Comscore Tracker

AoT: Setelah 4 Tahun, Eren Bertemu Lagi dengan Reiner

Pertempuran melawan Marley dimulai!

Artikel ini berisi spoiler episode ke-5 anime Attack on Titan: The Final Season.

Attack on Titan: The Final Season episode 5 baru saja dirilis pada 10 Januari kemarin, setelah seri ini mengalami pengunduran jadwal tayang karena adanya libur tahun baru. Pada episode sebelumnya, penggemar dikejutkan dengan pertemuan Eren dan Reiner, setelah keduanya terpisah selama 4 tahun.

Dan dalam episode ke-5 ini, Eren akhirnya mengungkapkan apa tujuannya kepada Reiner. Tak hanya itu saja, Eren juga bahkan memulai invasinya di Liberio, zona pengasingan Eldia. Ingin tahu seperti apa kelanjutannya? Simak penjelasan berikut!

1. Pertemuan Eren dan Reiner

AoT: Setelah 4 Tahun, Eren Bertemu Lagi dengan ReinerDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Saat Willy Tybur akan memulai pidato di Liberio untuk mendeklarasikan perang terhadap Eldia, Eren secara diam-diam bersembunyi di ruang bawah tanah, tepat di belakang panggung di mana Willy akan berpidato. Eren kemudian meminta Reiner untuk menemuinya melalui Falco.

Sebelumnya, Falco sama sekali tidak mengetahui bahwa Eren adalah orang Paradis. Yang ia ketahui hanyalah jika Eren adalah seorang Eldia yang menjadi prajurit Marley bernama Krueger. Maka dari itu, Falco terkejut saat dirinya melihat ekspresi takut Reiner saat dirinya bertemu dengan Eren.

Di pertemuan tersebut, Eren mengungkapkan tujuannya. Tak hanya itu saja, Eren juga mengungkit kematian ibunya yang secara tidak langsung disebabkan oleh Reiner.

2. Eren menyamar sebagai prajurit Marley

AoT: Setelah 4 Tahun, Eren Bertemu Lagi dengan ReinerDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Dalam pertemuannya dengan Reiner, Eren mengungkapkan bahwa dirinya sama seperti Reiner. Keduanya memiliki tujuan dan cara yang serupa dalam mencapai tujuannya. Eren dan Reiner harus sama-sama menyusup ke markas musuh untuk mendapatkan kedamaian.

Sementara Reiner harus melakukan serangan di Shiganshina untuk menyamar sebagai orang Paradis, Eren juga menyamar sebagai Eldia yang menjadi prajurit Marley, untuk memulai serangannya terhadap Marley, dan siapa saja yang bersekutu dengan Marley.

3. Willy mengungkapkan sejarah Paradis dan Perang Besar Titan

AoT: Setelah 4 Tahun, Eren Bertemu Lagi dengan ReinerDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Sebelumnya, Eldia adalah ras yang berhasil menguasai dunia dengan kekuatan Titan. Namun, hal tersebut malah membuat kekacauan yang sangat besar, dan para Eldia saling menyerang satu sama lain, sehingga terjadilah Perang Besar Titan.

Setelah sekian lama perang berkecamuk, perang akhirnya berhasi dihentikan oleh keluarga Tybur dan seorang pahlawan yang dikenal dengan Helos. Hal tersebut akhirnya membuat Raja Karl Fritz harus mundur dan membawa Eldia sebanyak mungkin berlindung di Paradis.

Namun, cerita tersebut sedikit berbeda dengan kenyataannya. Orang yang berhasil menghentikan Perang Besar Titan bukanlah keluarga Tybur atau Helos, melainkan Karl Fritz sendiri. Karl Fritz merasa bersalah atas apa yang sudah dilakukan oleh rasnya.

Karl Fritz juga mengaku bahwa dirinya akan menerima pembalasan dari Marley dan bangsa lainnya yang telah menjadi korban Eldia. Namun, sebelum ia mendapatkan pembalasan, Karl Fritz ingin merasakan surga dan itulah yang menjadi alasan mengapa dirinya membawa Eldia ke Paradis.

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Fakta Menarik tentang Pengguna Jaw Titan

4. Rumbling

AoT: Setelah 4 Tahun, Eren Bertemu Lagi dengan ReinerDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Karl Fritz menggunakan kekuatan Founding Titan untuk menciptakan tiga dinding raksasa dengan menggunakan jutaan Colossal Titan. Untuk memastikan keinginannya terwariskan ke penerusnya, Karl Fritz membuat perjanjian untuk tidak menyerang bangsa lain dengan kekuatan Titan.

Hal tersebutlah yang menjadi penyebab mengapa Titan tidak lagi menyerang dunia. Namun, beberapa tahun yang lalu, Founding Titan dicuri oleh Grisha Yeager, yang kemudian diwariskan kepada Eren. Hal ini membuat dunia harus berada di ambang kehancuran sekali lagi.

Pasalnya, Eren tidak terikat dengan perjanjian yang dibuat oleh Karl Fritz. Eren bisa saja memulai Rumbling, di mana dirinya mengerahkan jutaan Colossal Titan untuk menghancurkan dunia.

5. Pertempuran dimulai

AoT: Setelah 4 Tahun, Eren Bertemu Lagi dengan ReinerDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Setelah mengungkapkan kebenaran melalui pidatonya, Willy kemudian mendeklarasikan perang terhadap Paradis. Seketika, Eren langsung berubah menjadi Attack Titan dan menyerang semua yang ada di hadapannya.

Eren tidak hanya membunuh Willy seperti serangga, namun efek dari transformasinya juga menciptakan kerusakan yang besar yang kemudian membunuh banyak orang yang menghadiri acara tersebut.

Dengan begitu, pertempuran antara Paradis melawan Marley dan sekutunya dimulai. Kira-kira, apa yang akan terjadi selanjutnya? Akankah Eren memenangkan pertempuran? Tulis pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Fakta Menarik tentang Kekuatan Female Titan

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya