Comscore Tracker

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar yang Pernah Dilakukan oleh Hiruzen

Bahkan Hokage terbaik pun pernah membuat kesalahan!

Hiruzen Sarutobi adalah Hokage ketiga di Konohagakure, sekaligus orang yang disebut sebagai Hokage terbaik yang pernah dimiliki oleh Konoha. Di masa jayanya, Hiruzen adalah yang terkuat di antara Lima Kage, sehingga dirinya mendapatkan julukan sebagai Dewa Shinobi.

Namun, terlepas dari reputasinya, Hiruzen juga pernah melakukan kesalahan seperti manusia pada umumnya. Bahkan, beberapa kesalahannya berakibat fatal bagi banyak orang di desa.

Dimulai dari kegagalan Hiruzen dalam mengatasi kejahatan Danzo hingga tidak menepati janjinya kepada Minato dan Kushina, berikut ini adalah lima kesalahan terbesar yang pernah dilakukan oleh Hiruzen. Simak ulasan berikut.

1. Tidak berusaha untuk menghentikan kejahatan Danzo

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar yang Pernah Dilakukan oleh HiruzenDok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden

Meskipun Danzo terkenal karena kebusukannya, namun Hiruzen tampak tidak pernah berniat untuk menghukum Danzo atas semua tindakannya. Sebelumnya, Danzo adalah rekan satu tim Hiruzen, saat keduanya masih berada di bawah pelatihan Tobirama.

Tobirama selalu memuji kemampuan Hiruzen, dan Danzo selalu iri dengan semua prestasi Hiruzen. Hingga saat Hiruzen terpilih untuk menjadi Hokage selanjutnya, Danzo melakukan semua hal untuk merebut kursi Hiruzen.

Selama dirinya menjadi ninja, Danzo bertanggung jawab atas banyak peristiwa mengenaskan di Konoha, salah satunya adalah pembantaian klan Uchiha. Namun, setelah semua kejahatan yang pernah dilakukan oleh Danzo, Hiruzen tidak pernah mengambil tindakan untuk menghentikan teman lamanya.

2. Membiarkan Danzo mendirikan Root

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar yang Pernah Dilakukan oleh Hiruzencrunchyroll.com/naruto-shippuden

Seperti yang diketahui, Danzo adalah pemimpin dari Root, organisasi ninja elit di Konoha. Meskipun Hiruzen sangat mengenal temannya, namun Hiruzen malah membiarkan Danzo untuk mendirikan Root, sehingga memudahkannya untuk melancarkan niat busuknya.

Buruknya lagi, Hiruzen tidak pernah memberi pengawasan khusus terhadap organisasi tersebut. Meskipun Root ditujukan untuk menjalankan misi-misi rahasia, namun bukan berarti bahwa Danzo tidak pernah menyalahgunakan organisasi tersebut, dan jabatannya sebagai pendiri organisasi.

Kebanyakan anggota Root adalah ninja-ninja berbakat yang diambil oleh Danzo secara sepihak. Orang-orang yang dipilih oleh Danzo tidak dapat menolak tawaran Danzo, karena mereka mengetahui kelicikan seorang Danzo.

Tak hanya itu saja, Danzo juga pernah menyalahgunakan organisasinya untuk membunuh Hiruzen dan merebut jabatan Hiruzen sebagai Hokage. Dan lagi, Hiruzen tidak mengambil tindakan tegas apa pun untuk menghukum Danzo, meskipun Danzo dengan jelas mengkhianatinya di depan matanya.

Baca Juga: 7 Fakta Minato Namikaze, Hokage Tercepat di Serial Naruto

3. Membiarkan Orochimaru melakukan kejahatannya

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar yang Pernah Dilakukan oleh HiruzenDok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden

Salah satu kelemahan terbesar Hiruzen adalah sifat penyayangnya. Hiruzen tidak hanya tidak dapat memberikan hukuman kepada teman lamanya, namun dirinya juga tidak dapat memberikan hukuman kepada muridnya, Orochimaru.

Sejak Ororchimaru masih berada di bawah didikan Hiruzen, Hiruzen sudah menyadari bahwa Orochimaru memiliki potensi untuk menjadi penjahat. Namun, alih-alih mengantisipasi potensi Orochimaru, Hiruzen malah terus melatih Orochimaru hingga dirinya menjadi ninja yang kuat.

Saat banyak penduduk Konoha yang hilang secara misterius, Hiruzen menemukan fakta mengejutkan di mana ternyata dalang dari kekacauan tersebut adalah muridnya sendiri. Namun, alih-alih membawa Orochimaru ke pengadilan, Hiruzen malah membiarkan Orochimaru melarikan diri. Hal ini akhirnya menjadi penyebab kematiannya dan pengkhianatan Sasuke.

4. Membuat perlakuan terhadap klan Uchiha semakin memburuk

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar yang Pernah Dilakukan oleh HiruzenDok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden

Pembantaian klan Uchiha berawal dari serangan Kurama di Konoha. Setelah diketahui bahwa Sharingan memiliki kemampuan untuk mengendalikan Bijuu, sang Hokage mulai mencurigai Uchiha sebagai dalang dari serangan tersebut, dan mulai mengisolasi klan Uchiha.

Meskipun memang benar bahwa dalang dari serangan tersebut adalah seorang Uchiha, namun klan Uchiha sama sekali tidak mengetahui siapa yang menjadi dalang dari serangan tersebut. Hal ini akhirnya membuat perlakuan terhadap klan Uchiha semakin memburuk, dan ketegangan antara Konoha dan klan Uchiha mulai terjadi.

Tak terima klannya diperlakukan dengan tidak adil, pemimpin klan Uchiha, Fugaku Uchiha, pun mulai merencanakan kudeta terhadap Konoha. Rencana ini pun akhirnya berujung dengan pembantaian klan Uchiha.

Meskipun Hiruzen tidak pernah menginginkan pembantaian tersebut terjadi, namun kecurigaan Hiruzen telah menjadi awal dari pembantaian klan Uchiha.

5. Tidak menepati janjinya kepada Minato dan Kushina

Naruto: 5 Kesalahan Terbesar yang Pernah Dilakukan oleh Hiruzencrunchyroll.com/naruto-shippuden

Setelah Minato dan Kushina mengorbankan nyawanya untuk menyegel Kurama ke dalam tubuh Naruto, Hiruzen berjanji bahwa dirinya akan membesarkan Naruto dengan baik dan membuat semua orang memandangnya sebagai pahlawan.

Namun, Hiruzen tidak memberikan perhatian yang cukup kepada Naruto. Alhasil, Naruto menjadi seperti anak terlantar yang tidak mengenal kasih sayang orangtua. Orang-orang desa juga tidak menganggap Naruto sebagai pahlawan, dan malah mengasingkan Naruto karena takut dengan Bijuu yang ada dalam tubuhnya

 

Meskipun Hiruzen dikenal sebagai Hokage terbaik yang pernah dimiliki oleh Konoha, namun bukan berarti bahwa Hiruzen tidak pernah melakukan kesalahan. Bahkan, beberapa kesalahan Hiruzen sangat berakibat fatal bagi banyak orang, terutama orang-orang di Konoha. Bagaimana menurutmu tentang Hokage ketiga ini?

Baca Juga: Naruto: Sifat Terburuk yang Dimiliki oleh Setiap Hokage Konohagakure

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya