Comscore Tracker

5 Film Hollywood Terbaik yang Diangkat dari Serial TV

#ANGPOIN Adakah yang jadi film favoritmu?

Ketika serial TV telah memikat perhatian banyak penonton, seperti hal lumrah jika studio Hollywood membawa ceritanya ke layar lebar dan dipasarkan ke seluruh dunia. Namun, film yang diangkat dari serial TV tidak mudah dilakukan penyesuaian cerita agar bisa diterima secara luas.

Perubahan dari serial TV menjadi sebuah film adaptasi harus menghadapi dua tantangan, yakni dari penggemar cerita orisinal di TV dan penggemar film yang mengharapkan perkembangan premis dan tokoh film. Berikut adalah lima film yang mampu menyuguhkan hasil terbaik adaptasi serial TV menjadi film keren.

1. 21 Jump Street (2012)

5 Film Hollywood Terbaik yang Diangkat dari Serial TVnytimes.com

21 Jump Street adalah film adaptasi serial TV berjudul sama tentang buddy cop yang membuat Channing Tatum dan Jonah Hill menjadi salah satu duet bintang komedi aksi terbaik sepanjang masa.

Film berkonsep reboot ini sangat menyenangkan, telah dilakukan penyesuaian cerita agar relevan dengan generasi millennial, dibandingkan mengikuti cerita asli serial TV berlatar akhir tahun 1980-an. Sekuel film yang dirilis tahun 2014 bahkan lebih sukses, dan rencananya akan digarap film ketiga.

2. Star Trek (2009)

5 Film Hollywood Terbaik yang Diangkat dari Serial TVsyfy.com

Seperti sudah diketahui, Star Trek adalah salah satu franchise film dan serial TV paling awet dan paling terkenal sepanjang sejarah. Sejak serial TV orisinalnya tayang pada 1966, cerita antar galaksi ini telah jadi merek dagang laris dalam bentuk film, buku, game, dan mainan.

Kebesaran Star Trek semakin nyata ketika film reboot dirilis pada 2009, dibintangi oleh Pine, Zachary Quinto, dan Zoe Saldana. Film ini sukses besar baik penghasilan atau pun penilaian, dan membuat Star Trek berhasil menggaet jutaan penggemar baru.

3. Serenity (2005)

5 Film Hollywood Terbaik yang Diangkat dari Serial TVcinemasips.com

Berawal dari serial TV yang tayang di jaringan Fox berjudul Firefly dengan jumlah 11 episode. Studio Universal mengangkatnya menjadi film layar lebar meski mendapat protes dari penggemar serial TV orisinalnya.

Filmnya dirilis pada 2005, menceritakan tentang Kapten Mal Reynolds (Nathan Fillion) dan krunya melanjutkan akhir cerita dari serial Firefly. Meski filmnya bukan termasuk box office, tapi mendapat penilaian yang baik, menyenangkan, dan lebih menegangkan dibanding cerita TV orisinalnya.

Baca Juga: 5 Artis Tanah Air yang Membintangi Film Hollywood, Keren!

4. Mission: Impossible (1996)

5 Film Hollywood Terbaik yang Diangkat dari Serial TValternateending.com

Lebih dari 20 tahun setelah Tom Cruise mengambil peran sebagai agen IMF Ethan Hunt, sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa salah satu film adaptasi dari serial TV terbaik sepanjang masa.

Film karya Brian De Palma ini diadaptasi dari serial TV tahun 1966-1973 dan berhasil diubah menjadi franchise film paling sukses secara konsisten. Menampilkan gaya spionase yang langka dan musik tema yang ikonik.

5. The Untouchables (1987)

5 Film Hollywood Terbaik yang Diangkat dari Serial TVchicagoreader.com

Thriller gangster ini terinspirasi dari serial TV kriminal jaringan ABC dengan judul sama yang pertama tayang pada 1959. Film adaptasinya disutradarai oleh Brian De Palma dan mendapat ulasan yang baik karena cerita apik dan aktornya yang ciamik.

Selain itu, film ini berhasil menang nominasi Oscar, dengan Sean Connery didaulat sebagai aktor terbaik atas perannya sebagai Malone, petugas polisi veteran. The Untouchables masih dianggap sebagai salah satu film mafia terbaik sepanjang masa.

Itu tadi lima film adaptasi serial TV terbaik dari Hollywood. Apakah kamu pernah menonton salah satunya?

Baca Juga: 5 Film Serial Bertema Perang Dunia II yang Menarik untuk Ditonton

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You