Comscore Tracker

6 Film Paling Seru yang Diadaptasi Berdasarkan Komik Populer 

Gak hanya komik Marvel dan DC aja yang sukses, lho!

Marvel dan DC dianggap sebagai ikon komik paling sukses sejak lama. Bahkan keduanya pun sukses menghadirkan adaptasi ceritanya ke layar lebar. Tapi tahukah kamu, jika masih banyak film adaptasi komik lainnya yang gak kalah seru.

Mereka memiliki cerita yang sangat menarik dan berbeda, bahkan dinilai sangat sukses. Apa saja itu? Ini enam film adaptasi komik populer yang dijamin seru dan wajib untuk kamu tonton.

1. A History Of Violence (2005)

https://www.youtube.com/embed/Wi-cPZWWtkY

Banyak orang tidak sadari sebenarnya film ini didasarkan pada komik, tetapi novel grafis untuk film ini dirilis kembali pada tahun 1997. Pada tahun 2005 filmnya dibuat dengan sutradara David Cronberg.

Film bergenre thriller ini benar-benar mencekam dari awal hingga akhir. Berlangsung di sebuah kota kecil, seorang pemilik restoran bernama Tom Stall (Viggo Mortensen) menjadi pahlawan lokal setelah menggagalkan perampokan di dalam restorannya.

Aksinya tersebut justru merubah hidupnya dalam satu malam, yang tak pernah dibayangkan. Ia menjadi terkenal setelah diliput media, namun di sisi lain itu mulai membahayakan diri dan keluarganya.

2. 300 (2006)

https://www.youtube.com/embed/UrIbxk7idYA

300 merupakan seri komik terbatas yang terinspirasi dari sejarah peperangan bangsa Yunani karangan Frank Miller pada tahun 1998. Pada tahun 2006 cerita ini diadaptasi ke layar lebar dengan Zack Snyder sebagai sutradaranya.

Kisahkan Leonidas dari Sparta, bersama 300 pasukannya, yang harus berhadapan dengan pasukan besar Persia yang berjumlah lebih dari 100.000 tentara. Peristiwa ini terjadi pada tahun 480 SM.

Dengan cerita yang heroik dan dramatis juga ironis, film ini pun dibalut dengan beberapa efek visual yang fantastis, dan penggunaan gerak lambat yang ikonik.

3. Snowpiercer (2013)

https://www.youtube.com/embed/r6UmqNuMdY4

Snowpiercer awalnya diterbitkan dalam bahasa Prancis dengan judul, Le Transperceneige. Komik ini dirilis pada tahun 1982 oleh perusahaan Casterman, dan baru pada tahun 2014, versi bahasa Inggris-nya dibuat.

Namun, setahun sebelumnya, sutradara pemenang Academy Award, Bong Joon-ho, menulis dan menyutradarai film adaptasi dari novel grafis Prancis ini. Bertema post-apocalyptic, film ini kisahkan kehidupan manusia tersisa dalam sebuah kereta bernama Snowpiercer.

Dengan berbagai kepribadian dan sifat dasar manusia ketika bertahan hidup, sebuah sistem kelas pun muncul dalam perjalanan tersebut. 

Baca Juga: 8 Judul Komik Terlaris Sepanjang Masa di Seluruh Dunia, Ada Favoritmu?

4. The Mask (1994)

https://www.youtube.com/embed/LZl69yk5lEY

Pada tahun 1991 penulis bernama Doug Mahnke dan seorang ilustrator, John Arcudi menciptakan sebuah seri komik terbatas, The Mask. Komik ini diterbitkan oleh Dark Horse Comics. Seri asli terdiri dari tiga volume - The Mask, The Mask Returns, dan The Mask Strikes Back - dan berakhir pada 1995.

Pada tahun 1994, cerita komik tersebut diadaptasi ke dalam film dan berhasil berjaya.  Dibintangi oleh Jim Carrey sebagai tokoh utama, kisahkan Stanley Ipkiss, pegawai bank konyol, yang hidupnya berubah setelah ia menemukan topeng hijau dengan kekuatan aneh dan unik.

5. Ghost World (2001)

https://www.youtube.com/embed/bz3Ws3fH30Y

Cerita Ghost World  pertama kalinya hadir sebagai bagian dari seri komik karangan Daniel Clowes berjudul Eightball. Setelah mendapat pujian dari cerita tersebut, Ghost World dirilis sebagai komik mandiri pada tahun 1997, dan pada tahun 2001 dibuatkan adaptasi filmnya.

Film ini kisahkan kehidupan dua orang sahabat, Enid (Thora Birch) dan Rebecca (Scarlett Johansson), yang baru saja lulus sekolah menengah. Keduanya merupakan sosok yang sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain, hingga suatu hari bertemu dengan sosok introver dan misterius, Seymour.

Setelahnya, kehidupan kedua orang teman itu berubah total usai memasuki dunia hantu. Film ini sukses besar meski dengan anggaran biaya yang kecil. Bahkan masuk nominasi Skenario Adaptasi Terbaik Piala Oscar.

6. 30 Days Of Night (2007)

https://www.youtube.com/embed/4xNUzWwSuLk

Pada bulan Agustus 2003, edisi pertama dari tiga seri mini komik Steve Niles, 30 Days Of Night, diterbitkan. Setelah itu, dua edisi lain dari seri novel grafis horor ini diterbitkan pada bulan September dan Oktober pada tahun yang sama. Serial komik ini awalnya tidak menerima banyak pengakuan sampai akhirnya diadaptasi menjadi film pada tahun 2007.

Film ini kisahkan kota Alaska yang selalu mengalami kegelapan selama satu bulan setiap tahunnya karena tenggelamnya matahari di cakrawala. Mengerikannya, hal ini mengundang sekelompok vampire haus darah yang siap untuk memangsa korbannya.

Itulah enam film paling seru yang diadaptasi dari komik populer. Dari ceritanya yang unik dan menarik, dijamin gak bakal nyesel!

Baca Juga: 5 Karakter dari Komik Marvel yang Bakal Muncul di Film Black Widow

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya