Comscore Tracker

10 Lagu Barat Bernuansa Musim Panas yang Cocok untuk Teman Road Trip

Dominasi genre indie-pop

Pandemi sudah mulai mereda, makin banyak darimu yang sudah melancong ke berbagai tempat. Tak peduli moda transportasi apa yang kamu pilih, setidaknya punya lagu-lagu seru yang bisa menemani itu bakal mengobati rasa lelah dan bosan.

Kamu bisa menilik beberapa lagu bernuansa musim panas dari sejumlah musisi Barat berikut. Sendiri, ramai-ramai bareng teman sejawat, sepuluh lagu berikut siap meriahkan jam demi jam yang kamu lalui sebelum sampai kota atau negara tujuanmu. Ada yang rilisan terbaru. 

1. Fly By Midnight - No Choice

https://www.youtube.com/embed/YKPBmG1B86Q

Lagu "No Choice" dirilis pada 2021 lalu oleh duo Fly By Midnight. Meski nuansanya musim panas yang breezy dan melodinya cukup menghentak, lagu ini sebenarnya cukup nelangsa dari segi lirik. 

Ia berkisah tentang seseorang yang sedang berjibaku dengan rasa kehilangan setelah putus dari kekasihnya. Mungkin kamu juga pernah merasakannya, nih. Melupakan si dia yang pernah mengisi hati dan mewarnai hari-harimu memang tidak semudah yang dibayangkan.

Mengingat nadanya cukup ceria, ia bisa jadi pelipur lara. Ideal pula dinikmati di kala kamu sedang sendirian di dalam mobil atau kendaraan umum. Sambil menikmati pemandangan hiruk pikuk kota, sesuai dengan video musiknya. 

2. The 1975 - I'm In Love With You

https://www.youtube.com/embed/UVzVUDXoi0Y

"I'm In Love With You" merupakan salah satu single terbaru dari band The 1975 yang akan dimasukkan dalam album Being Funny in a Foreign Language yang direncanakan rilis pada Oktober 2022. Lewat wawancara dengan Pitchfork, mereka mengaku bahwa video musik lagu ini merupakan sekuel dari video musik “A Change of Heart”. Terlihat pula musisi Phoebe Bridgers turut berperan sebagai cameo di dalamnya. 

Lagu ini bernuansa musim panas dengan melodi menenangkan dan catchy. Secara lirik pun, ia bisa dikategorikan lagu yang dengan vibrasi positif. Meski bagian chorus-nya repetitif, ia tak bikin bosan. 

3. The Band CAMINO - Damage 

https://www.youtube.com/embed/btlvWhxCjYc

Dirilis tahun 2021 lalu sebagai bagian dari album self-titled mereka, "Damage" berisikan curahan hati seseorang yang merasa dijadikan ban serep. Namun, ia tak bisa berhenti berharap dan mencintai sang pujaan hati. 

Walau liriknya miris dan menyedihkan, lagu ini dibuat dengan hentakan drum dan petikan gitar yang catchy. Perpaduan sempurna genre pop dan rock yang mencegah kantuk selama perjalanan. 

4. Vance Joy - Missing Piece

https://www.youtube.com/embed/atka_0TUTLM

Saat bicara lagu bernuansa musim panas, jangan lewatkan Vance Joy. Solois asal Australia ini baru saja melepas album terbarunya yang berjudul In Our Own Sweet Time. Secara umum, album ini memang pas didengarkan saat musim panas. 

Terutama lagu "Missing Piece" yang berkisah tentang seseorang yang saling merindukan satu sama lain. Pas kamu putar pada perjalanan menuju rumah atau kampung halaman. Pas banget dengan momen setelah pandemi seperti sekarang. Kamu sudah bebas bepergian dan bertemu kawan serta kerabat. 

5. Elina - Paper Plane

https://www.youtube.com/embed/1suA1EWGfag

"Paper Plane" dari Elina bisa dikategorikan lagu mellow summer. Artinya lagu-lagu musim panas yang sebenarnya bikin mewek. Liriknya ditulis dari sudut pandang seseorang yang harus merelakan hubungannya kandas setelah beberapa waktu bersama. 

Namun, semua dilakukan atas dasar konsensus atau keputusan bersama. Pengingat kalau terkadang tak semua yang kita rencanakan bisa terwujud sesuai harapan.  

Baca Juga: 10 Lagu Barat tentang Broken Home, Liriknya Nyesek Pol!

6. Hardcastle - Blue Sky 

https://www.youtube.com/embed/M863odl6TJc

Kalau butuh lagu yang memotivasi, "Blue Sky" milik Hardcastle berikut bisa disetel selama perjalanan. Liriknya pun pas untuk kamu yang sedang berada di titik terendah dan butuh pengingat kalau segala kesulitan akan berlalu pada waktunya selama kamu berusaha. 

Temponya sedang, nyaman didengar dengan earphone saat kamu sedang naik kendaraan umum. Atau nyalakan melalui speaker mobil saat road trip sambil menikmati pemandangan langit biru. 

7. Valley - Last Birthday

https://www.youtube.com/embed/xbDIpCErjvs

Valley adalah band indie-pop yang jago bikin lagu-lagu berkonsep nostalgic. Kali ini kamu wajib mendengar lagu "Last Birthday". Ia berkisah tentang seseorang yang menyatakan kerelaannya untuk membersamai seseorang dalam suka dan duka meskipun si dia tak akan melakukan hal yang sama untuknya. 

Terlepas dari liriknya yang nelangsa dan bucin, lagu ini cocok didengar saat road trip atau saat kamu hendak melamun di perjalanan. Dengan vokal yang lembut, Valley bakal membawamu melupakan sejenak masalah di dunia nyata dan mungkin mengingat seseorang yang kamu sedang taksir atau cintai. 

8. Sunflower Bean - Moment in the Sun 

https://www.youtube.com/embed/Ij3FfnVQsWw

Sesuai dengan judulnya, lagu dari Sunflower Bean ini bercerita tentang dua orang yang sedang kasmaran dan ingin selalu menghabiskan waktu bersama. Lagu "Moment in the Sun" sudah dilepas sejak 2020 lalu, tetapi baru-baru ini meroket setelah diputar dalam salah satu adegan di serial Heartstopper

Tak hanya lagu ini, beberapa lagu yang diputar dalam serial laris tersebut ikut kecipratan rezeki. Termasuk lagu lawas Orla Gartland yang berjudul "Why Am I Like This? dan "What’s It Gonna Be?" milik Shura. 

9. Cavetown - Fall in Love with A Girl ft. Beabadoobee

https://www.youtube.com/embed/Uk2jRDvHPbk

"Fall in Love With A Girl" merupakan lagu terbaru ciptaan Cavetown yang ia rilis dalam dua versi. Satu versi duet bareng Beabadoobee dan satu lagi yang lebih mellow ia nyanyikan bareng Orla Gartland. 

Lagu ini secara garis besar mengingatkan dan memotivasi seseorang untuk segera keluar dari hubungan toksik yang menjebaknya. Ia dinyanyikan dengan suara yang menenteramkan dengan alunan musik bertempo sedang khas musik-musik indie-pop.

10. Dayglow - Then It All Goes Away

https://www.youtube.com/embed/LCdeGt7mQTg

Dayglow juga punya banyak lagu yang seru diputar untuk merasakan momen musim panas yang ceria. Selain lagu "Can I Call You Tonight" yang belakangan populer, kamu bisa coba single terbarunya yang berjudul "Then It All Goes Away". 

Video musiknya pun menunjang dengan backdrop langit biru yang cerah. Alunan gitar, piano, dan drumnya yang ceria siap bikin perjalananmu lebih menyenangkan. 

Lagu bernuansa musim panas memang bisa memperbaiki suasana hati yang sedang gundah. Pas dinyalakan saat melakoni perjalanan, biar kamu terbebas dari rasa kantuk saat harus berkendara. 

Baca Juga: 10 Lagu Barat tentang Kehilangan, Lapangkan Sesak di Hati  

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya