Comscore Tracker

5 Film Horor Terbaik dengan Rating 100 Persen Versi Rotten Tomatoes

Ngeri abis, berani nonton? #HypeIDN

Film horor menjadi salah satu genre  paling tua dalam perfilman dunia. Meski demikian, genre ini masih cukup sering diremehkan karena dianggap lebih mengedepankan jumped scare daripada plot cerita yang berkualitas. Tetapi ini menjadi pengecualian bagi deretan film horor berikut ini.

Mereka memiliki plot cerita yang berkualitas, bahkan situs Rotten Tomatoes memberikan rating sempurna alias 100 persen. Apa saja itu? Ini ulasannya.

1. Creep 2 (2017)

https://www.youtube.com/embed/838PE2pbzM4

Ini adalah sekuel dari film horor found footage tahun 2014 yang disutradarai oleh Patrick Brice dan dibintangi oleh Mark Duplass. Creep pertama adalah cerita mengerikan tentang seorang pembunuh berantai yang memilih videografer sebagai korbannya, jadi ada catatan pembunuhannya dan film tersebut diterima dengan baik oleh penonton dan kritikus.

Sekuelnya ini memperluas konsep dan melanjutkan cerita dengan tidak hanya mengandalkan horor, tapi juga dark comedy. Film ini berfokus pada seorang video artist yang mencari pekerjaan dengan berkendara ke sebuah rumah terpencil di hutan untuk bertemu dengan seorang pria yang mengaku sebagai pembunuh berantai.

Setelah setuju untuk menghabiskan hari bersamanya, dia segera menyadari bahwa dia membuat kesalahan yang mematikan.

2. One Cut Of The Dead (2017)

https://www.youtube.com/embed/Du2XfUDfjN0

Sub-genre zombie modern lahir lewat film karya George Romero Night Of The Living Dead. Sejak itu, bermunculan banyak film zombie  lainnya, dengan inovasi yang terjadi dari waktu ke waktu, seperti pada 28 Days Later dan Train To Busan yang memperkenalkan konsep zombie berlari.

Sedangkan One Cut Of The Dead  hadir dengan zombie horor-komedi, sebuah film Jepang tahun 2017 yang mengisahkan kru pembuat film di tengah-tengah kiamat zombie yang sebenarnya. Film itu sukses, menghasilkan seribu kali lipat dari jumlah anggarannya di box-office.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Film Horor Barat untuk Halloween, Jangan Sendirian deh!

3. The Wailing (2016)

https://www.youtube.com/embed/TVTbF379ORM

Sinema Korea dikenal kuat dalam menghadirkan film horor berkualitas selama beberapa dekade. Film seperti Train To Busan, I Saw The Devil, dan karya Bong Joon-ho The Host adalah contoh film horor paling populer era ini, termasuk The Wailing , yang menjadi salah satu film yang paling dipuji oleh para kritikus karena cerita dan suasananya yang menegangkan.

Filmnya sendiri berfokus pada penyakit misterius yang tiba-tiba mulai menyebar segera setelah orang asing tiba di sebuah desa kecil. Seorang polisi, yang terseret ke dalam insiden tersebut, dipaksa untuk memecahkan misteri tersebut demi menyelamatkan putrinya dan orang-orang di desa tersebut.

4. The Bride Of Frankenstein (1935)

https://www.youtube.com/embed/rYD3-pIF9jQ

Tahun 1930-an adalah masa keemasan bioskop dan studio horor sangat ingin mengeksploitasi properti mereka sebanyak mungkin. Ini menghasilkan banyak sekuel dari film monster klasik seperti Dracula, The Wolf Man, dan The Mummy. Beberapa di antaranya dinilai memuaskan dan lainnya mengecewakan.

Frankenstein juga jatuh ke dalam tren ini dan salah satu sekuelnya, The Bride Of Frankenstein, dirilis pada tahun 1935. Ia dianggap sebagai salah satu yang terbaik dan membantu memperluas mitologi Frankenstein dan menciptakan monster wanita baru. Dalam film lanjutannya, Dr Frankenstein dan monsternya ternyata masih hidup, bukan dibunuh seperti yang diyakini sebelumnya.

Dr. Frankenstein ingin keluar dari bisnis eksperimen jahatnya, tetapi ketika seorang ilmuwan gila, Dr. Pretorius, menculik istrinya, Dr. Frankenstein setuju untuk membantunya menciptakan makhluk baru, seorang wanita, untuk menjadi sahabat monster itu. 

5. The Cabinet Of Dr. Caligari (1920) 

https://www.youtube.com/embed/IAtpxqajFak

Ini adalah contoh horor di era awal perfilman Hollywood. Karya klasik Robert Wiene adalah thriller psikologis yang menggunakan banyak teknik mendongeng. Film bisu ini mengisahkan ahli hipnotis Dr. Caligari yang menggunakan kemampuannya untuk membuat seorang pria bernama Cesare, untuk melakukan pembunuhan.

Dengan rating sempurna yang diberikan, ini menjadi jaminan mutu deretan film di atas sangat berkualitas. Apalagi beberapa merupakan film klasik, yang akan memberikanmu sebuah pengalaman tontonan berbeda dan unik. Yuk nonton!

Baca Juga: 6 Film Horor Remaja Adaptasi Novel RL Stine Ini Bikin Penasaran

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya