Comscore Tracker

Tak Diperhitungkan, 5 Film Hollywood Ini Justru Sukses Besar di 2018

#REPLAY2018 Ada yang untungnya mencapai 80 kali lipat!

Sepanjang 2018 ada banyak film keren yang tayang di bioskop tanah air. Tentu gak semuanya bagus dan sukses, tapi gak sedikit juga yang bikin kita meninggalkan studio dengan hati puas.

Yang lebih bikin berkesan, ada sejumlah film yang tidak terlalu diperhitungkan tapi malah mencuri perhatian. Film-film ini biasanya berbudget murah atau mengangkat topik antimainstream. Yuk kita tengok bareng lima film keren berikut.

1. Drama keluarga yang gambarkan pergulatan para ibu, "Tully" panen kritik positif

Tak Diperhitungkan, 5 Film Hollywood Ini Justru Sukses Besar di 2018dok. Bron Studios

Sutradara: Jason Reitman
Pemeran: Charlize Theron, Mackenzie Davis

Charlize Theron menunjukkan kepiawaian aktingnya lewat film garapan Jason Reitman ini. Tak hanya jadi agen rahasia atau jagoan cewek saja, Charlize bisa menjelma menjadi seorang ibu rumah tangga yang memiliki segudang masalah.

Tully tak hanya jadi drama keluarga biasa. Film ini juga berisi pesan tentang pentingnya kesehatan mental. Penggambaran intriknya hubungan rumah tangga di dalamnya juga begitu relatable dengan dinamika suami istri Indonesia. Hanya dengan modal 12 juta USD, Tully berhasil mencetak penghasilan mencapai 22 juta USD.

2. Horor sci-fi antimainstream "A Quiet Place" sukses bikin penonton terkesima

Tak Diperhitungkan, 5 Film Hollywood Ini Justru Sukses Besar di 2018dok. Platinum Dunes

Sutradara: John Krasinski
Pemeran: John Krasinski, Emily Blunt

A Quiet Place merupakan debut pertama John Krasinski sebagai sutradara. Meski begitu, film ini terasa begitu segar karena settingnya yang justru hening di sepanjang film. Walau didominasi kesunyian, namun film ini tetap berhasil meneror penonton hingga selesai menonton.

Hanya diperankan oleh empat aktor utama, film berbudget 21 juta USD ini mampu meraup untung hingga 340 juta USD! Itu artinya keuntungan mereka mencapai 16 kali lipat!

Baca Juga: 20 Momen Seru Festival Film Indonesia 2018, Gading Raih Aktor Tebaik!

3. Horor supranatural yang bikin baper "Hereditary" dihujani pujian oleh para pengamat film

Tak Diperhitungkan, 5 Film Hollywood Ini Justru Sukses Besar di 2018dok. A24

Sutradara: Ari Aster
Pemeran: Toni Collette, Alex Wolff, Milly Shapiro

Berbeda dengan film horor supranatural lainnya, Hereditary mampu mengaduk-aduk perasaan penonton layaknya drama tragis. Dibintangi oleh bintang kawakan Toni Collette dan aktor muda berbakat Alex Wolff, film soal teror mistis yang menghancurkan sebuah keluarga ini berhasil mendulang pujian.

Dengan biaya produksi hanya 10 juta USD, Hereditary berhasil mencetak 79,3 juta USD. Keuntungannya hampir 8 kali lipat dari modal awal!

Baca Juga: 10 Kesalahan Sains Fatal dalam Film Hollywood, Jangan Mudah Percaya Ya

4. Laris manis bahkan jadi salah satu tren 2018, "Crazy Rich Asian" digandrungi jutaan penonton

Tak Diperhitungkan, 5 Film Hollywood Ini Justru Sukses Besar di 2018dok. Warner Bros. Pictures

Sutradara: Jon M. Chu
Pemeran: Michelle Yeoh, Henry Golding, Constance Wu

Di Indonesia Crazy Rich Asian tak hanya jadi film yang menarik disaksikan di bioskop. Aksi terbaru Michelle Yeoh ini juga memicu timbulnya topik, tren, bahkan meme baru! Bercerita soal kehidupan glamor para konglomerat Asia, film ini juga mengangkat citra orang Asia yang selama ini jadi minoritas di Amerika Serikat.

Diproduksi dengan modal 30 juta USD, film garapan Jon M. Chu ini sukses mengumpulkan hingga 238 juta USD! Keuntungan yang diraup hampir mencapai delapan kali lipat dari modal awalnya.

5. Mengikuti petualangan seorang ayah hanya dari gadget & komputernya, "Searching" sukses memukau

Tak Diperhitungkan, 5 Film Hollywood Ini Justru Sukses Besar di 2018dok. Bazelevs Company

Sutradara: Aneesh Chaganty
Pemeran: John Cho, Debra Messing

John Cho ternyata tak hanya mahir memerankan tokoh lucu seperti Harold dalam film seri "Harol and Kumar." Ia bertransformasi menjadi seorang ayah yang berusaha mengungkap misteri hilangnya sang anak perempuan. Uniknya film ini sepenuhnya disuguhkan dalam bentuk layar laptop, gadget, atau televisi sehingga kita seolah terjun langsung mencari sang anak yang lenyap.

Hanya dengan modal produksi 1 juta USD, film garapan Aneesh Chaganty ini berhasil mengantungi 70,8 juta USD. Jika dibulatkan ke atas, keuntungan dari Searching mencapai 80 kali lipat dari modal awalnya! Luar biasa gak, guys?

Itulah tadi 5 film Hollywood yang tak diperhitungkan, namun justru sukses besar selama tahun 2018. Banyak di antaranya yang berbudget sangat kecil dibanding film box office lain, tetapi mampu mencetak keuntungan berkali-kali lipat! Tak hanya itu review yang didapat juga sangat positif. Bukti nih guys, kalau uang gak selalu menjamin kualitas sebuah karya.

Baca Juga: Berbiaya Besar tapi 5 Film Hollywood Ini Gagal di Box Office 2018

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya