Comscore Tracker

Merdeka! Film “The East” Ungkap Sejarah Penting di Sulawesi Selatan 

Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah ya

Bulan Agustus memang spesial ya buat rakyat Indonesia. Seperti yang sudah kita tahu pada tanggal 17 Agustus nanti, kita akan merayakan HUT RI ke-76. Meski di tengah kondisi pandemik, kita tetap bisa menyambut hari kemerdekaan dan merasakan euforianya dengan nonton film-film perjuangan. Salah satunya, film “The East” yang bisa kamu tonton di Mola TV.

Film “The East” bercerita tentang seorang pemuda relawan bernama Johan De Vries, diperankan oleh Martijn Lakemeier yang tergabung dalam pasukan Belanda di bawah kepemimpinan Kapten Raymond Westerling dalam operasi pembantaian penduduk desa di Sulawesi Selatan. Penasaran gimana review-nya? Langsung simak yuk. Merdeka!

1. Disutradarai oleh Jim Taihuttu, seorang warga Belanda berdarah Maluku

Merdeka! Film “The East” Ungkap Sejarah Penting di Sulawesi Selatan Jim Taihuttu saat di lokasi pembuatan film The East (NEW AMSTERDAM FILM COMPANY/MILAN VAN DRIL)

Multitalenta! Satu kata yang tepat untuk mendeskripsikan seorang Jim Taihuttu. Pria yang lahir di Venio, Belanda pada tanggal 6 Juli 1981 ini memiliki darah Maluku dari sang ayah. Bakatnya saat menjadi sutradara sudah terbukti dengan beberapa karya, yaitu: Rabat tahun 2001, Wolf tahun 2013, dan di tahun 2020, Jim membuat film yang berjudul “The East”. 

Selain itu, Jim juga merupakan salah satu personel di Yellow Claw, grup DJ yang sudah gak asing ditelinga para pecinta musik EDM. Grup ini masih eksis hingga sekarang, bahkan pada bulan Juli 2020 lalu Yellow Claw berkolaborasi dengan grup Weird Genius featuring Reikko dengan merilis single berjudul “Hush”.

Baca Juga: New York Sedang Banyak Teror! Serial “FBI” Siap Ungkap Kasusnya

2. Premis film ini berdasarkan kisah nyata, mengundang banyak kontroversi

Merdeka! Film “The East” Ungkap Sejarah Penting di Sulawesi Selatan Salah satu adegan film The East (NEW AMSTERDAM FILM COMPANY/MILAN VAN DRIL)

Film “The East” ini diproduksi oleh kerjasama dari 3 negara, yakni: Belanda, Indonesia dan Belgia. Premis film ini berdasarkan kejadian nyata tragedi pembantaian Raymond Westerling yang merupakan peristiwa pembunuhan terhadap ribuan warga sipil di Sulawesi Selatan pada tahun 1946-1947.

Banyak pihak yang merasa keberatan dengan film garapan Jim. Film ini dinilai mencemarkan nama baik pejuang KNIL, propaganda Anti-Belanda, hingga protes dari putri Westerling, yaitu Palmyra Westerling. Sempat mendapat gugatan hukum, namun akhirnya gugatan tersebut gugur dan Jim dinyatakan tidak bersalah. Wah, perjuangan banget ya!

3. Konflik nyata, dilema menyelesaikan misi atau rasa kemanusiaan

Merdeka! Film “The East” Ungkap Sejarah Penting di Sulawesi Selatan Salah satu adegan film The East (NEW AMSTERDAM FILM COMPANY/MILAN VAN DRIL)

Point of view film ini, diambil dari kisah prajurit Belanda bernama Johan De Vries yang diperankan oleh Martijn Lakemeier. Pada awalnya, Johan kagum dengan kepemimpinan Raymond Westerling yang diperankan oleh Marwan Kenzari.

Namun, ketika pertempuran semakin intensif, Johan dirundung konflik batin yang membuatnya dilema. Johan De Vries mempertanyakan dan menantang strategi brutal komandan dalam menghentikan perlawanan demi rasa keadilan dan kemanusiaan.

4. Film ini ungkap sejarah Indonesia, millennial wajib tahu nih!

Merdeka! Film “The East” Ungkap Sejarah Penting di Sulawesi Selatan Salah satu adegan film The East (NEW AMSTERDAM FILM COMPANY/MILAN VAN DRIL)

Sejarah mencatat, peristiwa pembantaian Westerling ini menjadi salah satu tragedi terkelam bangsa Indonesia. Ribuan rakyat sipil menjadi korban, selama rentang waktu tahun 1946-1947. Seperti yang diperlihatkan di film “The East”, Westerling mengeksekusi rakyat sipil yang dicurigai dan dituduh memberontak, langsung tanpa melewati proses pengadilan.

Sebagai millennial, kamu wajib tahu ya peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Sebab, kemerdekaan yang kamu rasakan sekarang ini berkat perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Gak mudah lho, bertahun-tahun melawan penjajah!

Nah, penasaran gak sih sama detail film “The East” dan bagaimana ending ceritanya? Tenang, kamu bisa langsung aja nonton di Mola TV. Pas banget ‘kan bertepatan sama momen kemerdekaan Indonesia! Selain film “The East”, kamu juga bisa nonton berbagai serial, film dan program pilihan yang pastinya menghibur. (WEB)

Baca Juga: Pompa Adrenalin! Ini Cerita dan Action Seru dari Serial “Seal Team”

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya