Comscore Tracker

5 Film tentang Kasus Korupsi Berdasarkan Kisah Nyata, Bikin Gregetan!

#IDNTimesHype Berani berkaca dengan kisah filmnya?

Korupsi merupakan kejahatan kelas kakap dan tindakan buruk yang dapat merugikan berbagai elemen. Pasalnya, oknum yang melakukan korupsi telah mengambil hak orang lain dan memakai kekuasaannya untuk kepentingan pribadi.

Tak hanya terjadi di masa kini, kejahatan kelas kakap tersebut sudah ada di zaman pemerintahan terdahulu. Banyak orang telah menaruh perhatian kepada kasus korupsi karena dampaknya yang tidak baik. 

Salah satunya adalah industri film yang bergerak untuk mengangkat tema kisah nyata kasus korupsi. Berikut deretannya!

1. Serpico (1973)

https://www.youtube.com/embed/eoP6bH2ymFo

Film karya Sidney Lumet ini mengambil kisah nyata polisi di New York City Police Department (NYPD). Bercerita tentang seorang polisi, Frank Serpico (Al Pacino), yang dikenal jujur dan patuh pada aturan serta berusaha menumpas kejahatan korup yang dilakukan oleh teman-temannya, sesama anggota kepolisian.

Hal tersebut membuat Serpico dibenci oleh teman-temannya. Tak hanya itu, keberanian Serpico dalam membuka aib para anggota korup di depan dewan, justru membawa ia dalam kondisi terancam.

Ia ditembak teman-temannya lewat pembunuh bayaran. Untungnya, Serpico tidak tewas dan hanya mengalami luka-luka. Kondisi yang lemah membuat ia memilih untuk mengundurkan diri dari dinas kepolisian.

2. Prince of The City (1981)

https://www.youtube.com/embed/CUz8HKTGsPM

Film kedua dari sutradara Sidney Lumet ini mengangkat kisah nyata seorang detektif bernama Leuci. Detektif tersebut dipercaya serta ditugaskan oleh polisi anti korupsi, Frank Serpico dan David Durk untuk mengumpulkan bukti-bukti korupsi anggota kepolisian.

Atas investigasi tersebut, Leuci dibantu oleh Kejaksaan Agung Amerika untuk menangani kasus korup anggota New York City Police Department (NYPD). Suatu ketika, Leuci berhasil mengumpulkan rekaman rahasia rekan-rekannya yang terindikasi korupsi.

Prince of The City (1981) merupakan film yang pernah masuk nominasi Oscar dalam adaptasi naskah terbaik di tahun 1981.

3. The Untouchables (1987)

https://www.youtube.com/embed/2cGat1xI8G8

The Untouchables diangkat dari autobiografi mantan agen penegak hukum federal di Biro Pelarangan bernama Eliot Ness (Kevin Costner) yang berusaha menyelidiki sekaligus menangkap para pelaku mafia.

Suatu ketika didapat informasi bahwa Al Capone (Robert De Niro) tengah menjalankan usaha ilegal pembuatan bir, penyelundupan manusia dan prostitusi di Amerika. Tak hanya itu, untuk melindungi usaha ilegalnya, Al Capone menyuap penegak hukum dan menggelapkan pajak.

Atas informasi tersebut, Ness berusaha menangkap dan menghadapi para orang bayaran termasuk polisi yang korup. Kemudian, Ness mendapat saran dari polisi senior bernama Jimmy Malone (Sean Connery) bahwa jika Ness ingin menyeret mafia Al Capone, ia harus melanggar beberapa aturan yang sudah ditetapkan untuk sementara waktu.

The Untouchables (1987) merupakan film yang berhasil mendapatkan 4 nominasi oscar dan aktor Sean Connery berhasil meraih penghargaan kategori aktor pembantu terbaik.

Baca Juga: 5 Film Kriminal Penuh Adrenalin seperti Leon: The Professional, Seru!

4. American Gangster (2007) 

https://www.youtube.com/embed/BV_nssS6Zkg

American Gangster yang disutradarai oleh Ridley Scoot bercerita tentang seorang mafia narkoba bernama Frank Lucas (Denzel Washington) yang awalnya berprofesi sebagai sopir.

Frank merupakan sosok pendiam dan sederhana, namun ia telah banyak mempelajari hal tentang dunia narkoba dan berhasil membangun kartel. Salah satu faktor yang membuat bisnisnya berkembang adalah berkat racikan narkoba yang diberi nama Blue Magic

Namun, bisnis narkoba Frank mulai terbongkar oleh detektif Richie Robert (Russell Crowe), seorang polisi yang ternyata banyak mengalami masalah. Hal tersebut, membuat Frank mulai mendapat masalah, seperti banyak saingan, pasokan narkoba yang mulai terancam, hingga banyak dari polisi korup yang menagih dan meminta jatah uang suap.

5. Rampart (2012)

https://www.youtube.com/embed/vpte72HaLRE

Rampart adalah salah satu film yang diadaptasi dari kisah nyata 'Skandal Rampart', sebuah divisi yang memiliki tugas untuk memerangi para mafia di bawah perintah Los Angeles Police Department (LAPD).

Bercerita tentang seorang veteran yang kini menjadi polisi bernama Dave Brown (Woody Harrelson). Sebagai penegak hukum, Dave bukanlah seseorang yang patut diteladani. Ia banyak melakukan tindakan yang menyalahi aturan. 

Saat kondisi sudah mulai terkendali, ia masih berusaha untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar namun tak ada kaitannya lagi dengan ilegal.

Kisah nyata korupsi tidak akan lekang oleh waktu. Sebab, kasus tersebut hingga kini masih langgeng di masyarakat hingga diangkat menjadi sebuah film. Setelah lihat deretan film di atas, udah memutuskan mau nonton film yang mana?

Baca Juga: 5 Film yang Terinspirasi dari Kasus Kriminal Nyata Tak Terpecahkan

Faialms Photo Verified Writer Faialms

welcome, happy reading~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya