Comscore Tracker

5 Karakter Disney yang Rasnya Tak Sesuai dengan Kartun, Terbaru Ariel

Pemilihan Halle Bailey jadi Ariel tuai beragam reaksi

Disney baru-baru ini mengungkapan sedikit cuplikan saat Halle Bailey menjadi Ariel dalam The Little Mermaid. Namun, tayangan tersebut menuai beragam komentar dari publik, karena ras Ariel yang tak sesuai dengan kartun aslinya.

Di sisi lain, fenomena race swapping ini pernah terjadi dalam sederet film yang diangkat dari kisah Disney. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Blue Fairy di Pinocchio

5 Karakter Disney yang Rasnya Tak Sesuai dengan Kartun, Terbaru Arielcuplikan film Pinocchio (1940) dan Pinocchio (2022) (IMDb.com)

Pinocchio versi live action baru saja dirilis pada tahun 2022 ini. Film ini masih mengisahkan cerita klasik mengenai boneka kayu dihidupkan oleh peri yang disebut Blue Fairy.

Dalam film animasinya yang dirilis tahun 1940, Blue Fairy ditampilkan sebagai perempuan berambut pirang dan berkulit putih. Namun, dalam versi live action-nya kali ini, Blue Fairy dimainkan oleh Cynthia Erivo yang berkulit hitam.

2. Tiger Lily di Pan

5 Karakter Disney yang Rasnya Tak Sesuai dengan Kartun, Terbaru Arielcuplikan Peter Pan (1953) dan Pan (2015) (IMDb.com)

Kisah Peter Pan dan Wendy juga akan diangkat ke dalam bentuk live action dan direncanakan akan tayang pada tahun 2023 mendatang. Namun, karya Disney ini sempat dibuat versi live action pada tahun 2015 silam dengan judul Pan.

Dalam film tersebut, karakter Tiger Lily yang merupakan putri dari Kepala Suku Indian Neverland diperankan oleh Rooney Mara. Tentu, hal ini berbanding terbalik karena Rooney adalah seorang aktris berkulit putih.

3. Snow White di Snow White

5 Karakter Disney yang Rasnya Tak Sesuai dengan Kartun, Terbaru Arielcuplikan Snow White and the Seven Dwarfs (1937) dan Snow White (2024) (IMDb.com)

Film Snow White dalam bentuk live action juga akan segera tayang di tahun 2024. Namun, pemilihan pemain untuk karakter utama sempat menuai kritikan.

Rachel Zegler yang merupakan aktris keturunan Latin ini akan memerankan Snow White. Hal ini menimbulkan pertentangan karena kisah Snow White sendiri diambil dari cerita rakyat Jerman dan karakternya berkulit putih pucat.

Baca Juga: Penampakan Perdana Halle Bailey 'The Little Mermaid' Diungkap di D23

4. Anita Darling di Cruella

5 Karakter Disney yang Rasnya Tak Sesuai dengan Kartun, Terbaru Arielcuplikan One Hundred and One Dalmatians (1961) dan Cruella (2021) (IMDb.com)

Dalam film One Hundred and One Dalmantians, Anita merupakan istri dari Roger Radcliffe dan pemilik Perdita. Penampilan Anita dalam film animasinya ini berambut pendek terang dan berkulit putih.

Namun, hal berbeda ditampilkan dalam prekuel Cruella. Anita dikisahkan masih bekerja sebagai reporter dan belum menikah. Kirby Howell-Baptiste yang didapuk sebagai Anita dalam film ini juga memiliki perbedaan ras dengan film animasinya.

5. Ariel di The Little Mermaid

5 Karakter Disney yang Rasnya Tak Sesuai dengan Kartun, Terbaru Arielcuplikan The Little Mermaid (1989) dan The Little Mermaid (2022) (IMDb.com)

Hal serupa juga terjadi pada pemilihan Halle Bailey menjadi Ariel di The Little Mermaid. Meski memang dalam film animasi Ariel tak memiliki ras, tetapi sosoknya identik dengan berkulit putih serta berambut halus.

Namun, film live action ini menampilkan Halle Bailey, aktris Afrika-Amerika yang berkulit hitam. Selain itu, penampilan rambutnya juga berbeda dengan karakter aslinya. Pemilihan pemain ini mengundang banyak reaksi publik.

Ada netizen yang setuju dan senang, ada pula yang menganggap Disney menghancurkan bayangan masa kecil mereka. Di sisi lain, video trailer The Little Mermaid di kanal Youtube resmi Walt Disney Studios menerima lebih dari 1,5 juta dislike. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film The Little Mermaid, Bakal Tayang 2023

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya