Comscore Tracker

5 Film Superhero Underrated yang Gak Kalah Seru dari MCU dan DC  

#IDNTimesHype Meski berbudget rendah, plot ceritanya epik

Dalam satu dekade terakhir, film bergenre superhero menjadi primadona bagi industri Hollywood. Marvel dan DC menjadi dua studio besar, yang telah melahirkan banyak superhero ke dalam layar lebar. Memiliki visual yang sangat luar biasa, dibalut berbagai efek teknologi canggih membuat film superhero selalu membutuhkan budget tinggi.

Namun pengecualian bagi lima film berikut ini, yang dibuat dengan budget rendah dan dianggap underrated. Meski demikian, plot cerita yang ditawarkan tidak kalah menarik dari film blockbuster superhero Hollywood. Apa saja? Ini ulasannya.

1. Defendor (2009)  

https://www.youtube.com/embed/0vWyES7NsjI

Film bergenre komedi ini berasal dari Kanada, yang mengisahkan manusia biasa, Arthur Poppington yang berhasrat untuk menghapus kejahatan yang terjadi di kotanya. Untuk misinya itu, ia mengadopsi persona seorang superhero, yang dikenal sebagai "Defendor" setelah membaca hampir semua komiknya.

Arthur kemudian mencoba menghentikan petugas polisi yang korup serta musuh bebuyutannya, "Captain Industry."

2. The Invisible Boy (2014)   

https://www.youtube.com/embed/ki8ftWGfYFA

Film asal Italia ini berkisah tentang seorang anak laki-laki berusia tiga belas tahun bernama Michele Silenzi yang sering mendapati dirinya menjadi sasaran perundung. Suatu hari ia ingin membuat seorang gadis, Stella, terkesan dengan mengenakan kostum superhero. Ia pun mendapatkan sebuah kostum murah superhero China, yang tak pernah ia dengar.

Uniknya, kostum itu mampu membuatnya tidak terlihat. Saat Stella diculik, dia terpaksa bertindak demi menyelamatkan sang pujaan hati. Namun dalam upayanya itu, sebuah twist kejahatan yang mengejutkan terjadi. Apa itu? Tonton aja ya!

3. Fast Color (2018)

https://www.youtube.com/embed/se9n853lBNo

Film ini mengikuti kisah Ruth (Gugu Mbatha-Raw) seorang tunawisma yang tinggal di bumi masa depan ketika dilanda kekeringan hebat. Ruth sendiri kerap mengalami kejang, namun hal itu merupakan awal dari muncul kekuatan supernya, yang mampu menyebabkan gempa bumi dan memasang kembali materi.

Segera, ia pun menjadi buruan dari sebuah otoritas yang ingin bereksperimen dengan kekuatannya itu. Ia pun terpaksa harus bersembunyi, dan tempat terbaiknya adalah kembali kepada keluarga, yang sempat ditinggalkannya.

Baca Juga: Science Film Festival 2020 Gelar Eksperimen dan Film secara Daring

4. Superbob (2015)   

https://www.youtube.com/embed/gyHN3_ZUyuA

Superbob membuat rekor dengan hanya membutuhkan 19 hari produksi, hanya dengan anggaran kurang dari 70.000 $ dolar, namun memiliki rating 86 persen di Rotten Tomatoes. Komedian Brett Goldstein menulis naskahnya.

Awal kisah dimulai dengan sebuah asteroid mendarat di distrik Peckham di London, dan pecahannya menghantam seorang tukang pos bernama Bob. Akibatnya, ia tiba-tiba dianugerahi kemampuan seperti Superman tetapi kesulitan mengendalikannya. Setelah mengetahui tentang kekuatannya, Kementerian Pertahanan merekrutnya dan melatihnya sebelum menugaskannya untuk melindungi Inggris.

5. Turbo Kid (2015)   

https://www.youtube.com/embed/AFlZ6pVtnv0

Turbo Kid memiliki rating 91persen di Rotten Tomatoes namun hanya memiliki anggaran  60.000 $ dolar. Film pahlawan super Kanada ini berlatarkan Bumi alternatif  tahun 1997 yang dikenal sebagai "Wastelands." Di dalamnya, air sangat langka.

Karakter utamanya adalah The Kid, seorang penggemar buku komik. Dia memutuskan untuk menjadi superhero dan bekerja sama dengan seorang gadis bernama Apple dan juga seorang koboi tangguh bernama Frederick untuk menghentikan penjahat Zeus yang bertanggung jawab atas kematian orang tuanya. Tapi Zeus terbukti lebih tangguh dari yang mereka duga.

Lima film di atas membuktikan jika film superhero berkualitas tidak selalu membutuhkan efek sangat canggih berbudget yang tinggi. Asalkan memiliki plot cerita yang apik dan berkualitas, film superhero berbudget rendah pun nyatanya sangat menarik untuk ditonton.

Baca Juga: 5 Film Ini Masuk Nominasi Best Picture di Blue Dragon Film Awards 2020

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya