Comscore Tracker

5 Karakter Villain yang Berubah Jadi Hero, Ada Severus Snape!

Sebenarnya mereka berhati baik, lho #IDNTimesHype

Di setiap film tentunya ada karakter baik (hero) dan karakter jahat (villain).  Kehadiran para karakter ini membuat film menjadi semakin menarik dan penonton jadi semakin bersemangat untuk menyaksikan film.

Rasanya selalu menyenangkan melihat petualangan sang hero untuk meraih tujuannya yang kadang sering dianggap mustahil. Karakter villain pun terkadang menarik perhatian sama besarnya dengan karakter hero. Salah satu hal yang menyebabkan ini mungkin terjadi adalah perubahan dari sang villain sendiri, di mana perlahan mereka berubah menjadi sosok baru yang jauh lebih rendah hati dan memikat.

Bahkan, beberapa berubah menjadi hero alih-alih villain. Berikut ini adalah lima karakter villain yang berubah menjadi hero. Ada siapa saja, ya?

1. Gru (Despicable Me)

5 Karakter Villain yang Berubah Jadi Hero, Ada Severus Snape!Gru mencuri bulan (dok. Illumination Entertainment via screenrant.com)

Gru adalah definisi dari villain sejati di awal film Despicable Me. Keinginannya untuk mencuri bulan, rumahnya yang mengerikan bak rumah hantu, hingga sikapnya yang kasar membuat siapa pun tak akan ragu untuk menyebutnya sebagai villain.

Gru mulai menjadi lunak tatkala ia mengadopsi tiga gadis kecil yang semula menjadi bagian dari rencana jahatnya. Keimutan dan kepolosan anak-anak tersebut membuat Gru menjadi luluh dan perlahan-lahan menjadi pria sekaligus ayah yang baik. 

2. Mystique (X-Men: Days of Future Past)

5 Karakter Villain yang Berubah Jadi Hero, Ada Severus Snape!Jennifer Lawrence sebagai Mystique di seri X-Men (dok. 20th Century Fox via bbc.com)

Di cerita orisinal X-Men, Mystique adalah villain yang sangat berbahaya. Ia bahkan sempat menjadi dalang dari kasus pembunuhan Dr. Bolivar Trask. Namun, sosok Mystique pun berubah tatkala ia justru menghentikan Magneto membunuh Trask.

Perlahan Mystique berpindah ke pihak baik dan ia bahkan berakhir menjadi member X-Men. Mystique adalah karakter kompleks yang mengalami perubahan drastis dari villain menjadi hero

Baca Juga: 6 Villain Paling Ikonik di Film Superhero, Bikin Susah Tidur Deh!

3. Megamind 

5 Karakter Villain yang Berubah Jadi Hero, Ada Severus Snape!Megamind (dok. Dream Works studio via nytimes.com)

Di permulaan film, Megamind adalah seorang villain dan dia bangga memegang titel seperti itu. Dia sangat haus akan keinginan menjadi villain hingga ia pun membunuh hero di kotanya dan melatih hero baru di kotanya untuk menjadi lawan barunya yang lebih kuat. Dengan cara ini, Megamind berniat untuk terus menjadi villain dan kembali berbuat kejahatan. 

Keadaan berubah ketika hero yang telah dilatihnya justru memilih untuk menjadi villain dan menyebabkan kerusakan di kota. Merasa bertanggung jawab, Megamind akhirnya berusaha untuk menghentikannya dan tanpa sadar telah berubah menjadi hero

4. Loki (Thor: Ragnarok)

5 Karakter Villain yang Berubah Jadi Hero, Ada Severus Snape!Loki di film Thor Ragnarok (dok. Marvel Studios via syfy.com)

Dari sekian banyak villain di MCU, Loki adalah salah satu yang paling populer dan paling dicintai penggemar. Loki sendiri adalah saudara tiri Thor dan sempat menjadi villain di filmnya. Meskipun begitu, Loki akhirnya berubah arah dan bertarung bersama para supehero dan bahkan merelakan nyawanya selagi bertarung melawan Thanos.

Perubahan drastis di alami Loki di film Thor: Ragnarok saat dia menolong saudaranya Thor untuk bertarung melawan Hela. Sayangnya, Loki masih menyimpan sisi jahat dan licik yang membuatnya kerap menjadi sosok yang tidak terduga. 

5. Severus Snape (Harry Potter and the Deathly Hallows)

5 Karakter Villain yang Berubah Jadi Hero, Ada Severus Snape!Severus Snape dari film Harry Potter (dok. Warner Bros via looper.com)

Severus Snape adalah villain di seri Harry Potter sepanjang seri ini berjalan berkat sikapnya yang misterius dan kasar kepada Harry Potter. Dia juga bekerja dengan musuh Harry dan bahkan membunuh Dumbledore.

Nyatanya, ada maksud tersembunyi dari aksi yang dilakukannya. Semua perbuatan tidak menyenangkannya tersebut bermaksud baik karena Snape ingin melindungi Harry, dan ia pun membunuh Dumbledore atas perintahnya sendiri untuk menyelamatkan Draco Malfoy. 

 

Nah, itulah kelima villain yang berubah menjadi hero. Apakah kamu suka perubahan yang terjadi pada karakter-karakter di atas?

Baca Juga: Selain Cruella, 5 Karakter Villain Disney Layak Dapat Film Orisinal

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya