Comscore Tracker

5 Film Underrated Studio Ghibli yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

Gak kalah bagus, lho! #IDNTimesHype

Studio Ghibli adalah salah satu studio animasi legendaris Jepang yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Studio ini menjadi rumah dari beberapa sutradara anime terbaik, seperti Hayao Miyazaki dan Isao Takahata. Karya-karya mereka pun sudah sangat mendunia, sebut saja seperti My Neighbor Totoro (1988) dan Spirited Away (2001).

Sayangnya, sama seperti yang dialami oleh studio-studio film lainnya, tidak semua film Ghibli mendapatkan perhatian dan pengakuan yang besar. Terlepas dari sebagus apa pun ceritanya, film-film ini pun termasuk ke dalam kategori underrated.

Berikut 5 film underrated Studio Ghibli yang akan sangat disayangkan bila kamu lewatkan.

1. Porco Rosso

https://www.youtube.com/embed/awEC-aLDzjs

Walaupun sama-sama merupakan karya Hayao Miyazaki, Porco Rosso sayangnya tidak sepopuler film-film yang lain, seperti Princess Mononoke (1997) dan Howl's Moving Castle (2004).

Porco Rosso menceritakan seorang pria mantan pilot di era perang dunia yang dikutuk hingga wujudnya menjadi seperti babi. Ia pun berakhir menjadi seorang pembunuh bayaran. 

Film ini adalah salah satu karya Miyazaki dengan jalan cerita yang cukup serius, namun menyimpan keindahan dan pesan yang sangat luar biasa dalam. Kecintaan Miyazaki akan pesawat tertuang dalam film ini dengan tampilan animasi berkualitas tinggi dan karakter-karakter yang erat dengan dunia penerbangan.  

2. Whisper of the Heart

https://www.youtube.com/embed/0pVkiod6V0U

Menjadi film pertama sekaligus satu-satunya dari Yoshifumi Kondo, Whisper of the Heart sering kali dicap sebagai hidden gem oleh para penggemar Ghibli.

Berbeda dengan film Ghibli lain yang berlatarkan dunia fantasi dan penuh keajaiban, film ini mengambil latar yang lebih realistis dan relevan dengan kondisi anak muda zaman sekarang. 

Diceritakan seorang gadis bernama Shizuku yang tengah mencoba mencari tujuan hidupnya dan meraih impiannya menjadi penulis buku. Ia merasa kebingungan sekaligus khawatir akan masa depan yang harus dihadapinya.

Di saat yang bersamaan, Shizuku jatuh hati pada seorang anak laki-laki yang bermimpi menjadi pembuat biola terbaik. Untuk kamu yang sedang menghadapi quarter life crisis, film ini cocok untuk disaksikan.

Baca Juga: 7 Film Ghibli yang Paling Diharapkan Sekuelnya, Adakah Favoritmu?

3. Tale of Princess Kaguya 

https://www.youtube.com/embed/W71mtorCZDw

Film terakhir dari Isao Takahata, The Tale of Princess Kaguya memiliki visual indah yang tak biasa. Hal ini karena dibuat dengan menggunakan cat air yang memberikan kesan lembut dan menenangkan.

Film ini diadaptasi dari kisah lama Jepang dan menceritakan kisah dramatis dari sepasang suami istri yang menemukan bayi di dalam bambu. Mereka yang belum dikaruniai anak pun mengadopsinya dan dihadapkan dengan takdir yang berat, tidak hanya untuk mereka namun juga sang putri.

Bila kamu belum menyaksikan film yang satu ini, segera saksikan. Dijamin kamu akan dimanjakan dengan visual animasi yang luar biasa.

4. Nausicaa of the Valley of the Wind

https://www.youtube.com/embed/6zhLBe319KE

Nausicaa the Valley of the Wind yang juga menandai awal dari berdirinya Studio Ghibli ini langsung mendapatkan banyak pujian dan masih digemari hingga sekarang.

Film ini berlatarkan dunia, di mana bumi mengalami kerusakan lingkungan parah dan banyak tempat sudah tak lagi layak untuk dihuni manusia. Seorang putri kerajaan pun berjuang untuk menyelamatkan lingkungan dari kehancuran yang jauh lebih parah, sekaligus melindungi kerajaannya dari serangan musuh.

Diadaptasi dari manga karangan Hayao Miyazaki sendiri yang berjudul sama, jalan cerita dan desain film ini sangat keren serta menakjubkan. Pesan untuk peduli terhadap lingkungan yang menjadi fokus terasa sangat kuat dan membuat film menjadi semakin relevan dengan keadaan saat ini.

5. Only Yesterday

https://www.youtube.com/embed/E9wCudkAPXI

Lebih dikenal di Jepang dengan judul Omoide Poro Poro (Memories Come Tumbling Down), satu lagi film karya Isao Takahata yang tergolong sebagai film underrated.

Only Yesterday mengikuti kisah seorang perempuan bernama Taeko yang melakukan perjalanan ke sebuah desa. Sepanjang perjalanan, ia mulai mengingat masa kecilnya dan perlahan mempertanyakan, apa yang mungkin terjadi bila ia mengambil keputusan yang berbeda di masa lalu. 

Film ini mengeksplor memori dan pengalaman yang dimiliki seseorang dan bagaimana itu memengaruhi kehidupan. Tema seperti ini memang agak 'berat; bila dibandingkan dengan film-film Ghibli lainnya.

Hal tersebut menjadikan Only Yesterday sebenarnya cukup menonjol dibandingkan film-film lain. Mungkin karena kurangnya unsur magis dan keajaiban menjadikan film ini tidak sepopuler film Ghibli lainnya. 

Itulah 5 film underrated Ghibli yang sayang bila dilewatkan. Film-film di atas memiliki jalan cerita yang tak kalah menarik dan visual animasi yang luar biasa dibandingkan dengan film-film populer mereka.

Baca Juga: 5 Kisah Cinta dalam Film Ghibli yang Bikin Baper dan Menggemaskan

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya