Comscore Tracker

Naruto: 5 Kematian Antagonis yang Tidak Dikalahkan oleh Protagonis

Karakter ini mati karena alasan lain #IDNTimesHype

Sepanjang seri ini berlangsung, Masashi Kishimoto sudah membunuh banyak karakternya, baik itu karakter protagonis maupun karakter antagonis. Sementara itu, sebagian besar karakter antagonis mengalami kematian setelah mereka dikalahkan oleh sang protagonis.

Berbeda dengan yang lain, lima karakter antagonis ini justru memiliki penyebab lain atas kematiannya, alih-alih dikalahkan oleh sang protagonis. Selain itu, kelima karakter antagonis ini juga sudah mati terlebih dahulu bahkan sebelum dapat dikalahkan oleh protagonis.

1. Itachi Uchiha

Naruto: 5 Kematian Antagonis yang Tidak Dikalahkan oleh Protagoniscrunchyroll.com/naruto-shippuden

Kematian Itachi mungkin adalah salah satu momen yang paling sulit untuk dilupakan dalam seri ini. Setelah bertahun-tahun Sasuke mengembangkan kekuatannya, Sasuke akhirnya cukup kuat untuk membunuh Itachi.

Meskipun Sasuke menjadi orang yang bertanggung jawab atas kematian Itachi, namun Itachi akan tetap mati bahkan jika dirinya tidak dikalahkan oleh Sasuke. Itachi mengidap penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan. Hal ini membuat Itachi memiliki fisik yang lemah, meskipun dirinya sangat ahli dalam menggunakan ninjutsu dan genjutsu.

Di pertarungannya melawan Sasuke, sangat terlihat jelas jika Itachi mengalah pada adiknya, dan membiarkan Sasuke membunuhnya. 

2. Nagato Uzumaki

Naruto: 5 Kematian Antagonis yang Tidak Dikalahkan oleh ProtagonisDok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden

Memang benar jika Naruto telah berhasil mengalahkan Pain. Namun, Naruto tidak menjadi penyebab atas kematian Nagato. Pada arc Pain Assault, Nagato menggunakan Pain untuk menghancurkan sebagian besar Konohagakure, dan membunuh ribuan penduduk Konohagakure.

Merasa bersalah atas pembantaian besar-besaran yang ia lakukan terhadap Konohagakure, Nagato mengorbankan nyawanya dengan menggunakan Samsara untuk menebus semua kesalahannya dan mengembalikan orang-orang yang sudah ia bunuh.

3. Obito Uchiha

Naruto: 5 Kematian Antagonis yang Tidak Dikalahkan oleh Protagoniscrunchyroll.com/naruto-shippuden

Obito adalah salah satu antagonis terbesar dalam seri ini. Sepanjang seri berlangsung, Obito telah menjadi dalang dari banyak kekacauan di dunia shinobi. Obito adalah orang yang melepaskan Kurama dari tubuh Kushina, yang berakhir dengan kematian kedua orangtua Naruto. Obito juga menjadi orang yang mempengaruhi Nagato untuk membawa Akatsuki ke jalan yang salah.

Tak hanya itu saja, Obito juga telah menjadi orang yang memicu Perang Shinobi Keempat. Pada Perang Shinobi Keempat, Obito sempat bertarung dengan Kakashi setelah Kakashi mengetahui bahwa Tobi adalah rekan satu timnya dulu.

Meskipun pertarungan antara keduanya berlangsung dengan sengit, namun Kakashi tidak menjadi penyebab atas kematian Obito. Menjelang akhir perang, Obito memutuskan untuk menebus semua kesalahannya, dengan membantu Pasukan Aliansi Shinobi untuk mengalahkan Madara dan menghentikan perang.

Setelah Madara disingkirkan dan Kaguya muncul untuk mendominasi perang, Obito mengorbankan nyawanya untuk melindungi Kakashi dan Naruto.

Baca Juga: Sudah Tiada! 5 Momen Bukti Pintarnya Kurama untuk Naruto

4. Deidara

Naruto: 5 Kematian Antagonis yang Tidak Dikalahkan oleh ProtagonisDok Studio Pierrot/Naruto: Shippuden

Deidara adalah salah satu anggota Akatsuki yang sangat terobsesi terhadap seni ledakan. Meskipun berada di kelompok yang sama, namun Deidara tidak terlalu menyukai Itachi. Hal ini juga berlaku bagi adik Itachi, Sasuke.

Di pertarungannya melawan Sasuke, Deidara menyadari bahwa Sasuke bukanlah tandingannya. Maka dari itu, sebelum dirinya dikalahkan oleh Sasuke, Deidara memutuskan untuk meledakkan dirinya sendiri dalam upaya terakhir untuk mengalahkan Sasuke.

5. Madara Uchiha

Naruto: 5 Kematian Antagonis yang Tidak Dikalahkan oleh Protagoniscrunchyroll.com/naruto-shippuden

Madara adalah antagonis terkuat yang pernah ada dalam seri Naruto. Sepanjang Perang Shinobi Keempat berlangsung, Madara tampak seperti musuh yang mustahil untuk dikalahkan. Terutama, setelah menjadi Jinchuriki Ekor Sepuluh, Madara semakin sulit untuk disentuh.

Setelah membuat kekacauan besar, Madara akhirnya mati dengan cara yang mengejutkan dan mengecewakan. Zetsu Hitam mengkhianati Madara dengan menusuknya dari belakang, untuk membangkitkan Kaguya Otsutsuki. Untuk ninja sekuat Madara, kematian Madara dianggap terlalu mudah.

Meskipun protagonis berperan sebagai pahlawan yang menyelamatkan dunia dari para penjahat, namun kematian seorang antagonis tidak selalu disebabkan oleh protagonis. Bagaimana pendapatmu tentang kelima karakter di atas?

Baca Juga: Naruto: 5 Kekuatan Terbesar yang Dimiliki oleh Orochimaru

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya