Comscore Tracker

7 Anime Shonen dengan Arc Turnamen Terbaik, Epik!

Kompetitif dan menegangkan!

Arc turnamen disebut sebagai arc yang paling menarik karena selain dapat menjadi ajang untuk memamerkan kekuatan para karakter utama, arc ini juga dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan karakter-karakter baru kepada penggemar.

Sangat diminati oleh penggemar anime shonen, arc turnamen sudah menjadi suatu hal yang wajib dihadirkan dalam sebuah seri shonen. Kali ini penulis sudah merangkum tujuh anime shonen dengan arc turnamen terbaik. Penasaran apa saja animenya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Yu Yu Hakusho

https://www.youtube.com/embed/AtjinyUUh6w

Meskipun Yu Yu Hakusho adalah seri shonen yang cukup jadul, seri ini masih cukup diminati oleh para penggemar anime shonen. Yu Yu Hakusho berfokus pada seorang remaja bernama Yusuke Urameshi yang menjadi detektif di dunia roh setelah dirinya meninggal saat menyelamatkan seorang anak kecil.

Arc Turnamen Kegelapan dalam seri Yu Yu Hakusho masih menjadi arc turnamen terbaik yang pernah ada dalam sejarah anime. Meskipun turnamen ini memiliki hadiah yang sangat menggiurkan, yakni satu dari permintaan setiap anggota tim pemenang akan dikabulkan, tidak semua peserta datang untuk hadiah tersebut. Bahkan, salah satu di antaranya mencoba membuka gerbang iblis melalui turnamen ini.

2. Naruto

https://www.youtube.com/embed/-G9BqkgZXRA

Pertama kali dirilis pada 2002 oleh Studio Pierrot, Naruto sudah diakui sebagai anime shonen terbaik yang pernah ada. Anime ini mengikuti seorang anak pembuat onar bernama Naruto yang bercita-cita untuk menjadi seorang Hokage di desanya.

Sebelum seri ini mengalami time skip dan beralih ke Shippuden, puncak dari seri Naruto pertama terdapat pada arc Ujian Chunin. Arc ini mengumpulkan hampir semua Genin di semua desa shinobi untuk diuji apakah mereka layak untuk menjadi seorang Chunin.

Ada beberapa rintangan yang sediakan dalam ujian ini, mulai dari ujian mental, bertahan hidup, hingga mempertemukan para Genin dalam pertarungan satu lawan satu. Arc ini semakin menegangkan ketika Orochimaru dan Sunagakure mulai menyabotase ujian, sementara Gaara kehilangan kendali dan berusaha untuk membunuh Sasuke.

3. Jujutsu Kaisen

https://www.youtube.com/embed/YKJyP8L6QEs

Pertama kali dirilis pada akhir 2020 lalu, Jujutsu Kaisen sudah menjadi anime yang sangat populer hanya setelah beberapa episode seri ini dirilis. Anime ini berfokus pada Yuji Itadori, seorang remaja yang menjadi penyihir Jujutsu untuk menetapi janjinya kepada kakeknya yang baru saja meninggal.

Meskipun baru memiliki satu musim dengan total 24 episode, Jujutsu Kaisen sudah memiliki arc turnamen yang sangat epik, yaitu arc Pertemuan Sekolah Jujutsu Kyoto. Turnamen ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk mempertemukan siswa sekolah Jujutsu di Kyoto dan Tokyo dalam pertarungan yang intens.

Sama seperti arc Ujian Chunin dalam seri Naruto, hal tak terduga juga terjadi di pertengahan arc Pertemuan Sekolah Jujutsu Kyoto, yakni Hanami tiba-tiba muncul dan menyabotase turnamen. Beruntungnya, Hanami berhasil dikalahkan berkat kerja sama yang luar biasa antara Yuji dan Todo.

Baca Juga: 5 Karakter Terlucu dalam Anime Jujutsu Kaisen

4. Dragon Ball

https://www.youtube.com/embed/DyRF0oTcORg

Merupakan salah satu seri shonen terbesar, Dragon Ball sudah dikenal sebagai anime martial arts terbaik yang pernah ada. Sebagai seri yang mengangkat tema seni bela diri, Dragon Ball memiliki beberapa arc turnamen yang epik, seperti Turnamen Seni Bela Diri Dunia pada seri awal Dragon Ball dan Turnamen Kekuatan pada Dragon Ball Super.

Sementara Turnamen Bela Diri Dunia hanya mengumpulkan petarung-petarung terbaik di dunia, Turnamen Kekuatan mengumpulkan semua petarung terkuat di alam semesta. Dalam Turnamen Kekuatan, para petarung dengan kekuatan dewa dikumpulkan untuk dipertemukan dalam pertarungan satu lawan satu. Turnamen ini diselenggarakan oleh Zeno dan Future Zeno untuk menentukan alam semesta mana yang paling lemah dan layak untuk dihapuskan.

5. My Hero Academia

https://www.youtube.com/embed/wIb3nnOeves

Merupakan salah satu anime shonen terpopuler saat ini, My Hero Academia menceritakan Midoriya Izuku yang bersekolah di sekolah pahlawan Yuei untuk mengejar cita-citanya menjadi pahlawan nomor satu seperti All Might.

Salah satu arc terbaik dalam seri ini adalah arc Festival Olahraga Yuei yang terjadi pada awal musim kedua seri ini. Festival Olahraga Yuei adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk menguji kemampuan para calon pahlawan di Yuei.

Dalam festival ini, murid-murid Yuei dikumpulkan untuk mengikuti pertandingan kompetitif yang menegangkan. Puncak festival ini terdapat pada pertandingan terakhir, yakni para peserta yang lolos dipertemukan dalam pertarungan satu lawan satu.

6. Hunter x Hunter

https://www.youtube.com/embed/d6kBeJjTGnY

Ditulis dan diilustrasikan oleh mangaka yang juga menciptakan Yu Yu Hakusho, Yoshihiro Togashi, Hunter x Hunter adalah seri shonen yang mengikuti petualangan Gon yang menjadi seorang hunter untuk bertemu dengan ayahnya, Ging Freecss.

Meskipun mungkin semua penggemar Hunter x Hunter setuju bahwa arc Chimera Ant adalah puncak dari seri ini, arc Arena Surga adalah arc yang tidak dapat dilewatkan. Arena Surga menjadi arc pertama yang memperkenalkan Nen kepada penggemar.

Setelah berhasil membawa kembali Killua, Gon dan Killua berpartisipasi dalam Arena Surga untuk mengasah kemampuan mereka dan Gon dapat membayar utangnya kepada Hisoka. Di sana mereka bertemu dengan Wing yang kemudian mengajari Gon dan Killua bagaimana cara untuk menggunakan Nen.

Namun, belum juga Gon memiliki kekuatan yang matang, Gon sudah bertemu dengan Hisoka. Meskipun Gon berhasil dikalahkan oleh Hisoka, setidaknya Gon berhasil membayar utangnya dengan memberikan pukulan keras di wajah Hisoka.

7. Black Clover

https://www.youtube.com/embed/MH4pWlX4LqI

Pertama kali dirilis pada 2017 oleh Studio Pierrot, Black Clover berfokus pada perjalanan Asta, seorang anak yang tidak memiliki sihir, namun berambisi untuk menjadi Kaisar Sihir. Sebagai salah satu anime shonen terbaik, Black Clover memiliki banyak arc yang epik, salah satunya adalah arc Ujian Seleksi Kesatria Kerajaan.

Ujian ini diselenggarakan untuk menyeleksi siapa saja Kesatria Sihir yang layak untuk menjadi anggota Kesatria Kerajaan, kelompok yang secara langsung melayani sang Raja Clover. Sekilas, turnamen ini terlihat seperti permainan tower defense yang objektifnya bukanlah mengalahkan musuh dengan kekerasan, melainkan menghancurkan kristal yang dijaga oleh musuhnya.

Sebagai salah satu arc turnamen terbaik, ada beberapa adegan epik yang terdapat pada arc ini, seperti saat Yuno bertarung dengan Rill, atau saat Asta, Luck, dan Magna menyelamatkan Finral dari Langris.

 

Itulah tujuh anime dengan arc turnamen terbaik yang pernah ada. Jadi, anime yang mana saja yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: Black Clover: Mengenal 9 Skuat Kesatria Sihir di Kerajaan Clover

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya