Comscore Tracker

5 Film yang Lolos Seleksi Awal FFI 2022, Ada KKN Desa Penari dan Inang

Menurutmu film mana yang bakal menang?

Kalian pasti nyesel banget kalau gak nonton deretan film yang lolos seleksi awal Festival Film Indonesia (FFI) 2022. Diketahui dari laman resmi Festival Film Indonesia, terdapat 30 film dalam berbagai genre yang lolos dalam tahapan awal tersebut.

Dalam ajang bergengsi ini, film-film tersebut akan memperebutkan Piala Citra 2022. Duh, makin penasaran kan film apa yang bakal menang di perhelatan besar tersebut. Langsung aja simak review film yang lolos seleksi awal FFI 2022, ada "KKN Desa Penari" dan "Inang" juga lho!

1. KKN di Desa Penari (2022)

https://www.youtube.com/embed/jtDRXPTZT-M

Film adaptasi thread Twitter dengan judul yang sama ini berhasil membuat antrian membludak di seluruh bioskop Indonesia, lantaran sempat mengalami penundaan tayang dua kali akibat pandemi.

Film yang berangkat dari akun Twitter @SimpleMan ini menceritakan kisah tragis keenam mahasiswa yang disamarkan identitasnya dengan nama Ayu, Widya, Bima, Nur, Wahyu, dan Anton. Tragedi dalam film "KKN di Desa Penari" dimulai dari teror sang penunggu desa yang mengincar Widya.

Demi mendapatkan Widya, penunggu desa bernama Badarawuhi tersebut sampai memanipulasi kedua temannya bernama Ayu dan Bima agar bisa membantunya untuk mendapatkan sang penerus. Alih-alih bekerja sama, Ayu dan Bima justru melakukan hal terlarang yang mengakibatkan sukma keduanya tertahan di alam gaib.

Berhasilkah enam orang mahasiswa tersebut pulang dalam keadaan selamat? Yuk, langsung temukan jawaban dari nasib mereka berenam dalam film "KKN di Desa Penari".

2. Inang (2022)

https://www.youtube.com/embed/a2sIfWP55u4

Film horor pertama karya sineas kawakan, Fajar Nugros ini berhasil menembus festival BIFAN 2022 di Korea Selatan. Tidak hanya itu, film yang mengangkat tema budaya Jawa, Rabu Wekasan ini juga mendapatkan respon yang positis selama pemutaran.

Film yang dibintangi oleh aktor-aktor besar Indonesia seperti Naysilla Mirdad, Dimas Anggara, dan Lydia Kandou ini menceritakan tentang seorang perempuan yang hamil di luar nikah bernama Wulan. Alih-alih bertanggung jawab, sang pacar justru meninggalkan Wulan dalam keadaan hamil besar sendirian.

Tentu saja Wulan sangat bingung bagaimana cara menghadapi situasi tersebut. Saking bingungnya, ia sampai mencari saran di grup-grup media sosial. Tidak lama kemudian, Wulan akhirnya bertemu dengan grup relawan yang bisa membantunya untuk menemukan keluarga yang bisa membantu Wulan dan calon anaknya.

Melalui grup tersebut, bertemulah Wulan dengan keluarga Santoso yang menyanggupi untuk membantu dan mengadopsi calon anaknya kelak. Wulan langsung menyetujui tawaran keluarga tersebut, tanpa mengetahui bahwa ia dan calon anaknya akan dijadikan tumbal untuk ritual sesat.

Lantas bagaimana dengan nasib Wulan dan calon anaknya? Langsung tonton aja film "Inang" yang ditayangkan pada tanggal 13 Oktober 2022 mendatang.

3. Srimulat: Hil Yang Mustahal – Babak Pertama (2022)

https://www.youtube.com/embed/-R-tSLyy-uI

Siapa sih yang gak tahu film lawak best seller satu ini? Yap, sesuai dengan judulnya, film "Srimulat: Hil yang Mustahal" merupakan film biografi yang menceritakan tentang perjalanan karier grup lawak legendaris di Indonesia, yakni grup Srimulat.

Grup yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo tersebut dikenal sebagai grup lawak pertama yang sangat laris dan populer pada tahun 80-90an. Film "Srimulat: Hil yang Mustahal" diawali dari keinginan grup lawak bernama Srimulat yang ingin mengadakan pertunjukkan besar di ibu kota Jakarta. 

Selama perjalanannya tersebut, kita akan dibuat tertawa terpingkal-pingkal dengan lawakan-lawakan khas dari grup lawak tersebut. Yuk, tonton kelanjutan perjuangan grup lawak tersebut dalam film "Srimulat: Hil yang Mustahal".

4. Noktah Merah Perkawinan (2022)

https://www.youtube.com/embed/1GYzfiYLa1A

Anak 90-an pasti familier dengan sinetron "Noktah Merah Perkawinan". Nah, pada tahun 2022, sinetron tersebut diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama. Film yang dibintangi oleh sederet aktor-aktor kawakan Indonesia, seperti Marsha Timothy, Oka Antara, dan Sheila Dara ini menceritakan tentang pasangan suami-istri yang diperankan oleh Marsha dan Oka sebagai Ambar dan Gilang.

Film ini bermula dari sang suami, Gilang, seorang arsitek yang berjuang merintis usahanya sendiri setelah meninggalkan perusahaan arsitektur milik ayahnya. Saat proses perintisannya tersebut, Gilang bertemu dengan Yuli, seorang perempuan pintar yang menjadi muridnya.

Di momen itulah tercipta percikan-percikan yang terlarang di antara keduanya. Tidak cukup sampai situ, Ambar dan Gilang juga masih harus menghadapi masalah yang ditimbulkan oleh kedua orang tuanya. Bisakah mereka berdua menyelamatkan rumah tangga mereka? Saksikan perjuangan keduanya dalam film "Noktah Merah Perkawinan" di bioskop kesayanganmu!

5. Ivanna (2022)

https://www.youtube.com/embed/O29hLG_37qI

Film adaptasi novel yang berjudul "Ivanna Van Dijk" karya Risa Saraswati ini langsung digadang-gadang menjadi film horor dengan premis yang paling tragis. Film "Ivanna" menceritakan tentang teror hantu Belanda bernama Ivanna. Hantu perempuan berambut pirang tersebut merasa murka dengan rakyat pribumi karena merasa dikhianati saat Jepang datang untuk menjajah Indonesia, padahal semasa hidupnya Ivanna dan keluarganya memperlakukan pribumi dengan sangat baik.

Tragisnya lagi, saat pembersihan yang dilakukan oleh tentara Jepang, Ivanna dibunuh dengan cara dipenggal. Merasa tidak terima dengan kematiannya, Ivanna lantas meneror sebuah keluarga yang tinggal di tempat di mana ia dipenggal. Berhasilkah keluarga tersebut lolos dari teror Ivanna? Atau justru keluarga itu akan mengikuti jejak tragis Ivanna?

Nah, itu dia film yang lolos seleksi awal FFI 2022, termasuk KKN Desa Penari dan Inang. Menurut kalian, film mana nih yang pantas mendapatkan Piala Citra 2022?

Baca Juga: 6 Film Sekte Indonesia, Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup!

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya