Comscore Tracker

5 Anime Mirip Neon Genesis Evangelion yang Wajib Kamu Tonton

Penggemar Neon Genesis Evangelion pasti suka! #IDNTimesHype

Diproduksi oleh studio Gainax, Neon Genesis Evangelion pertama kali dirilis pada 1995. Sejak saat itu, Neon Genesis Evangelion langsung menjadi hit besar dan hingga saat ini. Evangelion sudah memengaruhi banyak anime populer.

Neon Genesis Evangelion sendiri menceritakan tentang Shinji Ikari yang dipaksa menjadi pilot Evangelion untuk menyelamatkan dunia. Meskipun sangat populer di eranya, Evangelion menjadi seri yang kontroversial karena menyajikan cerita yang terlalu gelap.

Nah, jika kamu adalah penggemar Neon Genesis Evangelion, berikut ini adalah lima rekomendasi anime yang mungkin kamu akan suka. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Serial Experiments Lain

https://www.youtube.com/embed/t5y4nQ5Y1V8

Dirilis juga pada era 90-an, Serial Experiments Lain menceritakan tentang seorang gadis bernama Lain yang terseret ke dalam dunia Wired atau apa yang saat ini dikenal dengan internet. Di sana, setiap keputusan Lain akan sangat mempengaruhi dunia Wired dan dunia nyata.

Jika kamu menyukai Evangelion karena jalan ceritanya yang kompleks, Serial Experiments Lain adalah anime yang direkomendasikan untuk kamu. Seperti Evangelion, seri ini juga akan menuntut kamu untuk berpikir agar mengerti jalan ceritanya. Selain itu, kedua anime ini juga sama-sama berfokus pada kondisi psikologis karakter utamanya.

2. Gurren Lagann

https://www.youtube.com/embed/rAQylCHv8Cw

Gurren Lagann berfokus pada Simon dan Kamina, dua remaja yang tinggal di bawah tanah. Hingga suatu hari, keduanya memulai petualangan di permukaan setelah mereka menemukan robot raksasa yang dikenal dengan Lagann.

Gurren Lagann dan Neon Genesis Evangelion adalah dua seri terpopuler karya studio Gainax. Keduanya juga merupakan anime mecha yang menceritakan karakter utama yang harus melawan musuh yang mengancam keselamatan dunia dengan menggunakan robot raksasa.

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Tidak Dapat Mengendalikan Kekuatannya

3. RahXephon

https://www.youtube.com/embed/tCq0IDSfO8M

Juga berlatarkan di 2015, RahXephon menceritakan tentang seorang remaja bernama Ayato Kamina yang harus menjadi pilot dari robot raksasa untuk menyelamatkan dunia. RahXephon memiliki banyak kesamaan dengan Neon Genesis Evangelion sehingga banyak yang menyebut bahwa RahXephon menjiplak Evangelion.

Meskipun begitu, RahXephon tetap memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki oleh Evangelion, seperti romansa dan perjalanan waktu. Selain itu, RahXephon juga memiliki akhir yang jauh lebih jelas ketimbang ending dalam seri Neon Genesis Evangelion.

4. Akira

https://www.youtube.com/embed/ooKBenGK3R4

Berlatarkan di 2021 setelah Perang Dunia III, Akira berfokus pada seorang remaja bernama Tetsuo. Tetsuo sendiri adalah anggota geng motor yang secara tidak sengaja melihat proyek rahasia pemerintah dan kemudian dijadikan sebagai tikus percobaan oleh pemerintah.

Sama seperti Neon Genesis Evangelion, Akira juga memiliki tema post-apocalyptic yang sangat kental. Kedua seri ini juga sama-sama berlatarkan di Bumi yang sedang berada di ambang kehancuran. Selain itu, Akira dan Evangelion juga memiliki animasi yang cukup baik untuk anime era 80-an dan 90-an.

5. Puella Magi Madoka Magica

https://www.youtube.com/embed/6CTHwEZK2JA

Sebelumnya, kehidupan gadis menggemaskan Madoka Kaname dan Sayaka Miki berjalan biasa saja. Hingga suatu hari, kehidupan mereka berubah setelah mereka menerima tawaran Kyuubey untuk menjadi gadis penyihir. Madoka dan Sayaka kemudian menyadari bahwa menjadi gadis penyihir tidak seindah apa yang dibayangkan.

Puella Magi Madoka Magica dan Neon Genesis Evangelion memang memiliki cerita yang cukup jauh berbeda. Evangelion sama sekali tidak memiliki elemen penyihir. Namun, kedua seri ini memiliki konsep yang sama-sama gelap di mana sang karakter utama dipaksa untuk bertarung melawan makhluk asing yang sangat kuat dan menyeramkan.

Itulah lima anime mirip Neon Genesis Evangelion yang wajib kamu tonton. Jadi, dari kelima anime di atas, anime yang mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu?

Baca Juga: Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik 

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

死ぬ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya