Comscore Tracker

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021

Pantas masuk nominasi Emmy #IDNTimesHype

Sadar atau tidak serial televisi jadi hiburan favorit banyak orang sepanjang tahun 2020 sampai kini. Keberadaannya membuat karantina mandiri jadi lebih mudah.

Tak heran banyak aktor yang bersinar berkat peran mereka di serial TV. Termasuk para aktor dan aktris pendukungnya. Meski bukan lakon, eksistensi mereka sangat berpengaruh dan dinantikan pemirsa. Siapa saja?

1. Bill Camp, The Queen's Gambit 

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021Bill Camp (backstage.com)

Di urutan pertama ada Bill Camp yang memerankan sosok Mr. Shaibel di The Queen's Gambit, penjaga sekolah yang memperkenalkan Beth Harmon pada permainan catur. 

Sepanjang serial, Bill Camp hanya tampil di beberapa episode awal. Namun, karakternya akhirnya dikenang baik oleh penonton saat ia meninggal mendekati episode terakhir karena faktor usia. Sampai detik terakhir dalam hidupnya, Mr. Shaibel digambarkan sangat bangga pada Beth dan menjadi fans nomor satunya. 

Peran tersebut mengantarkannya menyabet nominasi SAG Awards 2021 sebagai pemeran pendukung terbaik dan difavoritkan masuk nominasi Primetime Emmy Awards tahun ini untuk kategori yang sama. Sebelumnya, ia sudah pernah menyabet nominasi tersebut di Emmy pada tahun 2017 lalu karena perannya di serial The Night Of. 

2. Kathryn Hahn, WandaVision 

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021Kathryn Hahn (instagram.com/kathrynhahnofficial)

Hampir semua setuju kalau kehadiran karakter Agatha Harkness di serial WandaVision mampu menyemarakkan suasana. Semua tidak lepas dari kerja keras sang aktris, Kathryn Hahn. Meski bersinar karena WandaVision, Kathryn sebenarnya sudah lama berakting. Ia sudah membintangi beberapa film dan serial besar seperti Bad Moms, Mrs. Fletcher, dan Spider-Man: Into the Spider-Verse. 

Performanya yang menghipnotis di serial andalan Disney+ tersebut memunculkan istilah Hahnassaince di internet, merujuk pada kepiawaian Hahn meramaikan sebuah cerita lewat pembawaannya yang khas dan menghibur. 

3. Evan Peters, Mare of Easttown dan WandaVision 

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021Evan Peters (refinery29.com)

Tak cukup satu, Evan Peters bersinar tahun ini karena dua serial sekaligus. Pertama tentu WandaVision karena kehadirannya di serial tersebut cukup mengejutkan, tetapi mampu membuat penonton bertanya-tanya hingga terinspirasi membuat beberapa teori konspirasi.

Kedua, adalah peran pembantu di serial anyar HBO Mare of Easttown yang juga masuk salah satu serial favorit warganet. Di serial tersebut, Evan berperan sebagai kolega detektif Mare yang diperankan Kate Winslet. Bukan hanya pemanis, kontribusi karakter Evan cukup signifikan di serial tersebut. Jika Evan Peters berhasil dinominasikan tahun ini, itu akan menjadi nominasi Primetime Emmy Awards pertamanya setelah perannya di AHS tidak dianggap. 

4. Nicola Coughlan, Bridgerton 

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021Nicola Coughlan (instagram.com/nicolacoughlan)

Walaupun banyak yang menganggap alur cerita Bridgerton sedikit problematik, nyatanya serial Netflix tersebut mampu jadi internet sensation selama beberapa bulan sejak rilis perdana di akhir 2020. Selain kedua lakon utamanya, Nicola Coughlan yang memerankan Penelope mencuri perhatian. 

Karakternya digambarkan sebagai anak bawang di keluarga, tetapi pada akhirnya terungkap sebagai sosok yang selama ini mengontrol jalan cerita Bridgerton sepanjang musim pertama. Dua sisi karakter Penelope sukses mencuri hati penonton yang akhirnya setuju bahwa Nicola berhak merengkuh nominasi Emmy tahun 2021 ini. Sebelum Bridgerton booming, Nicola sudah bermain apik di serial Derry Girls

Baca Juga: 6 Aktor Cilik Pendukung Ini Curi Perhatian di KDrama Paruh Awal 2021

5. Brett Goldstein, Ted Lasso

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021Brett Goldstein (instagram.com/mrbrettgoldstein)

Walau tak sepopuler WandaVision dan The Queen's Gambit di Indonesia, Ted Lasso selalu masuk daftar serial terbaik di berbagai media. Serial tersebut juga sudah menggondol beberapa nominasi bergengsi di Inggris.

Ted Lasso yang mencoba mengulik balik layar sebuah klub sepakbola tersebut sebenarnya berlakonkan Jason Sudeikis sebagai sang pelatih. Namun, untuk aktor pendukung, Brett Goldstein yang memerankan kapten tim difavoritkan menjadi perwakilan Ted Lasso di Emmy tahun ini. Bersanding dengan Hannah Wadingham yang karakternya sebagai pemilik klub sepakbola juga memesona. 

6. John Boyega, Small Axe 

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021John Boyega (instagram.com/johnboyega)

John Boyega bersinar tahun ini karena perannya di salah satu episode serial antologi Small Axe yang berjudul Red, White, and Blue. Ia memerankan tokoh nyata bernama Leroy Logan, polisi kulit hitam yang bertugas di satuan London Metropolitan Police pada tahun 80an.

Karakternya menemukan banyak rasisme sistemik di tubuh kepolisian yang akhirnya menginspirasinya membentuk asosiasi untuk para polisi kulit hitam guna menyuarakan hak mereka. Episode tersebut cukup mengena karena proses syutingnya bertepatan dengan kemunculan gerakan BLM tahun lalu. Sebelum difavoritkan sebagai salah satu calon pemenang Emmy untuk kategori aktor pendukung, John Boyega lebih dulu mengantongi piala Golden Globe awal tahun kemarin. 

7. Rosie Perez, The Flight Attendant

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021Rosie Perez (tvinsider.com)

Rosie Perez akhirnya mendapatkan peran yang membuktikan bakat aktingnya. Meski sudah pernah tampil di film box office macam Fearless dan Birds of Prey, perannya sebagai Megan di serial The Flight Attendant wajib diacungi dua jempol.

Sama dengan Penelope di Bridgerton, Megan digambarkan memiliki dua sisi yang perlahan terungkap seiring berjalannya waktu. Perkembangan karakter yang dibawakan apik oleh Rosie Perez membuktikan bahwa ia bisa jadi apapun. Tak salah memasukkan Rosie dalam daftar calon peraih Emmy tahun ini. 

8. Anthony Ramos, In Treatment 

8 Aktor Pendukung Terbaik di Serial TV yang Bersinar 2021Anthony Ramos (instagram.com/anthonyramosofficial)

Gemilang di film musikal Hamilton dan In The Heights, Anthony Ramos ramai didukung untuk meraih Emmy karena peran lainnya di serial In Treatment. Serial drama melankolis ini mendapuknya menjadi perawat live-in untuk seorang pasien. Di sisi lain, ia sendiri berjuang dengan kesehatan mentalnya dan harus menjalani sesi terapi secara daring. 

Lewat pembuktiannya di beberapa film tersebut, Anthony Ramos kini mulai dilirik untuk peran-peran yang lebih besar.

Sudah nonton aksi mereka di serial dan film? Kalau belum, wajib nonton. Gak bakal menyesal.

Baca Juga: Dianggap Sepele, 5 Artis Pendukung Penthouse 2 Ini Punya Peran Penting

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya