Comscore Tracker

AoT: 5 Kejahatan Terburuk yang Pernah Dilakukan Titan Shifters

Akankah Eren mampu menghancurkan dunia?

Dalam dunia Attack on Titan, kekuatan Titan tidak digunakan untuk kemajuan umat manusia, melainkan untuk senjata perang. Maka dari itu, keberadaan Titan hanya menimbulkan malapetaka bagi umat manusia.

Sementara Titan biasa tidak memiliki akal sehat, hanya Titan Shifter yang dapat mengendalikan kekuatan Titan mereka. Sebagai senjata perang, selalu ada kejahatan besar yang pernah mereka lakukan dengan kekuatan besar mereka.

Apa saja kejahatan terbesar yang pernah dilakukan oleh Titan Shifter? Langsung saja simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Eren memulai Rumbling

AoT: 5 Kejahatan Terburuk yang Pernah Dilakukan Titan Shiftersilustrasi rumbling (dok. Kodansha/Attack on Titan)

Tidak diragukan lagi, Rumbling adalah kejahatan terburuk yang pernah dilakukan oleh karakter dalam seri Attack on Titan. Lebih buruk lagi, kejahatan ini dilakukan oleh Eren Yeager, karakter yang diperkenalkan sebagai protagonis utama dalam seri ini.

Pada awalnya, Eren hanya ingin merebut kembali kebebasan umat manusia yang direbut oleh Titan. Namun, setelah dirinya mengetahui sejarah yang sebenarnya, Eren akhirnya memutuskan untuk memulai Rumbling. Dengan menggunakan kekuatan Founding Titan, Eren melepas ratusan ribu Colossal Titan yang berdiri pada Dinding Paradis dan menginjak-injak dunia hingga menghilangkan 80 persen populasi global. 

2. Karl Fritz mengubah ingatan Eldian

AoT: 5 Kejahatan Terburuk yang Pernah Dilakukan Titan ShiftersCuplikan adegan Karl mengubah ingatan Eldian. (dok. MAPPA/Attack on Titan)

Untuk menghentikan perang saudara antar Eldian, Karl memutuskan untuk membawa pengikutnya ke Paradis. Karl kemudian mengurung para Eldian di dalam tiga tembok raksasa dan mengubah ingatan mereka tentang dunia.

Meski Karl melakukan hal tersebut untuk rasnya, apa yang dilakukan oleh Karl sangat ceroboh. Hal tersebut membuat para Eldian yang berada di Paradis tidak menyadari bahaya apa yang mengancam mereka di luar tembok. Tak hanya itu saja, Eldian juga sudah dalam bahaya besar karena sebagian besar Titan Shifter dimiliki oleh Marley ketika Karl membawa Eldian ke Paradis.

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Fakta Menarik tentang Pengguna Jaw Titan

3. Bertholdt menghancurkan Shiganshina

AoT: 5 Kejahatan Terburuk yang Pernah Dilakukan Titan Shiftersilustrasi karakter Colossal Titan (dok. Crunchyroll/Attack on Titan)

Bertholdt adalah pemilik wujud Colossal Titan sekaligus salah satu prajurit Marley yang dikirim ke Paradis. Untuk menyusup ke dalam Paradis, Bertholdt menciptakan kekacauan besar dengan menghancurkan Tembok Maria dan membiarkan Titan murni mengacak-acak Shiganshina.

Setelah 100 tahun hidup damai di dalam tembok, ini adalah pertama kalinya dimana orang-orang Paradis harus kembali bertarung melawan Titan. Ibu Eren juga meninggal dalam serangan ini dan hal tersebut nantinya menjadi salah satu hal yang mendorong Eren untuk melakukan Rumbling.

4. Zeke mengubah orang tidak bersalah menjadi Titan

AoT: 5 Kejahatan Terburuk yang Pernah Dilakukan Titan Shiftersilustrasi karakter Zeke Yeager (dok. Crunchyroll/Attack on Titan)

Zeke Yeager mungkin adalah karakter paling berbahaya dalam seri ini. Pasalnya, Zeke mengkhianati Paradis dan Marley untuk mencapai tujuannya sendiri, yaitu menghapus keberadaan para Eldian. Sebagai orang yang berbahaya, banyak kejahatan yang sudah dilakukan oleh Zeke.

Meski begitu, kejahatan terburuk yang pernah dilakukan oleh Zeke adalah mengubah orang tidak bersalah menjadi Titan. Dengan mencampurkan cairan tulang belakangnya dengan anggur yang dibagikan di Paradis, Zeke dapat mengubah orang-orang Paradis menjadi Titan kapan saja ia menginginkannya.

5. Reiner mencoba untuk menculik Eren

AoT: 5 Kejahatan Terburuk yang Pernah Dilakukan Titan ShiftersCuplikan adegan Reiner, Bertholdt, dan Ymir mencoba untuk menculik Eren. (dok. Wit Studio/Attack on Titan)

Sama seperti Bertholdt, Reiner juga merupakan salah satu prajurit Marley yang dikirim ke Paradis untuk menculik pemilik Founding Titan. Setelah pertempuran di Utgard, Reiner mengungkapkan identitasnya kepada Eren dan langsung menculik Eren.

Meski Reiner tidak menyadari bahwa Eren adalah pemilik Founding Titan, hal tersebut ia lakukan agar dirinya tidak pulang dengan tangan kosong. Beruntungya, Eren berhasil diselamatkan oleh Erwin dan Pasukan Pengintai. Akan sangat berbahaya jika Eren jatuh ke tangan Marley.

Kejahatan yang dilakukan oleh kelima Titan Shifter di anime Attack on Titan di atas memang sangat mengerikan, bukan? Meski begitu, hal tersebut tidak terlalu mengherankan mengingat Titan sendiri sering digunakan sebagai senjata perang. Jadi, bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: [REVIEW] Attack on Titan: The Final Season—Terungkapnya Sejarah Titan

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya