Comscore Tracker

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar Hashirama Sebagai Hokage

Hokage terbaik juga pernah berbuat salah, lho!

Hashirama Senju adalah salah satu ninja paling legendaris dalam sejarah Naruto. Hashirama tidak hanya menjadi Hokage pertama di Konoha, namun dirinya juga merupakan orang pertama yang mendirikan Desa Shinobi.

Di era kejayaannya, Hashirama dikenal sebagai ninja terkuat, sehingga dirinya dijuluki sebagai Dewa Shinobi. Hashirama sering disebut sebagai salah satu Hokage terbaik di Konoha.

Meskipun begitu, Hashirama juga pernah membuat beberapa kesalahan yang akhirnya berakibat fatal. Penasaran kesalahan besar apa saja yang sudah dibuat Hashirama sebagai Hokage? Simak ulasan berikut.

1. Menjadikan Tobirama sebagai Hokage kedua

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar Hashirama Sebagai HokageTobirama Senju (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Salah satu hal yang membuat Tobirama dikenal adalah kebenciannya terhadap klan Uchiha. Bahkan setelah Senju dan Uchiha sepakat untuk melakukan gencatan senjata demi mendirikan Konoha, Tobirama masih tidak dapat melupakan kebenciannya terhadap Uchiha.

Anehnya, meskipun Hashirama mengetahui hal ini, Hashirama tidak pernah berusaha untuk menghentikan adiknya dan malah menjadikan Tobirama sebagai Hokage kedua. Hasilnya, Tobirama membuat Uchiha semakin terasingkan, sehingga berakhir dengan pembantaian klan Uchiha.

2. Memerintah Konoha tanpa Madara

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar Hashirama Sebagai HokageMadara Uchiha dan Hashirama Senju (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Selain Hashirama, Madara juga merupakan tokoh kunci dalam terbentuknya Konoha. Hashirama dan Madara bekerja sama untuk mendirikan Desa Shinobi, dengan tujuan untuk menghentikan peperangan.

Namun, meskipun Madara berperan penting dalam pembangunan Konoha, Hashirama tetap memerintah Konoha sendirian sesuai dengan keinginannya. Hashirama seharusnya memerintah Konoha bersama Madara, mengingat Konoha mungkin takkan terbentuk tanpa kerja keras Madara.

Hashirama memang berjanji akan menjadikan Madara sebagai Hokage kedua. Sayangnya, sudah terlambat untuk itu. Penghinaan Tobirama terhadap Uchiha sudah terlanjur membuat Madara berpikir bahwa Uchiha tidak diinginkan di Konoha.

Baca Juga: Naruto: Sejarah Hubungan antara Hashirama Senju dan Madara Uchiha

3. Memperbudak Bijuu dan menggunakan mereka sebagai senjata

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar Hashirama Sebagai HokageHagoromo Otsutsuki dan Bijuu (dok. Studio Pierrot/The Last: Naruto the Movie)

Untuk menyeimbangkan kekuatan semua Desa Shinobi di dunia, Hashirama menangkap semua Bijuu dan membagikannya ke setiap Desa Shinobi. Meskipun mungkin tujuan Hashirama hanyalah untuk mencegah peperangan, namun apa yang ia lakukan hanyalah memperbudak Bijuu.

Hal inilah yang akhirnya membuat hubungan manusia dengan Bijuu menjadi rumit. Para Bijuu akhirnya mulai membenci manusia, karena mereka menganggap bahwa manusia hanya ingin memanfaatkan kekuatan mereka.

4. Gagal dalam mendapatkan kepercayaan Uchiha

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar Hashirama Sebagai HokageKlan Uchiha dan klan Senju berdamai. (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Setelah Madara menghilang, tanggung jawab klan Uchiha secara otomatis jatuh ke tangan Hashirama. Namun, tanpa Madara, Hashirama tidak dapat menentukan apa yang terbaik untuk klan Uchiha. Alih-alih mengambil tanggung jawab Madara, Hashirama malah membuat klan Uchiha semakin diasingkan.

Hal ini membuat klan Uchiha semakin kehilangan kepercayaan mereka terhadap Konoha. Meskipun Hashirama sudah tidak menjabat sebagai Hokage saat pembantaian klan Uchiha terjadi, namun semuanya sudah dimulai sejak era Hashirama.

5. Gagal dalam menghentikan anak-anak untuk pergi ke medan perang

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar Hashirama Sebagai HokageHashirama Senju versus Madara Uchiha. (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Hashirama dilahirkan pada era perang di mana para ninja bertarung untuk klan mereka sendiri. Sejak kecil, Hashirama sudah memiliki ambisi untuk menghentikan peperangan agar anak-anak tidak pergi ke medan perang dan mati di medan perang.

Maka dari itu, setelah dirinya dewasa, Hashirama meminta bantuan kepada Madara untuk mewujudkan ambisinya dengan mendirikan Konoha. Untuk sementara, Hashirama berhasil mewujudkan impiannya. Namun, setelah Perang Shinobi Pertama dimulai, anak-anak kembali dikirim ke medan perang karena mereka kekurangan tenaga.

 

Itulah lima kesalahan terbesar yang pernah dilakukan oleh Hashirama sebagai Hokage. Bagaimana pendapatmu tentang kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh sang Hokage pertama ini?

Baca Juga: Naruto: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Hashirama Senju

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya