Comscore Tracker

Buka Suara, 5 Isi Klarifikasi Gofar Hilman soal Tudingan Pelecehan

Gofar Hilman akhirnya bicara soal tudingan pelecehan seksual

Pada awal Juni 2021, nama Gofar Hilman ramai diperbincangkan. Ia dituduh melakukan pelecehan seksual kepada seorang perempuan di Malang pada Agustus 2018 lalu.

Sempat diam selama dua pekan, Gofar akhirnya buka suara. Ini dia 5 fakta klarifikasi dan pembelaan Gofar Hilman.

1. Gofar mengklaim, selama ini diam bukan karena mengakui tuduhan yang dialamatkan padanya, tapi ingin mencari tahu kebenarannya

Buka Suara, 5 Isi Klarifikasi Gofar Hilman soal Tudingan PelecehanGofar Hilman (Instagram.com/pergijauh/)

Gofar Hilman mengunggah video di YouTube-nya dengan judul Apa Kabar? pada Kamis (24/6/2021). Sempat bungkam selama dua minggu, Gofar akhirnya buka suara.

"Selama dua minggu ini gue berdiam diri, gue tidak membenarkan hal itu," kata Gofar. Meski memilih diam, Gofar menegaskan jika ia tidak mengakui segala tuduhan yang diberikan.

Selama dua minggu terakhir, ia menyebut fokus untuk mencari tahu kebenaran dari tuduhan tersebut. Gofar juga mengatakan jika apa yang ia katakan di dalam video tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

2. Gofar Hilman masih menunggu pihak korban untuk berkomunikasi

Buka Suara, 5 Isi Klarifikasi Gofar Hilman soal Tudingan PelecehanGofar Hilman (YouTube.com/Gofar Hilman/)

Gofar dan timnya sedang mencari segala bukti-bukti terkait keterlibatan dirinya. Mulai dari foto, video, hingga keterangan para saksi.

Gofar mengatakan, "Sampai sekarang kami masih menunggu dari pihak terkait untuk membuka diri kesediaannya untuk berkomunikasi." Selama menghilang, Gofar menyebut memikirkan nasib dirinya, pegawai, keluarga, dan orang-orang terdekat.

Baca Juga: Kronologi Gofar Hilman Diduga Lecehkan Seorang Wanita di Ruang Publik

3. Gofar merasa tidak adil karena stigma pelaku pelacehan seksual diidentikkan dengan citranya selama ini

Buka Suara, 5 Isi Klarifikasi Gofar Hilman soal Tudingan PelecehanGofar Hilman (Ilhamnuriadi via Instagram.com/pergijauh/)

Di dalam video tersebut, Gofar sempat bertanya-tanya kenapa masyarakat yakin jika ia melakukan tuduhan tersebut. "Stigma pelecehan seksual itu cocok banget kayak gue gitu. Dan itu gak fair," ujar Gofar.

Meski kerap membahas topik sensitif, seperti seks dan perempuan, Gofar menegaskan jika itu hanya bagian dari edukasi tentang konsensual dan tanggung jawab.

4. Akui down, Gofar sempat ingin berhenti dari pekerjaan yang biasa ia lakukan

Buka Suara, 5 Isi Klarifikasi Gofar Hilman soal Tudingan PelecehanGofar Hilman (Instagram.com/pergijauh/)

Gofar mengaku pada awalnya sempat down karena masalah tersebut. "Down ya pasti down lah. Karena gue melihat sentimen publik yang menyudutkan gue," kata Gofar.

Ia mengaku rindu membuat konten di YouTube dan media sosial lainnya. Meski begitu, Gofar ternyata sempat berpikir untuk berhenti dari pekerjaan yang sudah ia bangun selama ini.

5. Gofar ingin meminta maaf kepada masyarakat

Buka Suara, 5 Isi Klarifikasi Gofar Hilman soal Tudingan PelecehanGofar Hilman (Instagram.com/pergijauh/)

"Gue di sini ingin meminta maaf kepada semuanya. Cara gue bertutur kata. Cara gue berkomunikasi. Konten-konten gue. Cara berekspresi gue mungkin tidak bisa diterima banyak orang. Gue minta maaf," ucap Gofar mantap.

Di sisi lain, Gofar mengatakan jika kebebasan berekspresi jadi hak setiap orang. Termasuk kebebasan berekspresi para perempuan.

Baginya, apa pun yang dikenakan dan dilakukan perempuan tidak bisa dijadikan acuan untuk menyudutkan mereka. "Asalkan kita nyaman dan tidak merugikan itu gak apa-apa. Gue menghargai itu," jelas Gofar.

6. Ia mengucapkan rasa terima kasih kepada teman-teman yang selalu mendukung

https://www.youtube.com/embed/THiPTESInWg

Meski sedang dalam kondisi terpuruk, Gofar sangat bersyukur di kelilingi orang yang masih percaya kepadanya. "Gue ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman gue yang masih percaya gue tidak melakukan tuduhan tersebut," ucapnya.

Ia berharap agar segera mendapat titik terang dari permasalahan yang sedang terjadi. Gofar juga menegaskan jika ia sedang menangani kasus ini dengan serius.

"Sekali lagi, gue Gofar Hilman siap. Sangat siap untuk segala proses yang akan dijalani," lanjut Gofar.

Itu dia 5 pembelaan Gofar Hilman terkait kasus yang tengah viral. Hingga 17 Juni 2021 lalu, pihak Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) menyebut sudah menerima 8 aduan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Gofar Hilman.

Baca Juga: Tengah Jadi Sorotan, 10 Potret Gofar Hilman Kolaborasi Bareng Artis

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya