosu, seorang kutu buku yang bekerja sebagai pustakawan. Setelah meninggal karena kecelakaan, di detik-detik terakhirnya, Urano berharap bahwa dirinya dapat direinkarnasi di dunia yang dipenuhi dengan buku.

Alih-alih direinkarnasi di dunia yang dipenuhi dengan buku, Urano malah direinkarnasi di dunia yang hampir tidak mengenal buku. Tak putus harapan, Urano yang kini dikenal dengan Myne, berusaha untuk mengembalikan buku-buku yang pernah ia baca di kehidupan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Anime yang Wajib Kamu Tonton Jika Kamu Suka Anime Gurren Lagann

4. Astra Lost in Space

https://www.youtube.com/embed/_vfN190quJI

Astra Lost in Space adalah anime fiksi ilmiah yang berlatarkan di 2063, di mana di tahun tersebut, perjalanan ke luar angkasa adalah hal yang sangat umum. Anime ini berfokus pada sekelompok remaja yang dikirim ke sebuah kamp luar angkasa. Namun, setibanya di sana, mereka tiba-tiba terseret sejauh 5012 tahun cahaya dari rumah mereka.

Mereka pun berusaha untuk menemukan jalan untuk pulang, sambil mencari tahu penyebab dari kecelakaan tersebut. Sama seperti Dr. Stone, Astra Lost in Space juga menceritakan tentang sekelompok remaja yang mencoba untuk bertahan hidup di tempat yang sangat berbeda, dan tampak tidak mungkin untuk dihuni.

5. Moyashimon

https://www.youtube.com/embed/BgoVXfhY_Rs

Moyashimon berfokus pada seorang mahasiswa pertanian bernama Tadayasu Sawaki yang memiliki kemampuan aneh, di mana dirinya dapat berkomunikasi dengan bakteri dan organisme mikroskopis lainnya. Meskipun kemampuan ini sangat membantunya belajar di sekolah, namun terkadang, kemampuan ini menempatkan Tadayasu dalam situasi yang sulit.

Meskipun Moyashimon tidak berlatarkan di dunia yang hancur setelah mengalami bencana besar, namun Moyashimon memberikan banyak edukasi kepada penontonnya, sama seperti yang dilakukan oleh seri Dr. Stone.

Seri anime Dr. Stone memang sangat layak untuk disaksikan. Karena selain memberikan tayangan yang menghibur, namun anime ini juga memberikan banyak ilmu pengetahuan di setiap episodenya. Jika kamu tertarik dengan anime seperti Dr. Stone, maka kelima anime di atas adalah deretan anime yang wajib kamu tonton.

Baca Juga: Anime Komedi hingga Aksi, Ini 5 Anime Terbaik di 2020

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya