Comscore Tracker

Tak Hanya EXO-SC, Ini 10 Kolaborasi Penyanyi Bareng 10cm

Ada Yoona SNSD, Jihyo Twice, dan Rose BLACKPINK

Tanggal 7 Juli 2020, sub unit duo EXO yakni EXO-SC, baru saja merilis salah satu lagu berjudul Telephone, dalam album bertajuk 1 Billion Views. Tak hanya dua rapper kebanggaaan EXO-L yaitu Park Chanyeol dan Oh Sehun, lagu Telephone juga turut menyertakan penyanyi lain, lho.

Yup, dialah penyanyi indie asal Korea Selatan bernama 10cm, yang sudah beberapa kali mengisi OST drama Korea. Nama 10cm bukan lagi nama yang asing di industri musik Korea lho, beberapa penyanyi telah berkolaborasi bareng jauh sebelum EXO-SC.

Yuk, simak penyanyi-penyanyi lain yang pernah kolaborasi, dengan 10cm dan tentunya nggak kalah keren!

1. Byul

https://www.youtube.com/embed/Cgv9APUDlrY

Merasa asing dengan artis yang satu ini? Byul merupakan solois Korea Selatan yang debut sejak tahun 2002, lho. Ia sudah terbiasa mengisi OST drama Korea, dari yang Full House sampaiWhen the Weather Is Fine.

Istri dari komedian Haha (Running Man) ini, rupanya pernah merilis lagu berjudul So Cute bareng 10cm tahun 2012 silam, tipikal lagu manis yang menggambarkan perasaan cinta pada pasangan. 

2. Orange Caramel 

https://www.youtube.com/embed/emqIc45OPN0

Orange Caramel merupakan sub unit dari girl group After School di bawah naungan Pledis Entertainment. Dengan tiga anggota yaitu Nana, Raina, dan Lizzy, 10cm berkolaborasi bersama tiga dara itu, dengan lagu berjudul Hug Song yang dirilis tahun 2013 silam. 

3. Haha dan Skull

https://www.youtube.com/embed/Ope8MY5zjGA

Bagi pecinta variety show Korea Selatan khususnya Running Man, nama Haha pastinya sudah nggak asing lagi, ya. Kalau di awal tadi ada istrinya, kini gantian suaminya yang kolaborasi bareng 10cm. 

Selain sebagai seorang komedian, Haha juga merupakan seorang penyanyi duo bersama Skull. Di tahun 2015, keduanya berkolaborasi juga dengan Kwon Jung Yeol 10cm dalam lagu Beautiful Girl, lho! 

4. J. Lee

https://www.youtube.com/embed/WGmiCv9uSmU

Masih di tahun 2015, 10cm juga berkolaborasi dengan penyanyi pria asal Korea Selatan bernama Lee Jung Hee atau dikenal dengan nama panggungnya yaitu J. Lee.

Keduanya berduet dalam lagu berjudul Nothing Without You, yang terdengar sangat melankolis. Kalau kamu sedang galau, cocok nih mendengar suara apik dua penyanyi ini.

5. Yoona 

https://www.youtube.com/embed/yuCbJykB32M

Siapa sih yang nggak kenal dengan Yoona si primadona Korea Selatan? Di tahun 2016, rekan sekaligus senior satu agensi EXO-SC, Yoona SNSD merilis lagu berjudul Deoksugung Stonewall Walkway.

Berkolaborasi dengan 10cm, lagu bergenre pop dengan melodi yang ceria ini menceritakan kisah romansa di daerah bernama Deoksugung Stonewall Walkway juga lho. 

Baca Juga: Jelang Comeback EXO-SC, Ini Lirik Lagu Solo Chanyeol Berjudul Nothin'

6. Soran

https://www.youtube.com/embed/-RqYAtgg_s4

Tak hanya sekali! Soran sudah berkolaborasi dengan 10cm dalam dua judul lagu yang berbeda, lho. Penyanyi indie asal Korea Selatan ini, berkolaborasi dengan 10cm pada tahun 2016, dengan judul lagu Falling in Love dan di tahun 2018 berkolaborasi kembali dalam lagu berjudul Stuck On You.  

 

7. Chen EXO

https://www.youtube.com/embed/3t3qKc1xwCE

Sebelum kolaborasi dengan EXO-SC, 10cm telah duet lebih dulu dengan member lain EXO yakni Chen. Keduanya menyanyikan lagu bergenre pop dengan judul Bye Babe yang dirilis tahun 2017.

Meski melodi lagunya terdengar ceria dan menyenangkan, rupanya lagu ini punya lirik yang sedih, lho. 

8. Yong Jun Hyung 

https://www.youtube.com/embed/rD8iXrvL2EY

Yong Jun Hyung awalnya dikenal sebagai idol yang debut bersama boy group Beast dan  namanya sempat diganti Highlight. Penyanyi sekaligus rapper ini merilis lagu berjudul Sudden Shower bersama 10CM pada tahun 2018 dengan lirik yang melankolis, lho!   

9. Jeong Eun Ji feat. 10cm

https://www.youtube.com/embed/wbU_jzQI8Y8

Selain sukses bersama girl group Apink, Eunji juga sukses dalam bersolo karier, lho. Setiap perilisan lagunya selalu dinantikan oleh pendengar setianya.

Di tahun 2019, Eunji juga melakukan kolaborasi bareng 10cm membawakan lagu berjudul Be With Me.   

10. Chanyeol EXO, Jihyo Twice, Rose BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/-aMvq42DWO4

Baca Juga: EXO-SC Kejutkan Penggemar dengan 'Telephone', Ini Liriknya!

Terakhir nih, kolaborasi spesial yang sempat bikin heboh para fans KPop karena kolaborasi tiga agensi besar Korea Selatan yaitu SM, JYP, dan YG Entertainment. Nggak tanggung-tanggung, 10CM kolaborasi di panggung yang sama dengan Chanyeol EXO, Jihyo Twice, dan Rose BLACKPINK dalam acara SBS Gayo Daejun 2016. 

Wih, keren banget ya? Begitulah 10 penampilan 10CM bersama penyanyi Korea Selatan lainnya. Penyanyi mana lagi yang kamu harapkan kolaborasinya, nih?

 

Dian Aulia Photo Verified Writer Dian Aulia

Banyak-banyak merenung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya