Comscore Tracker

AoT: 5 Hal Besar yang Mengubah Eren Menjadi Penjahat

Kamu tahu apa saja alasannya?

Pada awalnya, Eren diperkenalkan sebagai protagonis utama dalam seri Attack on Titan. Eren memiliki ambisi yang besar untuk merebut kembali kebebasan umat manusia dari tangan Titan. Namun, menjelang akhir seri, Eren sudah berubah menjadi penjahat utama dalam seri ini.

Tentu saja, Eren tidak menjadi penjahat tanpa alasan yang jelas. Ada beberapa hal yang terjadi sehingga dirinya berubah menjadi penjahat. Penasaran hal apa saja yang mengubah Eren menjadi penjahat? Simak ulasan berikut.

1. Kematian ibunya

AoT: 5 Hal Besar yang Mengubah Eren Menjadi PenjahatSmiling Titan memakan Carla. (dok. Netflix/Attack on Titan)

Sejak awal, Eren memang sudah membenci para Titan. Kehadiran Titan telah membuat umat manusia harus hidup seperti hewan ternak di kandangnya. Kebenciannya terhadap Titan mulai memuncak setelah dirinya melihat kematian ibunya yang dimakan oleh Smiling Titan.

Hal ini akhirnya membuat Eren menyimpan dendam terhadap Titan. Balas dendam terhadap Titan juga merupakan salah satu alasan mengapa dirinya melulai Rumbling.

2. Pengkhianatan Annie, Reiner, dan Bertholdt

AoT: 5 Hal Besar yang Mengubah Eren Menjadi PenjahatReiner mengungkapkan identitas aslinya. (dok. Netflix/Attack on Titan)

Selama dirinya berada di militer, Eren sudah berkali-kali dikhianati oleh teman terdekatnya sendiri. Eren pertama kali merasa dikhianati ketika Pasukan Pengintai berhasil mengungkap bahwa Annie adalah Female Titan.

Sementara itu, hal yang paling mempengaruhinya adalah pengkhianatan Reiner dan Bertholdt. Bagaimanapun, Reiner dan Bertholdt adalah dua teman terdekat yang paling ia percayai. Hal ini secara perlahan mengubah Eren, karena dirinya menyadari bahwa Reiner dan Bertholdt bertanggung jawab atas kematian ibunya.

3. Bergabung dengan Zeke

AoT: 5 Hal Besar yang Mengubah Eren Menjadi PenjahatEren Yeager dan Zeke Yeager (dok. Netflix/Attack on Titan)

Zeke Yeager adalah kakak tiri Eren Yeager sekaligus pemilik wujud Beast Titan. Baik Zeke maupun Eren, keduanya sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu membebaskan dunia dari ancaman Titan. Hanya saja, keduanya memiliki cara yang berbeda.

Sementara Zeke ingin membebaskan dunia dari Titan dengan membasmi Eldian, Eren ingin mengakhiri peperangan dengan menghapus sebagian besar umat manusia di Bumi. Untuk mencapai tujuannya, Eren bergabung dengan Zeke dan pura-pura setuju dengan rencana Zeke.

Yang sebenarnya adalah Eren hanya memanfaatkan Zeke untuk mengumpukan kekuatan agar dirinya dapat memulai Rumbling. Jika saja Zeke bisa menyadari apa yang dipikirkan oleh adiknya, maka Rumbling mungkin dapat dicegah.

Baca Juga: Eren Versi Cewek! Simak 5 Fakta Unik Gabi Braun Attack on Titan

4. Pengetahuannya tentang dunia

AoT: 5 Hal Besar yang Mengubah Eren Menjadi PenjahatGross bersiap untuk mengubah Grisha menjadi Titan. (dok. Netflix/Attack on Titan)

Salah satu kebohongan terbesar yang pernah ada dalam seri Attack on Titan adalah bahwa Paradis merupakan tempat perlindungan terakhir umat manusia. Setelah berhasil pergi ke ruang bawah tanah keluarga Yeager, Eren mulai menyadari bahwa semua yang ada di Paradis adalah kebohongan.

Ketika dirinya pergi ke Marley, Eren melihat banyak orang yang membenci Eldian dan mengubah mereka menjadi Titan hanya untuk bersenang-senang. Hal ini akhirnya membuat Eren berpikir untuk membunuh semua orang yang ada di luar Paradis.

5. Mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan

AoT: 5 Hal Besar yang Mengubah Eren Menjadi PenjahatEren melihat masa depan setelah menyentuh tangan Historia. (dok. Netflix/Attack on Titan)

Hal ini mungkin merupakan alasan utama mengapa dirinya menjadi jahat. Karena kekuatan dari Founding Titan, Eren dapat melihat masa depan ketika dirinya bersentuhan dengan Historia yang memiliki darah bangsawan. Hal ini membuat Eren mengetahui akan menjadi apa dirinya di masa depan. 

Meskipun dirinya mengetahui masa depannya yang suram, namun Eren tidak dapat mengubah takdirnya. Tak peduli seberapa keras dirinya berusaha, Eren tetap akan menjadi orang paling kejam di dunia Attack on Titan.

Berubahnya Eren memang merupakan salah satu kejutan terbesar yang pernah ada dalam seri ini. Pasalnya, penonton sudah mengenal Eren sebagai sosok dengan ambisi besar untuk membela umat manusia. Menurutmu, jika kelima hal di atas tidak terjadi, apakah Eren akan tetap menjadi orang yang baik? Atau tetap berubah menjadi penjahat?

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Hal Terburuk yang Terjadi pada Eren Yeager

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya